Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (HIMAJE) Universitas Gajah Mada mengumumkan bahwa perhelatan kebudayaan Jepang tahunan Yogyakarta Mangafest UGM akan hiatus hingga waktu yang belum ditentukan, terhitung mulai 29 Mei 2023. Keputusan untuk hiatus ini didasari atas upaya pengurusan kekayaan intelektual Mangafest atas nama HIMAJE, pembenahan sistematika acara untuk ke depannya, dan persiapan rancangan acara untuk selanjutnya yang lebih baik.

Mangafest UGM merupakan sebuah event budaya bertajuk manga (komik berbahasa Jepang) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Gadjah Mada (HIMAJE UGM), Yogyakarta. Hadir sebagai sebuah event budaya dalam perspektif yang berbeda dari event pada umumnya, acara ini mencoba menghadirkan cross culture antara budaya Jepang dan budaya tradisional Indonesia di mana manga dijadikan sarana pengenalan budaya lokal pada masyarakat luas.

Dalam acara Mangafest ini, turut diselenggarakan perlombaan membuat manga untuk skala nasional yang terbuka untuk umum dan tidak membatasi usia. Selain lomba manga, terdapat juga berbagai lomba dan hiburan-hiburan menarik lainnya. Acara ini terakhir kali digelar pada tahun 2022.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.