Foto : Redaksi KAORI

Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) melalui Garudaku, sebuah platform resmi PBESI, mengumumkan peluncuran Liga Esports Nasional 2023 pada bulan Juli nanti.

Liga ini adalah liga terbuka yang diselenggarakan sebagai bentuk komitmen dan keseriusan PBESI dan Garudaku untuk mencapai prestasi tertinggi di perhelatan esports Tanah Air, sekaligus konsistensi sistem pembinaan prestasi berkelanjutan.

Baca Juga: Ulasan Film Shin Kamen Rider: Esensi dari Kamen Rider

Sistem Liga Esports Nasional akan terdiri dari beberapa tingkatan, dimulai dari Liga 3, Liga 2, dan Liga 1 Esports Nasional. PBESI dan Garudaku juga akan mengatur semua bentuk kompetisi, serta format, linimasa, dan peserta liga. Sistem liga ini mempunyai format hirarki dengan promosi dan degradasi di seluruh level liga. Tim yang sukses di liga dapat naik lebih tinggi dalam piramida, sementara yang berada di posisi terbawah dapat terdegradasi lebih rendah lagi.

Dengan slogan #LiganyaIndonesia, Liga Esports Nasional mempunyai 3 konsep utama yaitu Terbuka, Tersebar, dan Tertata yang artinya, Liga ini terbuka untuk seluruh pecinta esports di tanah air dengan format hierarki adanya promosi dan degradasi, tersebar ke seluruh pelosok tanah air, dan dikelola secara profesional, dan transparan, dengan titik berat pengembangan esports Indonesia, dan memajukan kesejahteraan masyarakat.

Mobile Legends Bang Bang akan menjadi gim yang dipertandingkan di dalam Liga Esports Nasional untuk di tahun 2023. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk gim lain yang dipertandingkan di tahun tahun kompetisi berikutnya.

Menurut Ketua Harian PBESI yaitu Bapak Komjen Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, SH.,M.Hum mengatakan, “Liga Esports Nasional 2023 adalah bentuk komitmen dan keseriusan Garudaku yang didukung penuh oleh PBESI untuk mencapai prestasi tertinggi di perhelatan esports Tanah Air, sekaligus konsistensi sistem pembinaan prestasi berkelanjutan. Menjadi komitmen PBESI dalam mengembangkan, memajukan dan menguatkan kompetensi esports Indonesia untuk dapat mencapai prestasi setinggi-tingginya dan menjadi negara terdepan di kancah esports internasional. Oleh karena itu liga dipersiapkan untuk misi jangka panjang sebagai bagian dari pembinaan strategis PBESI dalam terus meningkatkan kompetensi pelatih serta atlet nasional berkompetensi dunia.”

Sementara menurut COO Garudaku, Bapak Ricky Setiawan mengatakan “Liga Esports Nasional sebagai liga resmi dari PBESI yang terbuka untuk semua masyarakat di Indonesia, tersebar merata ke seluruh pelosok tanah air, tertata dengan baik demi menciptakan tatanan kompetisi yang optimal serta sebagai salah satu cara untuk akselerasi kualitas esports di Indonesia, tim esports yang mengikuti tidak hanya berkompetisi tapi juga mendapatkan edukasi untuk pengelolaan baik secara manajerial dan bisnis di dalam tim nya.

Dari Babe Cabita, Indra Jegel sampai Marcell turut meramaikan panggung Liga Esports Nasional 2023. (Foto: Redaksi KAORI)

Liga 1 Esports Nasional akan digelar di 5 kota besar di Indonesia, dan dilakukan secara luring (offline) dengan dibagi menjadi 2 babak. Babak pertama adalah Group Stage dengan jumlah peserta 16 tim yang bertanding dan dilakukan dengan format series di lima kota di Indonesia, Babak kedua adalah playoff di mana akan ada 6 tim terbaik yang lolos ke babak ini. Sementara Liga 2 dan Liga 3 akan berlangsung secara daring (online) dari studio. Liga ini akan menjadi liga resmi terbesar di Indonesia dengan total hadiah Rp3.000.000.000 (tiga milyar rupiah), dengan harapan bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dan melahirkan atlit atlit esports masa depan yang bisa mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.