Naruto, sosok ninja rekaan komikus asal Jepang, Masashi Kishimoto ini memang begitu populer di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Namun beberapa hari terakhir, sosok sang ninja yang sebenarnya kisahnya sudah tamat, dan kini dilanjutkan oleh anaknya, Boruto ini kembali menjadi pembicaraan di kalangan warganet di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, namanya bahkan menjadi trending topic di media sosial seperti twitter selama beberapa hari terakhir.

Hangatnya pembicaraan tentang Naruto di kalangan warganet di Indonesia ini sendiri disebabkan oleh chapter terkini dari komik Boruto, yaitu chapter ke-51 yang diterbitkan pada tanggal 20 Oktober 2020 lalu. Dalam chapter ini, nampak Naruto mengeluarkan chakra yang disebut-sebut akan merenggut nyawanya. Hal ini menimbulkan penafsiran bahwa hidupnya tak akan lama lagi, dan ia akan segera meninggal. Apalagi chapter ke-51 ini memiliki judul 生贄 atau Ikenie, yang berarti pengorbanan.

Rupanya dugaan akan Naruto meninggal ini membuat heboh jagat media sosial di Indonesia. Berbagai warganet yang merasa terpukul maupun tak percaya akan kabar kematian Naruto ini mengeluarkan berbagai uneg-unegnya mengenai sosok sang ninja, berikut kabar akan kematiannya ini. Berbagai kreativitas berupa meme ataupun spekulasi-spekulasi, atau bahkan ungkapan belasungkawa diucapkan oleh para warganet, dengan berbagai kreasi-kreasi yang beragam. Tak tanggung-tanggung, bahkan stasiun televisi GTV sampai ikut mengucapkan turut berbelasungkawa atas kabar meninggalnya Naruto Uzumaki.

Ada banyak cara yang digunakan oleh para warganet dalam mengucapkan berbagai respon hingga belasungkawa atas karakter Naruto yang meskipun fiktif, namun begitu mereka cintai itu. berbagai meme doa, bahkan suasana ‘tahlilan’ di rumah duka di desa Konohapun turut disebar warganet, dan direspon serta dibagikan oleh warganet lainnya hingga ratusan, bahkan ribuan kali. Berikut adalah beberapa bentuk ‘kreativitas’ warganet dalam mengungkapkan belasungkawa atas kematian sang ninja:

heum.. tahlilan naruto.. pic.twitter.com/ahzQ5hFFjB

— ARESTA. (@doyoungjabar) October 21, 2020

#NARUTO #HINATA #BORUTO
Dari SD ampe kuliah gak bosan nnton anime Naruto,makasi Hibura nya. pic.twitter.com/B9CnhkocwC

— andiahmadalgazali (@andialgazali10) October 22, 2020

Kata orang-orang Naruto mati ya?#NARUTO #NARUTOなりきりさんと繋がりたい pic.twitter.com/jtcmgDnwl1

— Zt (@San_190703) October 22, 2020

Turut Berduka cita atas kepergian #Naruto semoga amal ibadah diterima 👉👈 pic.twitter.com/HaJXoPcxgx

— Ceisya Or'yza Sevita (@ceisyaos) October 22, 2020

https://www.instagram.com/p/CGmTZHbFmCU

yang tenang disana ya naruto, gue kirim al-fatihah dari sini🥰 #NARUTO pic.twitter.com/lYCfKacG4c

— sedgurl pars (@pacar1qbaal) October 22, 2020

#Naruto kami ikut ngelayat pic.twitter.com/RA2LHbVhU4

— Sigit! (@inisgt) October 22, 2020

Semoga tenang, nitip salam buat Jiraiya yah #Naruto pic.twitter.com/6SyeK2cBUY

— Muhammad Iqbal (@ibal_hunter) October 22, 2020

Udah rame aja nih di rumah Naruto, aku malah belum ngurus visa ke konohagakure pula, mudah2an masih sempat takziah#narutodeath #narutomati pic.twitter.com/1BFs6ji93y

— arie, favian (@ariefavian_) October 22, 2020

Semoga kematianmu hanyalah PRANK" karna kita masih membutuhkanmu HOKAKE KE-7.. DATTEBAYO. #NARUTO #HINATA pic.twitter.com/5YVR2DeHu7

— Hadi F (@firmanhadi_new) October 22, 2020

Kata temanku semenjak Naruto mati dia gak tenang menjalani hidup.
Akhirnya kusuruh dia…..#NARUTO pic.twitter.com/G8gn8xnwJY

— L I B R A (@ocikuuuuu88) October 22, 2020

Abis tahlil ke rumah #NARUTO eh baliknya malah kena terror marga uchiha anjim banget kan pic.twitter.com/xSYao0zgX4

— kepo bet si lo (@TiirtaWinkys_) October 22, 2020

Level tertinggi dari mencintai adalah kehilangan -Uzumaki Naruto

Gone too soon 🥺#NARUTO pic.twitter.com/42Ia717wja

— P U R E H E R O I N E (@dgustoro_) October 22, 2020

Aku akan segera menyusul mu jiraya sensei🙂#NARUTO pic.twitter.com/JhjSH1WlHf

— teguhpribadiiiiiii (@gajulidko) October 22, 2020

kecil kecil sudah yteam #NARUTO pic.twitter.com/CNfnDcsQzT

— тяαѕнραη∂αz (@regannaz) October 22, 2020

 

Walaupun hanya tokoh cerita yang nga nyata tapi aku mau ucapin terimakasih udah menjadi temen masa kecil sampe udah kuliah ini. Sedih banget kalo beneran meninggoy😭😭 #Naruto pic.twitter.com/D3J8rzjavC

— Anak Halu (@nurvi_na) October 22, 2020

Mosi tidak terima #NARUTO death hehe pic.twitter.com/QA0q1GTC6Z

— Aan (@aan_yuwaku) October 22, 2020

Bahkan Mamah turut mendoakan Naruto pic.twitter.com/Yo26KPAdiV

— Fiersa Besari (@FiersaBesari) October 22, 2020

Naruto memang harus mati.
Ga mati ga seru.

— Dennis Adishwara (@OmDennis) October 22, 2020

https://www.instagram.com/p/CGrX2ljFz_x/

https://www.instagram.com/p/CGqjOK2F9Kf

Tak tanggung-tanggung. Bahkan tokoh sekelas Ulama terkenal Ustadz Yusuf Mansurpun juga turut memberikan respon atas kabar meninggalnya Naruto ini. Dituturkan melalui akun instagramnya, Ustadz Yusuf Mansur menuturkan bahwa memang segala yang ada di dunia ini adalah milik Allah, dan akan kembali kepadanya, bahkan tokoh kartun seperti Narutopun juga ada ajalnya. Lebih jauh, Ustadz Yusuf Mansur juga mendoakan semoga sang ninja meninggal dalam keadaan Husnul Khatimah dan selamat dari siksa dunia, siksa kubur, siksa hari berbangkit, siksa padang mahsyar, dan siksa hari hisab.

https://www.instagram.com/p/CGpsC7Os3G-/

Tapi benarkah Naruto Uzumaki gugur sebagaimana yang dihebohkan oleh warganet Indonesia ini? Faktanya chapter ke-51 dari komik Boruto yang menjadi dasar dugaan dari kematian dirinya justru berakhir dengan menggantung, dan tak ada adegan yang menunjukkan secara jelas bahwa ayah Boruto ini meninggal atau selamat. Karenanya, nasibnya baru akan terungkap lebih jelas melalui chapter ke-52 dari komik Boruto yang baru akan diterbitkan pada tanggal 20 November 2020 mendatang. Dan hingga saat itu, kabar-kabar mengenai kematian Naruto yang sempat viral tersebut menjadi tak lebih dari sekadar rumor yang belum bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Chapter-chapter terkini dari komik Boruto sendiri bisa dibaca melalui situs Mangaplus. Sementara itu komik versi cetaknya, baik itu komik Naruto maupun komik Boruto juga telah dirilis di Indonesia oleh penerbit Elex Media Komputindo.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.