Comifuro 16 akhirnya akan digelar juga! Setelah sempat mengalami pengunduran, ajang Comic Frontier ke-16 ini akhirnya akan digelar pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 6-7 Mei 2023, bertempat di hall 8, 9, dan 10 International Convention Expo atau biasa disebut ICE BSD City.

Sebagaimana sempat diberitakan sebelumnya, ajang Comifuro 16 ini sempat diundur dari tanggal aslinya. Awalnya direncanakan untuk digelar pada tanggal 11-12 Maret 2023, namun akibat alasan yang kontroversial, akhirnya harus diundur menjadi tanggal 6-7 Mei 2023.

Pergantian tanggal dengan alasan yang kontroversial ini tentunya menimbulkan kekecewaan tersendiri dari publik, terlebih mereka-mereka yang sudah mempersiapkan diri, hingga penginapan di daerah BSD untuk menghadiri Comifuro 16. Jujur saja, peristiwa ini juga cukup mengecewakan tim KAORI Nusantara sendiri. Namun kami tak perlu kecewa berlama-lama dan langsung memikirkan solusi untuk menghibur diri, sembari menunggu Comic Frontier 16 akhirnya digelar juga pada tanggal 6-7 Mei 2023. Solusinya? Ya “jalan-jalan ke Comic Frontier” tanggal 11 Maret 2023!

Perjalanan hiburan penuh nostalgia

Para pengikut KAORI Nusantara di media sosial, baik itu Facebook, Instagram, atau Twitter mungkin ingat bahwa pada tanggal 11 Maret 2023, tanggal di mana Comifuro 16 seharusnya digelar, KAORI malah memublikasikan sejumlah foto-foto lokasi perhelatan Comic Frontier terdahulu, seperti SMESCO, GOR Otista, Mall MGK/Integrity Convention Center, hingga Balai Kartini. Ya! Daripada kesal terus menerus gara-gara Comic Frontier diundur, mending jalan-jalan saja ke “Comic Frontier”! Ya nggak? Tapi tahukah kisah yang sesungguhnya dari foto-foto “perjalanan hiburan penuh nostalgia” tersebut? Mari kita napak tilasi lagi perjalanan hiburan penuh nostalgia dan napak tilas ini:

Kartika Expo Center/Balai Kartini

Pemberhentian “pertama” kami adalah Balai Kartini, atau tepatnya di Kartika Expo Center. Mungkin ini venue yang paling terkenal dalam sejarah Comifuro. Bagaimana tidak? Kartika Expo Center telah menjadi “rumah” bagi Comic Frontier sejak perhelatannya yang ke-9 pada tahun 2017, hingga perhelatan ke-14 di tahun 2020, tepat sebelum pandemi. Fakta bahwa perhelatan Comic Frontier sempat terhenti akibat pandemi, dan juga ditutupnya Balai Kartini akhirnya membuat Comic Frontier akhirnya pindah venue juga ke ICE BSD hingga sekarang. Namun sebenarnya, ide memindahkan venue Comic Frontier dari Kartika Expo Center/Balai Kartini sebenarnya sudah dipikirkan sejak tahun 2019, tepatnya sejak Comifuro ke-13.

Tapi tahukah anda bahwa foto Balai Kartini ini sebenarnya tidak benar-benar diambil tepat pada tanggal 11 Maret 2023? Sejujurnya, foto ini diambil sehari sebelumnya, yakni hari Jumat tanggal 10 Maret 2023. Yang pasti keadaan Balai Kartini saat ini sudah ditutup dan disegel, di mana publik kini sudah tidak bisa masuk lagi. Tidak jelas mau diapakan Balai Kartini nantinya.

SMESCO

“Pemberhentian” kami selanjutnya adalah SMESCO. Bangunan dengan atap bulat yang khas ini pernah menjadi venue Comifuro pada perhelatannya yang kelima di tahun 2015. Namun jujur saja, sesungguhnya foto ini juga diambil sehari sebelumnya, yakni tak lama setelah penulis mengambil foto Balai Kartini, penulis langsung jalan ke SMESCO untuk memotretnya.

ps: Jalanan sekitar SMESCO macet abis kalau hari Jumat sore! Busway pun juga ngantrinya minta ampun!

Integrity Convention Center/Mall MGK

Mall MGK mungkin merupakan salah satu venue Comifuro yang paling “legendaris”. Bayangkan saja, letaknya yang cukup jauh dari transportasi umum, baik busway maupun kereta, menjadikan venue ini menjadi cukup antah berantah, terutama bagi para pengunjung yang mengandalkan transportasi umum. Tapi apakah itu kendala terbesar dari venue Comic Frontier 8 di awal tahun 2017 lalu? Sayangnya tidak. Karena “pertunjukan” baru dimulai.

Perhelatan Comifuro 8 sendiri sejatinya digelar di Integrity Convention Center, sebuah convention hall yang terletak di lantai 9 dan 10 dari Mall MGK. Benar sekali! Untuk bisa masuk ke Comifuro 8, pengunjung harus naik tangga atau lift dari lantai 1 ke lantai 9! Hanya pengunjung? Tentu tidak! Para exhibitor dengan barang-barang jualannya masing-masing tentu juga harus naik ke lantai 9 sambil menggotong barang-barang jualan mereka! Dan percayalah, Mall ini selain lokasinya yang antah berantah, isinya pun juga cukup random, dan hampir kosong kecuali sejumlah layanan permobilan. Mungkin kerandoman ini yang membuat venue ini hanya dipakai sekali saja dalam sejarah Comifuro, hingga mereka pindah ke Balai Kartini, dan menetap di sana untuk waktu yang cukup lama.

Omong-omong, kapan sebenarnya foto ini diambil? Sejujurnya, ini malah foto pertama yang penulis ambil! Tepatnya pada tanggal 3 Maret 2023, lebih dahulu ketimbang Balai Kartini dan SMESCO! Dan kemudian penulis pun akhirnya melanjutkan perjalanan ke venue selanjutnya.

GOR Otista

Inilah venue pertama dari perhelatan Comic Frontier setelah mereka “berpisah” dengan Gelar Jepang UI. Sebuah gelanggang olahraga yang terletak di kawasan Otista di daerah Jakarta Timur.

Kalau boleh jujur, penulis sebenarnya cukup memfavoritkan GOR Otista sebagai salah satu venue Comifuro (selain Balai Kartini yang merupakan venue terfavorit tentunya!). Letaknya yang tepat di depan halte busway Otista membuatnya sangat mudah diakses bagi pengguna busway. Kurang apa coba? Sayangnya memang cukup banyak. Dari bangunannya tidak luas-luas amat, dan tidak tersedianya AC, tentu ini akan menimbulkan keluhan dari pengunjung yang kepanasan. Apalagi mengingat jumlah pengunjung Comic Frontier yang terus bertumbuh setiap tahunnya, mungkin venue yang sangat aksesibel namun panas ini akan kurang memadai bagi perhelatan sebesar Comic Frontier.

Omong-omong, kapan sebenarnya foto ini diambil? Tentu saja pada tanggal 3 Maret 2023, setelah penulis habis cabut dari Mall MGK di Kemayoran, langsung jalan ke Otista. Malangnya dalam perjalanan menuju Otista tiba-tiba terjadi hujan yang cukup lebat. Karenanya anda mungkin menyadari kalau pada foto ini terdapat suasana hujan. Padahal tanggal dipublikasikannya foto ini, atau tanggal di mana Comifuro seharusnya digelar, yakni tanggal 11 Maret 2023, sesungguhnya Jakarta justru sedang cerah-cerahnya!

Jadi, kenapa tidak dipotret sekaligus, di tanggal 11 Maret saja?

Sejujurnya memang itu keinginan penulis. Tapi tahu sendirilah Jakarta! Sudah gitu jarak keempat venue yang berjauhan dan berlawanan satu sama lain. Oke, Balai Kartini dan SMESCO sebenarnya tidak jauh-jauh amat. Tapi macetnya begitu membahana! Akhirnya demi efisiensi, diambillah keputusan mengunjungi Mall MGK dan GOR Otista di 1 hari, dan Balai Kartini bersama SMESCO di 1 hari lainnya. Mau tidak mau penulis harus “playing kayfabe” seolah-olah sedang berjalan-jalan di 4 “Comic Frontier” sekaligus di hari di mana seharusnya Comifuro 16 digelar.

Untungnya, hari yang sudah dinanti-nantikan akhirnya akan segera hadir juga! Jadi, mari sama-sama menyambut Comifuro 16 pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 6-7 Mei 2023, bertempat di hall 8, 9, dan 10 International Convention Expo, BSD City! Ingin tahu bagaimana cara ke ICE? Simak panduannya berikut ini:

Panduan Transportasi Umum Ke ICE BSD

ps: GOR Otista dan Balai Kartini masih tetap venue Comifuro terbaik! Dekat busway! RIP Balai Kartini.

Oh iya, omong-omong kita belum menapak tilasi lokasi awal Comifuro di PSJ UI!

| Ocehan dari Dody Kusumanto

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.