Peringatan: Tulisan ini mungkin mengandung spoiler, terutama bagi kamu yang penasaran ingin menonton anime-anime yang ada di artikel ini.

Bulan Ramadan 2023 ini bertepatan pada pergantian musim di negara Jepang sana, yang berarti bahwa banyak sekali anime baru yang mulai tayang pada awal April ini.

Dari anime-anime yang tayang pada musim semi ini, banyak sekali anime yang cukup bagus untuk ditonton walau bagaimanapun situasinya. Tetapi, ada juga anime yang sangat “berbahaya” ketika tonton di ranah publik maupun ditonton sendirian, dikarenakan di situasi kita bagi yang menjalankan puasa.

Bagi kita yang menjalankan puasa, dan kebetulan bulan Ramadan tinggal hitungan beberapa hari saja. Penulis menyarankan beberapa anime yang sangat layak untuk ditonton untuk menguji bagaimana ketahanan kalian dalam berpuasa, yakni dalam menahan hawa nafsu dan sebagainya.

Berikut beberapa 5 rekomendasi anime yang menguji iman kalian dalam berpuasa.

1. Mayoiga (2016)

© diomedea Ponycanyon/Mayoiga Project

Memiliki latar belakang cerita sekelompok orang yang berpergian ke sebuah desa terpencil menggunakan bus dan mendapatkan pengalaman supranatural yang menyeramkan tentunya mempunyai nilai menarik pada sinopsisnya tersebut. Pengalaman supranatural yang dialami oleh masing-masing orang pada cerita tersebut juga berbeda-beda, dari sini kita mendapatkan petunjuk, mau dibawa kemana alur cerita ini?.

Anime yang berbumbu misteri ini sering menjadi bahan perbincangan saat penayangan episode perdananya. Bagaimana tidak? Anime yang digadang-gadang sebagai anime misteri horror terbaik saat itu menuai banyak peminat yang menonton Mayoiga demi merasakan atmosfer horror layaknya menonton anime horror terbaik lainnya, seperti Another, Corpse Party, dan lain lain.

Tetapi naas, ketika mulai memasuki pertengahan musim, atmosfer horror di anime ini mengalami penurunan sampai pada episode terakhir. Konklusi misteri pada anime inipun juga tidak memberikan pengalaman sepadan bagi yang mengikutinya dari episode perdananya. Jadi seperti membuang-membuang waktu saja ketika penasaran dengan anime ini. Tetapi ada satu hal yang positif yang bisa diambil dari anime ini, tentu saja lagu pembukanya yang bagus.

2. Mahou Sensou  (2014)

© Hisashi Suzuki / Published by KADOKAWA Media Factory / Mahou Sensou Project

Mahou Sensou mempunyai daya tarik sendiri pada musim penayangannya. Anime ini mempunyai beberapa aspek yang sangat cukup bagus di kala itu, mulai dari soundtrack-nya yang cukup banger (lagu pembuka dan penutupnya sampai sekarang masih layak untuk didengar), animasi yang sangat fluid (karena digarap oleh studio anime ternama saat itu, Madhouse), beberapa heroine yang sangat cantik dan sangat waifuable, dan terakhir tidak lain adalah premis cerita yang walau cukup “generik” tetapi bisa dinikmati dengan baik oleh penonton sehingga kita sebagai penonton ingin mengikuti anime ini hingga episode minggu depannya.

Tetapi sayangnya beberapa aspek bagus yang ditonjolkan di atas itu dihancurkan hanya dalam beberapa episode menuju akhir penayangannya. Bisa dibayangkan cerita animenya yang seharusnya merangkum 2 buku pertamanya saja tiba – tiba longkap sampai 3 buku, yang membuat para penonton juga bingung bagaimana alur cerita dari anime ini bisa terjadi dari A ke B. Sayangnya hanya karena hal ini saja, anime ini menjadi bahan hujatan dari seluruh penjuru dunia. Karena hal ini, kecil kemungkinan untuk animenya bakal lanjut ke musim keduanya.

3. Aldnoah.Zero (2014)

Vers dan Slaine (©Olympus Knights / Aniplex•Project AZ)

Tidak perlu berkomentar banyak tentang Aldnoah Zero, karena anime ini mempunyai reputasi yang sangat baik di mata publik, tetapi ada juga yang tidak berkata demikian. Bagi mereka yang menonton animenya dari episode perdananya tentu sangat menantikan klimaks yang sangat membahagiakan bagi protagonis maupun rivalnya, tetapi mereka lupa bahwa mereka sedang menonton anime bergenre mecha, bad ending sudah menanti mereka di akhir cerita.

Bagaimana tidak, perjuangan dari kedua kubu, dan perbimbangan hati Vers sang heroine yang dicintai oleh baik Inaho sang protagonis maupun rivalnya Slaine selalu menggebu-gebu episode demi episode. Tetapi sayangnya para penonton juga harus menerima rasa sakit hati yang mendalam, baik yang dialami protagonis maupun rivalnya juga karena ending di anime ini yang ternyata di luar perkiraan. Tetapi hal itu masih bisa dimaafkan dengan aspek-aspek keren lainnya di anime ini, seperti animasi yang ciamik maupun lagu yang sangat membekas di kepala dikarenakan aransemen khas dari Hiroyuki Sawano.

4. Kanojo, Okarishimasu (2020)

(©2020 Reiji Miyajima/TMS Entertaiment/Kanokari Project)

Percaya tidak percaya, anime yang mendapatkan banyak hujatan ini ternyata sangat sukses sampai lanjut ke musim ketiga. Bahkan penulis terheran – heran, bagaimana para penggemarnya bisa sangggup untuk menonton kelakuan Kazuya si protagonis yang di luar nalar ini sampai anime ini berakhir.

Walau anime Kanokari juga menyisipkan adegan adegan fanservice di animenya, tetapi bukan hal itu yang dapat membatalkan puasa di bulan Ramadhan ini. Untuk kalian yang sudah lama menonton anime, terutama dengan genre serupa, adegan – adegan seperti itu tidak menjadi masalah dan sudah dianggap “biasa” dalam menonton anime. Tetapi yang menjadi kekhawatiran menonton Kanokari pada bulan Ramadhan ini adalah untuk menahan rasa emosi dan malu ketika melihat protagonis kita ini beraksi. Selain menahan malu, bahkan ada beberapa adegan yang membuat penonton merasa si protagonis ini layak dihantam baik oleh karakter anime lainnya atau malah menghantam langsung karakter animenya, jika hal ini memungkinkan.

5. Kumo desu ga, Nani ka? (2021)

© Okina Baba / Tsukasa Kiryu

Tidak afdol jika tidak menyisipkan anime isekai disini. Memang betul bahwa anime ini memiliki premis yang cukup unik dan plot yang cukup seru untuk dinikmati (jika anime ini diadaptasi dalam sudut pandang protagonis saja). Namun, banyak yang mengatakan kalau porsi adegan para karakter sampingan di anime ini terlalu banyak dan terasa “tidak penting”, bahkan sampai mempertanyakan apa gunanya adegan dari karakter sampingan ini dibuat.

Kalau kita membandingkan dengan anime isekai lainnya seperti Overlord, karakter sampingan di anime ini sangat menentukan perkembangan world building dalam ceritanya. Tetapi tidak untuk anime “Kumo desu ga, Nani ka?” yang di mana sebagian penonton juga ikut kesal betapa tidak bergunanya para karakter sampingan ini, bahkan jika dihapus adegannya pun penonton juga sangat ikhlas dalam menontonnya karena tidak terlalu mempengaruhi ceritanya.

Nah itulah 5 rekomendasi anime yang dijamin membuat puasamu menantang, karena dilanda emosi saat mencoba menonton kelima anime tersebut. Jadi anime mana yang di atas pernah kamu tonton?

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.