#kaoreaders ingin meminta kreator Jepang di X untuk membuatkan gambar karakter anime favoritmu? Pernahkah hal itu terbayang? Meminta kreator dari Jepang yang telah kalian ikuti sejak lama untuk menggambarkan karakter anime favorit kalian?

Jika berandai-andai mungkin dahulu, hal seperti ini akan cukup susah karena kalian perlu memahami bahasa Jepang, lalu mengecek apakah mereka dapat menerima pembayaran dari luar negeri, dan terkadang pesan yang kita kirimkan mungkin tidak terbaca.

Namun tak perlu khawatir, karena ada situs yang menyediakan layanan agar kalian dapat menggunakan jasa kreator tersebut untuk membuat gambar, video, hingga tulisan. Situs tersebut bernama Skeb. Bagi yang belum terbiasa, situs ini sekilas tidak terlalu berbeda dengan situs-situs seperti fiverr atau Artists&Clients.

Intinya situs ini adalah sebuah situs yang memungkinkan kalian untuk membeli jasa kreatif dari kreator favorit kalian. Tapi yang membedakan Skeb dari kompetitornya adalah situs ini hanya fokus mewadahi kreator dari Jepang saja.

Akan tetapi Skeb memiliki fitur unik, di mana situsnya sudah memiliki layanan terjemahan DeepL profesional yang memungkinkan kalian untuk berkomunikasi dengan kreator tersebut tanpa perlu paham bahasa Jepang.

Jika kalian tertarik untuk mencoba situs ini, yuk simak panduannya dari KAORI!

Buatlah Akun Terlebih Dahulu

©️Skeb inc All Rights Reserved.

Sebelum memulai, pertama-tama pastikan kalian memiliki akun Skeb. Registrasinya sangat sederhana, karena kalian wajib menggunakan akun X / Twitter. Jadi bila kalian belum memiliki akun, silahkan membuat akun X / Twitter pertama kalian. 

©️Skeb inc All Rights Reserved.

Apabila sudah masuk menggunakan X / Twitter, kalian nantinya akan diarahkan untuk membuka tautan khusus yang dikirimkan melalui surel X / Twitter kalian. Setelah kalian buka, maka kalian sudah memiliki akun Skeb dan dapat mulai mengecek konten Skeb.

©️Skeb inc All Rights Reserved.

Setelah akun kalian sudah siap, jangan lupa untuk mengkonfigurasikan akun anda terlebih dahulu. Silahkan tekan foto profil kalian dan pilih opsi “Account“, dalam opsi itu terdapat 4 opsi yang menurut saya cukup penting dalam menggunakan Skeb.

  1. Appeals, opsi ini memungkinkan kalian sebagai pembeli juga dapat menerima pesan permintaan dari kreator. Kerap kreator juga akan melihat hasil karya kreator lainnya, dan mereka mungkin akan tertarik untuk menggambar karakter yang kalian miliki. Terkadang kalian bisa mendapatkan harga khusus atau harga standar mereka. 
  2. Anonymous, setiap hasil permintaan yang kalian buat akan terpampang dalam profil akun Skeb kalian. Jika kalian tidak ingin hal itu maupun ataupun nama X / Twitter kalian terpampang, kalian dapat membuat akun menjadi anonim.
  3. Addressee, saat melakukan permintaan kalian dapat meminta kreator tersebut untuk mencantumkan nama kalian di hasil permintaan. Namun jangan lupa nama ini juga bersifat opsional bagi kreator. Jadi terkadang kalian juga dapat mendapatkan hasil tanpa nama yang kalian inginkan.
  4. Display Settings, opsi yang terpenting bila kalian ingin melihat “konten” dewasa atau tidak ingin sama sekali melihat konten tersebut. 

Akun sudah siap? Saatnya kita memilih kreator yang kalian inginkan.

Carilah Kreator Pilihanmu

©️Skeb inc All Rights Reserved.

Akun Skeb sudah terintegrasi oleh akun X / Twitter kalian, sehingga kalian dapat mendapatkan rekomendasi dari Skeb jika kreator yang kalian ikuti memiliki akun Skeb. Jika tidak, tenang saja, karena Skeb memiliki fitur pencarian yang cukup oke.

Apabila kalian memiliki kata-kata spesifik atau tertentu, kalian dapat menggunakan fitur pencarian yang ada di Skeb. Fitur pencarian ini akan menampilkan hasil karya permintaan orang lain yang memiliki kata serupa atau akun X / Twitter kreator tersebut yang memiliki kata serupa,  di nama maupun deskripsi singkatnya.

Perlu kalian ingat kata-kata ini terkadang sangat spesifik tapi terkadang bisa mengambil kata serupa juga. Bisa saja jika kalian menulis dalam romanji bahasa Jepang, kata tersebut akan berubah menjadi kanji. Jika kata tersebut tidak dapat diterjemahkan maka akan dianggap sebagai bahasa Inggris. 

Kenapa Ini Penting?

©️Skeb inc All Rights Reserved.

Kenapa hal ini penting? Karena Skeb sendiri melayani klien dari Jepang maupun luar Jepang. Jika kata pencarian anda sangat spesifik mungkin kadang sulit menemukan referensi karya yang ada, sehingga mungkin kalian harus mencoba ke kreator yang baru.

Namun bila kalian tidak tahu ingin mencari kata apa. Kalian dapat melihat berbagai karya dari kreator baik itu karya terkini, karya dari kreator yang kalian ikuti. Atau kalian bisa juga melihat daftar kreator baru di Skeb maupun kreator terpopuler. Melalui ini kalian bisa melihat karya yang telah mereka hasilkan melalui Skeb atau melihat akun X / Twitter atau juga media sosial lainnya.

Dalam pencarian ini, kalian juga dapat melihat berapakah harga yang mereka inginkan, atau statistik profil Skeb mereka. Berikut detilnya:

  1. Genre, jenis yang dapat kalian minta kepada kreator tersebut. Sampai artikel ini hadir, Skeb baru menerima jenis gambar (artwork), suara (voice), tulisan (text), musik (music) dan video.
  2. Recommended amount, nominal yang dianjurkan oleh kreator tersebut, namun kalian dapat menyesuaikan nominal ini menjadi lebih kecil maupun lebih besar. Terkadang jika nominalnya semakin besar maka permintaan tersebut mungkin mendapatkan bonus atau hasilnya lebih memuaskan, dan begitu juga sebaliknya.
  3. Max body size, batasan kata yang boleh kalian kirim dalam satu permintaan. Kalian tidak dapat mencantumkan sebuah tautan yang berisikan dokumen untuk permintaan detil kalian. Sehingga kalian harus dapat mengoptimalkan kata yang ingin kalian sampaikan.
  4. Response expiration days, waktu yang kreator perlukan untuk menyetujui permintaan kalian atau menolaknya. Jika permintaanya terlalu aneh-aneh, terkadang kreator akan menolak permintaan tersebut. Bila harganya terlalu rendah, maka kreator akan mengirimkan harga rekomendasi yang dia rasa wajar.
  5. Complete expiration days, waktu yang kreator perlukan untuk mengirimkan hasil permintaan tersebut. Bila melebihi batas waktu tersebut, permintaan akan batal secara otomatis oleh sistem.
  6. Response average days, waktu rata-rata yang kreator miliki saat ini untuk menentukan apakah akan menerima atau menolak permintaan klien.
  7. Complete average days, waktu rata-rata yang kreator miliki saat ini untuk menyelesaikan permintaannya
  8. Total, jumlah karya yang kreator telah buat di Skeb. Karya ini terbagi atas karya umum, karya “konten” dewasa, dan karya yang tersembunyi.
  9. Complete rate, persentase kemungkinan kreator akan menyelesaikan hasil permintaan milik klien.

Sudah paham? Selanjutnya adalah bagaimana menuliskan permintaan kalian dan mengonfigurasikan lagi permintaan tersebut

Tentukan Detil dan Harga Komisimu

©️Skeb inc All Rights Reserved.

Sebelum lanjut untuk mengirimkan permintaanmu, perlu kalian ingat kalau Skeb itu berbeda dengan layanan lainnya. Hal ini karena Skeb melarang adanya komunikasi di luar Skeb. Sehingga ketika kalian mengirimkan permintaan, harap kalian tulis dengan jelas dan detil. Serta dengan adanya larangan tersebut, permintaan kalian sendiri tidak terlalu berbeda dengan “gacha”, karena tidak ada revisi ataupun laporan progres.

Selain itu secara umum hasil permintaan ini adalah untuk penggunaan pribadi bukan untuk komersil. Bilamana hasil permintaan akan kalian gunakan di tempat lain misal gambar thumbnail YouTube, lebih baik untuk mencantumkan keinginan kegunaan itu ketika mengajukan permintaan ini. Selengkapnya kalian dapat membaca ketentuan yang ada dalam Skeb.

©️Skeb inc All Rights Reserved.
©️Skeb inc All Rights Reserved.

Detil Pengiriman Permintaan

Lanjut, bagaimana cara kalian mengirimkan permintaan? ketika kalian menekan opsi “New request” akan tertampil sebuah halaman baru yang perlu kalian isi. Berikut detilnya:

  1. Genre, jenis yang dapat kalian minta kepada kreator tersebut. Sampai hadirnya artikel ini, Skeb baru menerima jenis gambar (artwork), suara (voice), tulisan (text), musik (music) dan video.
  2. Amount, secara otomatis kalian akan mendapat nominal yang kreator tersebut anjurkan. Namun kalian dapat menyesuaikan nominal ini menjadi lebih kecil maupun lebih besar. Terkadang jika nominalnya semakin besar maka permintaan tersebut mungkin mendapatkan bonus atau hasilnya lebih memuaskan, dan begitu juga sebaliknya. 
  3. Text, tempat kalian menuliskan detil permintaanmu. Kalian dapat menuliskan dalam bahasa Inggris (saya belum pernah mencoba bahasa Indonesia) dan nantinya tulisan tersebut akan diterjemahkan. Tips agar dapat mengirimkan permintaan yang akurat akan lebih baik jika kalian melihat secara langsung hasil penerjemahan secara gratis melalui situs DeepL langsung. Ketika sudah diterjemahkan, terjemahkan kembali ke bahasa Inggirs atau Indonesia, atau coba untuk melihat hasil terjemahannya di situs seperti Google Translate maupun Bing Translate. Perlu kalian ingat juga akan ada limitasi berapa kata yang dapat kalian tulis dalam satu permintaan.
  4. Reference URL, bila kalian ingin mencantumkan tautan tamabahan yang berisikan referensi gambar atau lainnya, kalian dapat menghemat jumlah kata yang kalian tulis jika kalian menaruh tautan pada kolom ini.
  5. NSFW, bila kalian tidak ingin “konten” dewasa harap matikan opsi ini. Tapi bila kalian ingin membuat permintaan dengan konten tersebut, harap aktifkan opsi ini. Opsi ini akan mempengaruhi apakah sistem akan mengirimkan atau membatalkan permintaan kalian. Bila kalian menuliskan kata-kata yang berbau dewasa sementara opsi ini bisa kalian matikan, maka sistem akan membatalkan permintaan.
  6. Anonymous, apabila kalian tidak ingin nama kalian terpampang di situs Skeb maka kalian dapat mengaktifkan opsi ini.
  7. Details
    1. Cross-post, opsi ini memungkinkan kalian untuk membatalkan permintaan ke suatu kreator jika kalian berencana mengirimkan lebih dari 1 permintaan dan hanya ingin salah satu permintaan saja yang dibuat oleh kreator tersebut.
    2. Auto translation, secara otomatis opsi ini akan aktif. Namun karena ini adalah penerjemahan oleh sistem, jika kalian khawatir, kalian bisa mencoba untuk melihat hasil terjemahan tersebut menggunakan versi gratis DeepL. Setelah mendapatkan terjemahan bahasa Jepang, cobalah untuk melakukan terjemahan kembali dan lihat hasilnya, untuk berjaga-jaga kalian bisa coba juga mengecek hasil terjemahan ulangnya di google translate ataupun bing translate. Bila sudah sesuai maka kalimat itu cocok untuk kalian kirimkan.
    3. Hidden, opsi yang akan menyembunyikan hasil permintaanmu untuk tidak dapat terlihat oleh siapapun di situs Skeb. opsi ini berbeda dengan opsi anonymous, opsi ini akan menyembunyikan hasil, tapi nama kalian mungkin masih terlihat jika tidak mengaktifkan opsi tersebut. Namun perlu kalian ingat bahwasaannya Skeb tidak melarang bila hasil karya tersebut dipublikasikan di luar situs Skeb, sehingga bisa saja hasil karya tersebut akan tetap terpublikasi di situs X/Twitter atau Pixiv.
    4. Addressee, opsi bila kalian ingin nama kalian tertulis dalam hasil karya tersebut.
    5. Addressee (client name), nama yang ingin kalian pampang pada hasil karya tersebut
    6. Response deadline, opsi baru yang memungkinkan kalian menyesuaikan waktu yang kalian perlukan untuk suatu permintaan agar dapat disetujui atau ditolak.

Harga yang Kalian Tentukan

Harga yang kalian tentukan dapat sewaktu-waktu disesuaikan kembali oleh kreator tersebut bilamana permintaan kalian terasa kompleks atau kurang dari standar mereka. Misal harga rekomendasi dari kreator tersebut hanya mencakup untuk 1 gambar karakter, sementara kalian meminta untuk menggambarkan 3 karakter. Tentukanlah harga yang kalian pantas untuk kreator tersebut dan permintaan yang kalian inginkan. Apabila sudah silahkan tentukan opsi pembayaran.

Bayarlah Komisi Tersebut

©️Skeb inc All Rights Reserved.

Skeb menerima berbagai jenis pembayaran yaitu menggunakan kartu debit, kredit, maupun Alipay. Secara umum kartu yang bisa kalian gunakan di Skeb adalah kartu yang termasuk jaringan VISA, Mastercard, JCB, American Express, dan Discover. Tidak punya kartu? Tenang saja karena Skeb menerima Alipay, yang memungkinkan kalian untuk bertransaksi menggunakan DANA. Untuk dapat menggunakan DANA, kalian perlu membeli uang khusus yang bernama Skeb Poin. 1 Skeb Poin bernilai 1 Yen, sehingga tidak perlu repot untuk menghitung kembali uang yang kalian miliki. Perlu kalian ingat juga bahwa poin ini memiliki kadaluarsa sejak kalian membeli poin.

Sejauh ini saya pribadi telah mencoba menggunakan kartu debit VISA bank Jago, kartu kredit BRI, dan DANA. Semuanya sukses tanpa ada kendala.

Jika kalian khawatir apa yang akan terjadi bila permintaan ditolak, tidak perlu khawatir. Bila kalian menggunakan Skeb Poin, maka nominal yang telah kalian kirim akan kembali lagi semenjak ditolak/dibatalkan. Serta bila kalian yang menggunakan kartu, kalian akan mendapatkan uang kalian kembali, walau waktunya akan sedikit lebih lama.

Menurut pengalaman saya, pengembalian dana ini memakan waktu lebih dari 1-2 minggu, jika kalian tidak menghubungi bank kalian untuk memproses transaksi ini lebih cepat, namun bila kalian sudah membuat laporan tersebut, normalnya uang akan kembali dalam rentang waktu 2-5 hari.

Nantikanlah Hasil Permintaan

©️Skeb inc All Rights Reserved.

Sudah kalian kirim permintaanmu? Permintaan juga telah disetujui? Kalau begitu tunggulah hingga permintaan kalian selesai. Kalian tidak perlu membuka situs Skeb, cukup nantikan notifikasi surel kalian. Setelah kalian mendapatkan karya tersebut, jika kalian sangat puas atau bahkan merasa karya tersebut bernilai lebih, kalian dapat memberikan sebuah tip yang bernama boost. Fitur ini akan memberikan nilai tambah yaitu sebuah kotak emas di situs Skeb untuk hasil permintaan kalian, selain itu juga memberikan uang ekstra untuk kreator tersebut.

Pengalaman Pribadi

Secara pribadi menggunakan skeb terkadang terasa seperti candu gacha, karena kita tidak akan tahu hasil apa yang akan kreator kirimkan. Rasa penasaran yang akan datang itulah yang saya sukai. Selain itu untuk dapat meminta kreator Jepang menggambarkan sesuatu yang telah saya idamkan sejak dahulu dengan gaya gambar mereka adalah suatu kesempatan seumur hidup bagi saya. Harganya pun cukup terjangkau. Terkadang saya dapat menemukan permintaan seharga 50 ribu rupiah, tapi normalnya satu gambar mungkin akan berkisar 500 ribu rupiah hingga 2 juta rupiah.

Namun harga tersebut dapat terbilang murah karenanya kalian kerap akan mendapat berkas mentahnya seperti .psd. Bagi saya yang tidak bisa berbahasa Jepang, menggunakan layanan ini cukup memuaskan diri saya karena dapat melihat gambar yang saya idamkan.

Selamat menikmati Skeb dan khilaflah sepuasnya ~

KAORI Nusantara | Oleh Cakra Bhirawa

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.