Semakin berkembanganya esports balap di Indonesia membuat semakin banyak bermunculan kejuaraan bergengsi tingkat nasional. Salah satunya adalah IVTC Series, kejuaraan balap yang digelar oleh GT-Sim.ID, produsen simulator sim racing terbesar di Indonesia. Selama ini, GT-Sim.ID telah aktif dalam mengembangkan sim racing di Indonesia dengan menggelar beragam kejuaraan bergengsi seperti Balap di Rumah dan Indonesia Digital Drift Series. Kali ini, kejuaraan Indonesian Virtual Touring Car Series (IVTC Series) akan mengusung tema full lokal, dengan mobil dan juga trek yang dikembangkan sesuai dengan skena balapan di Indonesia dan menggunakan platform Assetto Corsa.

Pada babak kualifikasi yang digelar pada bulan Mei lalu, lebih dari 160 simracer dari puluhan tim di seluruh Indonesia beradu kecepatan mereka untuk memperebutkan 20 slot di kelas teratas. Pada musim pertama IVTC Series,, terdapat 3 kelas yang dipertandingkan mengikuti kelas balapan sungguhannya, yaitu kelas Super 1600, 1500, dan 1200. Nama-nama veteran seperti Andika Rama Maulana dan pembalap Daffa Ardiansa serta Andri Abirezky, akan beradu dengan para simracer yang sedang menanjak di dunia sim racing Indonesia, seperti Billie Ebenhaezer dan Gugun Wiranto dari tim Javasim.

 

Raditya Indera, COO dari GT-Sim.ID, menyatakan bahwa IVTC Series adalah upaya untuk membuat simracing lebih dekat dengan masyarakat awam. “Selama ini, balapan virtual simracing lebih sering menggunakan mobil yang jarang kita lihat sehari-hari. IVTC Series ingin menghubungkan para pembalap virtual ini dengan balapan yang memang dilakukan di Indonesia,” ungkapnya.

Raira Bhaskara, Head of Developer dari IVTC Series dan juga steward berlisensi dari Ikatan Motor Indonesia, mengatakan bahwa pengembangan mobil dan trek dari IVTC Series mendapatkan banyak feedback positif dari para pembalap nasional. “Feedback dari pembalap nasional seperti Demas Agil, Rio SB, dan lainnya kami terima kemudian kami masukkan kembali dalam pengembangan mobil sehingga mobil yang digunakan oleh para simracer semakin mirip dengan mobil asli. Kami berharap dengan adanya IVTC ini, akan lebih banyak sim racer yang akan balapan di dunia nyata dan juga semakin banyak pembalap real yang akan mengikuti kegiatan sim racing.”

IVTC Series akan berlangsung selama 6 putaran. Saat ini, trek Sentul International Circuit dan juga BSD Grand Prix sudah dirilis, sementara beberapa trek lainnya akan menjadi kejutan bagi para pembalap. Mobil yang digunakan dalam kejuaraan, seperti Honda City Hatchback, Mazda 2, Toyota Yaris, dan Suzuki Baleno di kelas 1500 dan Super 1600, serta Honda Brio, Suzuki Ignis, Toyota Agya, akan meramaikan kejuaraan ini. Tayangan lomba akan disiarkan langsung di channel GT-Sim.ID, dan berbagai update dapat ditemukan melalui akun Instagram @GTsim.id dan @ivtc.series.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.