Tim KAORI Nusantara yang berada di Kota Samarinda, Kalimantan Timur pada tanggal 3 Maret 2023 lalu sempat mengunjungi salah satu event yang diadakan dalam rangkaian acara Kaltim Fair 2023 yang kembali digelar pada bulan Maret ini di kota Samarinda. Dalam pegelaran Kaltim Fair yang menjadi edisi ke-23 tahun ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berkerjasama dengan Event Organizer Jejepangan SORA telah membuat sebuah event khusus Jejepangan dan lomba cosplay sehari dengan judul Saturday Night Out yang diadakan pada Jumat malam pada hari tersebut.

1 dari 2

 

 

Event yang berlangsung di Gelora Kadrie Oening atau yang biasa sering disebut GOR Sempaja ini, diadakan mulai dari jam 17.00 sampai 22.00 WITA. Event cosplay tersebut juga diadakan berbarengan dengan beberapa event lainnya di Kaltim Fair seperti Bazaar dan acara lokal di dalam Covention Hall Sempaja.

Event SORA Saturday Night Out mengambil tempat lapangan parkir di bagian belakang di luar Covention Hall, sehingga tidak menganggu jalannya acara yang ada di dalam Convention Hall. Meskipun beberapa waktu sebelum acara dimulai, lapangan tempat diadakan event cosplay sempat diguyur hujan deras, tapi beruntungnya durasi hujan tidak terlalu lama dan bisa dapat terlaksana dengan baik dan tepat pada waktunya.

Meskipun dalam keadaan cuaca yang tidak terlalu mendukung, antusias Komunitas Cosplayer kota Samarinda dan Kaltim tetap tidak pudar dan masih ada yang bisa menyempatkan diri untuk datang dan ikut memeriahkan event Saturday Night di Kaltim Fair ini.

Sebagai pembukaan, acara tersebut dimulai dengan petunjukan talent show, lalu istirahat sejenak menunggu waktu Isya selesai, dan kemudian dilanjut dengan mini quiz dan lomba cosplayer.

Dan Berikut adalah beberapa foto dokumentasi Lomba Cosplayer pada Event Saturday Night Out pada Jumat 03 Maret kemarin:

 

 

 

 

 

 

 

Para peserta cosplayer pada lomba tersebut tampil dengan kostum unik mereka seperti Koro-Sensei dari anime Assassination Classroom, K’ dari karakter game King of Fighters, Anya Forger dari anime Spy x Family. Ada yang bercosplay sebagai pasukan tentara dari game Counter Strike/Call of Duty, dan karakter-karakter unik lainnya.

Setelah lomba cosplay selesai, beberapa komunitas cosplayer juga ada mengadakan sebuah proyek khusus untuk membuat sebuah perkumpulan para cosplayer sama seperti waktu lalu dengan proyek perkumpulan karakter Genshin Impact di event Akibasen. Tapi kali ini cukup berbeda karena karakter yang ditampilkan kali ini adalah perkumpulan karakter anime populer dari Jujutsu Kaisen.

1 dari 2

 

 

Sama seperti proyek Genshin Impact sebelumnya, proyek ini juga telah dipersiapan dari jauh-jauh hari dan akhirnya bisa dapat mengumpulkan beberapa cosplayer yang mampu berperan sebagai karakter-karakter dari anime Jujutsu Kaisen ini. Ada yang bercosplay sebagai Satorou, Yuuji, Megumi, Maki, Mai, Kasumi, dan karakter lainnya.

Setelah acara proyek cosplayer Jujutsu Kaisen selesai, event dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba cosplay dan event diakhiri dengan penutupan dari talent perfomance yang membawakan lagu nyanyian berserta dance yang akan membuat para penonton terhibur dalam mengisi waktu malam Sabtu pada hari tersebut.

 

 

 

 

 

Pada akhirnya Event Saturday Night Out dari SORA berjalan dengan lancar dan sukses sampai selesai. Meskipun di awal penyelenggaraan sempat terkendala dengan hujan deras dan cuaca yang buruk, namun event ini masih bisa dapat terlaksana dengan baik dan masih ada pengunjung yang bisa dapat hadir, baik itu cosplayer ataupun para Wibu yang mau menyempatkan dirinya untuk bisa mendatangi event yang cukup kecil ini.

Meskipun ini adalah event pertama SORA di tahun 2023, event Saturday Night Out ini masih terbilang cukup kecil. Namun meskipun begitu event ini adalah sebagai awal yang bagus untuk pemanasan dalam mempersiapkan sebuah event besar yang diselenggarakan di Mall City Centrum pada tanggal 19 Maret 2023 yakni event Hoshizorai. Bagaimanakah keseruan event Hoshizora yang kembali diadakan di Mall City Centrum ini? Mari kita tunggu berita laporan acara event Kaltim Samarinda selanjutnya.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.