Memasuki 2023 ini, dunia jejepangan di tanah air semakin berkembang. Tidak hanya di kalangan penggemar yang semakin banyak, para kreator seperti cosplayer, fan artist, dan lainnya juga mulai menjajakan berbagai item karyanya kepada para fans. Untuk memudahkan interaksi antara kreator dan fans, pada 2023 ini telah hadir platform marketplace baru bernama HaluApp yang hadir untuk para penikmat jejepangan di Indonesia.

Pada event Comic Frontier 16 yang lalu, kami berkesempatan untuk mewawancarai pihak HaluApp untuk mengetahui lebih dalam mengenai seluk beluk platform satu ini, seperti mengapa platform ini ditargetkan untuk para “wibu”, konten apa saja yang bisa dijajakan di situsnya, hingga harapan kepada para kreator jejepangan di Indonesia.

Baca Juga: Liputan Acara ChibiCon 2 Surabaya: Ada Vtuber Jadi Lebih Meriah!

Simak wawancara singkat kami berikut ini.

Homepage HaluApp.

Apa itu platform HaluApp?
HaluApp adalah platform digital marketplace untuk para “wibu” (penikmat jejepangan) di Indonesia. Untuk tahap awal, kita memang berfokus untuk membantu para cosplayer dalam menjual produk digital mereka, seperti foto, photopack, fan sign, voice note, dan kemudian juga fanart.

Mengapa platform ini dinamakan HaluApp?
Konsep awalnya kami itu kan “halu” karena dulu banyak yang bilang kalau wibu itu “halu”. Lewat platform ini kami berusaha ingin mewujudkan “ke-halu-an” mereka ke arah yang lebih positif, karena saat ini hobi wibu sekarang lebih bisa diterima.

Sejak kapan platform ini dibuka?
Platform HaluApp sudah buka sejak 11 Januari 2023.

Mengapa HaluApp difokuskan untuk kalangan wibu?
Background para founder kami memang menyukai kultur J-Pop. Selain itu, kami juga melihat para cosplayer dan wibu di Indonesia belum terfasilitasi. Jadi kami ingin memudahkan mereka yang mencari produk digital dan berinteraksi dengan para kreator di dunia anime, comic, dan gaming melalui platform HaluApp.

Foto: Razif K

Bagaimana cara kreator untuk bergabung ke platform ini?
Para creator nanti cukup mendaftar sebagai user, lalu kemudian mereka tinggal men-enroll sebagai HaluStar.

Hingga sekarang sudah berapa banyak HaluStar atau kreator yang bergabung di HaluApp?
Yang sudah terdaftar hingga sekarang (per 7 Mei 2023 -red) sudah hampir seribu orang, yang aktif di platformnya ada sekitar 500 orang.

Apa yang ditawarkan HaluApp kepada para kreator yang bergabung ke platform ini?
Melalui platform ini, kami bisa membantu memudahkan management order mereka. Selain itu, kami juga berusaha untuk mengedukasi tentang cara berjualan produk yang lebih baik, seperti memakai promosi dan merilis produk limited edition. Mengenai macam-macam produk yang bisa dijual, kami juga belajar dari para cosplayer yang bergabung ke sini sekaligus mengetahui apa yang dibutuhan mereka, seperti contohnya item voice note.

Selain konten cosplay, kira-kira apakah ada tipe konten lain yang dapat dijajakan kreator di platform HaluApp?
Sekarang kami mencoba fokus untuk expand ke fan-art dan voice actor. Sebelumnya di sini sudah ada konten voice note juga.

Foto: Razif K

Apakah ada wacana untuk memperbolehkan kreator di HaluApp menjual konten khusus dewasa?
Tentu saja tidak. Kami sudah state di website-nya kalau platform ini “family friendly“. Kami akan memberitahu kreator jika mereka membuat konten yang berbau dewasa akan segera diminta untuk ditarik dari platform-nya.

Apa kesan dan pesan untuk para kreator yang telah atau ingin bergabung ke HaluApp?
Pertama kami berharap untuk sama-sama saling berkontribusi ke community. Kedua, kami hadir untuk membantu kreator agar dapat mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Kalau dulu ketika mereka berjualan melalui platform media sosial mungkin susah me-manage-nya, sekarang di platform HaluApp ini bisa diibaratkan mereka tinggal membuka lapak toko saja, jadi para kreator bisa berkesempatan untuk mendapat income lebih.

| Wawancara oleh Tanto D dan Aldin F

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.