Setelah sebelumnya sempat mengunjungi event kecil SORA di Saturday Night Out pada 3 Maret 2023 lalu, 2 minggu kemudian tepatnya pada tanggal 19 Maret 2023, Tim KAORI Nusantara yang berada di Samarinda, Kalimantan Timur sempat mengunjungi salah satu event besar SORA lainnya yakni event Hoshizora yang kembali diadakan lagi tahun ini di Mall City Centrum Samarinda.

1 dari 2

 

Sebelumnya event Hoshizora juga pernah diadakan pada tahun lalu di lokasi dan tempat yang sama. Tapi bedanya kali ini event tersebut tidak bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia sebagaimana pada bulan Agustus tahun lalu.

Sama seperti Event Hoshizora pada tahun lalu minus lomba 17 Agustusan, event kali ini juga menyajikan berbagai acara yang menarik mulai dari games, live performance, talk show, dan lomba cosplay mulai dari umum (Coswalk) sampai ke lomba cosplay untuk anak (Coskids). Selain itu, event Hoshizora juga mengadakan lomba lainnya selain lomba cosplay, yakni lomba Henshin Challenge dan lomba Pose Jojo Challenge.

1 dari 3

 

 

 

Event Hoshizora ini pun juga menyediakan berbagai sarana hiburan menarik lainnya yang terletak pada lantai atas (lantai 2) di Mall tersebut seperti Games Corner, Gacha Corner, Booth Penjualan Merchandise, dan beberapa spot unik lainnya seperti Genshin Photobooth.

Berbeda dengan tahun lalu, event kali ini hanya diadakan selama 1 hari saja, yakni pada tanggal 19 Maret 2023 yang dimulai dari jam 13.00 WITA sampai ke waktu tutup operasional Mall pada jam 22.00 WITA. Pada waktu siang, acara dimulai dengan berbagai live talent performance yang juga dibarengi dengan lomba Henshin Challenge dan Lomba Jojo Pose Challenge. Di samping beberapa acara tersebut juga diselingi dengan acara talkshow pada waktu tersebut.

Lomba Coskids Event Hoshizora

Menjelang malam, acara event Hoshizora mencapai puncaknya dengan diadakannya lomba cosplay yang dimulai sekitar pukul 19.20 WITA. Lomba cosplay dimulai dengan lomba Coskids yakni lomba cosplay khusus anak-anak. Lalu setelah itu dilanjutkan dengan lomba cosplay Coswalk pada umumnya. Lomba Coswalk dibagi menjadi beberapa fase yang dilakukan secara bergantian sehingga memudahkan peserta cosplayer tampil secara bergiliran.

 

 

 

 

 

 

 

Kebanyakan cosplayer dalam lomba ini lebih banyak berperan sebagai karakter-karakter dari video game populer seperti contohnya karakter dari Genshin Impact dan Mobile Legend. Meskipun begitu ada juga beberapa cosplayer yang berperan sebagai karakter anime populer seperti Chainsaw Man dan karakter Pop Culture lainnya seperti Kobo Kanaeru dari Vtuber Hololive dan Vocaloid Hatsune Miku.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah lomba cosplay selesai diadakan, acara masih berlanjut dengan pengumuman pemenang lomba. Tapi sebelum mengumumkan hasil pemenang lomba, untuk mengisi waktu acara dilanjutkan dengan kuis dari salah satu sponsor acara event Hoshizora yakni Bank Indonesia yang sekaligus melakukan penyuluhan mengenai mata uang baru yang baru saja dikeluarkan.

1 dari 2

 

 

Setelah acara kuis dan penyuluhan dari Bank Indonesia selesai, ternyata ada 1 acara lagi yang dilakukan oleh sebuah komunitas keluarga cosplayer yang sedang melakukan suatu proyek cosplayer mirip seperti beberapa waktu lalu seperti di event Akibasen dan Saturday Night Out dengan projek Cosplay Genshin Impact dan Jujutsu Kaisen. Tapi berbeda dengan dua proyek sebelumnya, proyek kali ini tidak mengambil tema dari video game ataupun anime manapun. Proyek cosplay ini justru mengambil tema cosplayer dengan kostum khusus yang berkaitan dengan Mafia. Semua orang yang ikut serta dalam projek tersebut tidak sebatas anak muda saja tetapi para orang tua bahkan anak-anak ikut ambil dalam Projek Cosplay Mafia ini.

1 dari 5

 

 

 

 

 

Setelah semua acara selesai, memasuki waktu malam acara event tersebut akan segera diselesaikan dengan pengumuman hasil pemenang lomba cosplay umum dan cosplay anak-anak serta juga mengumumkan pemenang dalam lomba Henshin Challenge. Secara mengejutkan cosplayer karakter Layla dari Mobile Legends memenangkan lomba cosplay event kali ini. Kemudian diikuti dengan Cosplayer Kobo Kaneru dan Karakter Samurai Sword dari Chainsaw Man diposisi juara dua dan juara tiga. Menjelang tutup operasional Mall, Event Hoshizora lalu ditutup dengan penampilan terakhir dari para Performance Talent untuk memeriahkan event di waktu yang ada.

Cosplayer Kobo Kaneru salah satu pemenang lomba Coswalk Event Hoshizora 2023

Dan itulah beberapa keseruan dari Event Hoshizora pada tahun 2023 ini, yang juga menjadi edisi penyelenggaraannya yang ke-3. Semua acara dan lomba berjalan dengan lancar dan tanpa ada kendala apapun. Semua pengunjung dan Cosplayer yang ikut memeriahkan event ini sangat antusias dengan event Hoshizora tahun ini. Dan ini menjadi event cosplay terakhir di bulan Maret sebelum akan hiatus dalam waktu yang lama.

Event Hoshizora inipun juga akan menjadi sebuah jembatan menuju proyek event terbesar SORA berikutnya yakni AnimFest VI yang dikonfirmasikan akan kembali lagi diadakan di tahun ini dengan sub tema “Digitama”. Kira-kira event besar apalagi yang akan diadakan SORA setelah bulan puasa dan Idul Fitri selesai? Mari kita nantikan event dari SORA di Samarinda, Kalimantan Timur berikutnya.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.