Setelah event Festival Asian Beauty dari Infinity dan Ginza Beauty pada awal Februari, kini tim KAORI di Samarinda kembali mengunjungi satu event lain yang juga digelar pada bulan lalu, yaitu Akibasen (Akihabara Center)!

Event Akibasen ini merupakan event kolaborasi dari Event Organizer Infinity dan Event Planner Ilusi. Ilusi pernah menjadi salah satu planner di event-event Jejepangan sebelumnya di Samarinda, seperti Japan Weekday Night dan Animfest bareng SORA. Selain bareng Ilusi, Infinity pun juga ikut bekerjasama dengan komunitas lainnya di Samarinda untuk memeriahkan acara Akibasen ini, seperti komunitas IndoTekken Samarinda dan RakuOn!(Forum J-Music di Kalimantan Timur). Event ini juga ikut disponsori oleh cafe The Backyard yang menjadi seksi konsumsi acaranya.

Akibasen diadakan pada tanggal 10 – 12 Februari 2023 yang bertempat di Mall City Centrum Samarinda lantai 3 (lantai yang sama yang pernah dipakai dalam Animfest tahun lalu). Sebagai salah satu event besar yang baru saja diadakan, Akibasen memiliki acara-acara yang menarik untuk diikuti, seperti turnamen Tekken 7, kompetisi J-Song, Game Show, Fun Karaoke, dan yang paling utama yakni lomba Cosplay dan Coswalk Show.

Inilah berbagai keseruan dan hal-hal menarik yang bisa kita temukan dalam event Akibasen Samarinda yang semuanya dirangkum lewat foto dokumentasi berikut ini:

Beberapa Spot Foto Menarik dan Stand Penjualan Merchandise!

Galeri Event Akibasen, Samarinda 1
1 dari 3

Event Akibasen mempunyai banyak sekali spot foto yang cocok untuk diabadikan buat foto kenang-kenangan, seperti contohnya mading harapan dan tanda tangan pengunjung yang bisa kamu coret-coret. Selain itu, ada juga beberapa spot yang di mana menampilkan beberapa gambar meme dari game Tekken seperti yang terlihat di sekitar area booth yang menjadi tempat turnamennya.

Galeri Akibasen, Samarinda 2
1 dari 2

Di samping itu, event Akibasen juga menyediakan beberapa stand jajanan street food dan juga merchandise anime. Oh iya, tidak lupa juga ada cafetaria kecil-kecilan dari The Backyard yang juga menjadi salah satu pencetus terciptanya event ini.

1 dari 3

Turnamen Tekken 7: Mahakam Ilusion Cup!

Inilah salah satu lomba andalan dari Akibasen di samping lomba cosplay, yakni turnamen Tekken 7 yang diadakan oleh komunitas IndoTekken Samarinda untuk memperebutkan gelar juara Mahakam Series Ilusion Cup. Sebelumnya komunitas Tekken ini juga sudah mengadakan turnamen di event Jmost pada tahun lalu.

Galeri Akibasen, Samarinda 4
1 dari 3

Lomba turnamen Tekken 7 ini di mulai dari tanggal 10 dan 11 Februari untuk laga penyisihan dan tanggal 12 Februari untuk menentukan juara turnamen tersebut. Pada akhirnya, turnamen ini dimenangkan oleh peserta dari luar kota Samarinda yang datang jauh-jauh dari Pulau Sulawesi. Perwakilan dari kota Samarinda harus mengakui betapa kuatnya peserta tersebut dalam memainkan skill terbaiknya dalam game Tekken 7 melalui pertarungan sengit hingga ronde terakhir.

Galeri Akibasen, Samarinda 5
1 dari 2

Di samping turnamen besar seperti Mahakam Ilusion Cup, pihak komunitas IndoTekken Samarinda juga mengadakan turnamen kecil-kecilan untuk para pengunjung di sana, terutama buat para cosplayer yang tadi juga mengikuti lomba costreet. Pada awalnya, keempat cosplayer yang ditunjuk tersebut sebenarnya tidak mengetahui atau tidak terlalu paham bermain game fighting seperti Tekken ini. Namun setelah beberapa kali percobaan, mereka akhirnya bisa lancar memainkan karakternya dan berhasil membuat Hit Combo. Hal tersebut juga turut didukung dengan sorakan para penonton yang heboh melihat pertarungan dalam game yang berlangsung seru tersebut.

Kompetisi Cosplay dan Coswalk Yang Paling Ditunggu-Tunggu!

Inilah acara utama dalam event Akibasen ini, yakni kompetisi Cosplay dan Coswalk yang dilaksanakan pada Minggu 12 Februari 2023. Sebelum memasuki lomba Coswalk, pada siang harinya juga diadakan lomba cosplay kecil-kecilan seperti costreet yang diadakan bersamaan dengan babak penyisihan Tekken tadi.

Galeri Akibasen, Samarinda 6
1 dari 4

Event Cosplay dan Coswalk akhirnya resmi dibuka pada sore harinya dan baru bisa diadakan pada malam hari setelah selesai waktu Maghrib. Para peserta tampil dengan kostum terbaik mereka dan tampil dengan sangat menawan dengan berakting dan berdandan sebagai karakter yang mereka mainkan. Setiap cosplayer dalam lomba ini banyak yang ber-cosplay menjadi karakter-karkater dari anime populer Bocchi The Rock, Blue Lock, Tokyo Revengers, Chainsaw Man, Lycoris Recoil, Nier Automata, Assassination Classroom, dan masih banyak lagi. Ada juga cosplayer yang ber-cosplay karakter dari anime jadul populer seperti Sailor Moon, P-Man, dan One Piece yang pernah tayang di TV Indonesia.

Galeri Akibasen, Samarinda 8
1 dari 17

Lomba coswalk ini juga tidak ketinggalan oleh para cosplayer yang ber-cosplay sebagai karakter dari video game populer seperti Genshin Impact, Mobile Legend, Valorant, NIKKE, dan lain-lain.

Di samping karakter anime dan video game, beberapa cosplayer juga ada yang berdandan sebagai karakter populer dari film barat dan komik seperti Joker dan Jason Voorhees, karakter Vtuber seperti Gawr Gura, dan ada juga yang bercosplay menjadi karakter dari kartun populer Boboiboy, yakni Papa Zola.

Galeri Akibasen, Samarinda - 10
1 dari 6

Selain lomba, event ini juga ada penampilan khusus dari proyek cosplayer karakter dari Genshin Impact yang sudah direncanakan oleh beberapa komunitas cosplayer sejak beberapa waktu lalu lewat diskusi di Whatsapp. Akhirnya proyek ini berhasil terlaksana di event Akibasen dan berhasil mengumpulkan semua cosplayer karakter Genshin Impact dalam satu panggung dan lalu tampil bersama.

Galeri Akibasen Samarinda - 9
1 dari 3

Lomba cosplayer akhirnya ditutup oleh peserta terakhir yang tidak lain dan tidak bukan adalah kelompok The Backyard Cafe yang “bercosplay” sebagai diri sendiri, yakni sebagai pelayan dan pramusaji tepat seperti yang mereka lakukan dalam kerjaan mereka sehari-hari.

Lomba J-Song dan Penampilan Talent Show Perfomance

Tidak lupa mengingatkan kalau event Akibasen ini juga memiliki Lomba J-Song yang dilaksanakan oleh forum komunitas J-Music Kalimantan Timur RakuOn! Lomba J-Song ini dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 Februari 2023. Tak hanya itu, event ini juga diisi talent show dan show performance yang ikut meramaikan dan memeriahkan acaranya.

Penutup

Akhir kata, sebagai salah satu pengunjung di eventnya, Akibasen dari Infinity dan Ilusi berjalan dengan sangat baik dan sukses menarik para pengunjung, baik dari kalangan wibu dan komunitas cosplayer. Event ini juga berhasil menyatukan setiap anggota komunitas jejepangan, tidak hanya dari Komunitas cosplayer saja tapi juga dari komunitas Tekken dan juga komunitas penikmat musik Jepang kota Samarinda. Kalau bisa di deskripsikan, event ini seperti perpaduan dari event Jmost dan AnimFest, tapi dalam versi ite atau minimalis. Semoga event Akibasen seperti ini bisa dapat dilaksanakan lagi kembali pada tahun depan dan kerja bagus buat setiap panitia yang telah berhasil melaksanakan dan membuat event ini.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.