Foto: Redaksi KAORI

ASUS memperkenalkan laptop Zenbook S 13 OLED (UX5304), yaitu laptop ultra-portable berlayar OLED 13,3-inci paling tipis dan ringan di dunia. Tidak hanya sekadar tampil tipis dan ringkas, Zenbook S 13 OLED (UX5304) ternyata juga hadir sebagai laptop yang ramah lingkungan, dibuat dari bahan premium hasil daur ulang sehingga memiliki jejak karbon yang sangat rendah. Laptop ini juga merupakan seri Zenbook yang paling ramah lingkungan dan telah mengantongi sertifikasi EPEAT® Gold.

Zenbook Paling Ramah Lingkungan

Inilah Zenbook S 13 OLED, si paling “Recycle” yang tipis bukan main dari lini Zenbook yang ada saat ini. (Foto: Aldin F)

Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan laptop seri Zenbook paling ramah lingkungan yang pernah dibuat dan bersertifikasi EPEAT® Gold, sehingga telah diakui secara internasional. Mulai dari bahan dan proses pembuatan, perakitan, penggunaan, dan proses daur ulang pada akhir masa pakai, siklus hidup Zenbook S 13 OLED (UX5304) telah dirancang agar tidak meninggalkan jejak karbon lebih banyak sehingga menjadi laptop yang ramah lingkungan.

Laptop ini memanfaatkan bahan magnesium-aluminium hasil daur ulang industri dan digunakan di penutup keyboard, rangka, dan bagian layar sehingga mengurangi jejak karbonnya lebih dari 50%. Tombol dan speaker Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga diproduksi menggunakan plastik daur ulang. Tidak hanya itu kemasan Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga 100% dapat didaur ulang, dengan bahan yang dapat digunakan kembali sebagai kompos. Kemasan Zenbook S 13 OLED (UX5304) menggunakan 100% kertas bersertifikat FSC Mix dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab, kayu terkontrol, serta sumber daya daur ulang. Bagian penyangga dalam kemasan Zenbook S 13 OLED (UX5304) bahkan dapat digunakan kembali sebagai dudukan laptop.

Berbeda dari laptop lainnya, Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan bodi berbahan plasma-ceramic aluminum. Bahan yang dibuat mengguunakan teknik pemrosesan eksklusif tersebut hanya menggunakan air murni dan listrik sehingga sama sekali tidak menggunakan senyawa organik, asam kuat, atau logam berat. Metode khusus tersebut tidak hanya menghasilkan bodi yang tahan terhadap korosi, memiliki durabilitas lebih baik, serta memiliki masa pakai yang panjang, tetapi juga meminimalisir dampak kerusakan terhadap lingkungan.

Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga memiliki efisiensi energi yang sangat tinggi dan telah melampaui standar dari ENERGY STAR® sebesar 43%. Seluruh upaya tersebut dihadirkan agar Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat hadir sebagai laptop zero carbon emission.

Laptop OLED 13,3-inci Paling Tipis dan Ringan

Dengan bobot 1 kg dan ketebalan 1 cm, menjadikan ASUS Zenbook S 13 OLED jadi laptop Zenbook Series paling slim pertama dari ASUS. (Foto: Redaksi KAORI)

Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah laptop ultra-portable yang sangat tipis dan ringan dengan ketebalan hanya 1 cm dan bobot 1 kg. Agar Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat tampil dengan bodi yang sangat tipis, tim engineering ASUS menyematkan kamera IR FHD berukuran lebih kecil namun tetap memiliki fitur lengkap dan ditanam langsung ke dalam bagian layar yang dibuat dengan proses CNC. Selain itu, panel OLED yang lebih tipis juga digunakan, sehingga bagian layar laptop menjadi 30% lebih tipis.

Proses CNC yang presisi tidak hanya digunakan di layar, tetapi pada bodi utamanya sehingga ruang komponen menjadi lebih luas tanpa mengorbankan durabilitas. Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga menggunakan papan sirkuit dengan lapisan lebih sedikit, kerapatan kabel lebih tinggi, serta memiliki jumlah transistor yang lebih banyak, sehingga memberikan kinerja lebih baik dengan bobot lebih ringan serta tidak memakan banyak ruang. Motherboard dirancang dengan presisi untuk menampung dua kipas yang sangat tipis yang meningkatkan aliran udara untuk pendinginan yang lebih baik. Semua itu telah membuat Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat hadir dengan ukuran 25% lebih tipis dibandingkan dengan laptop sekelasnya.

Untuk lebih meminimalkan bobot, paduan bahan magnesium-aluminium digunakan pada bagian keyboard deck yang dibuat dengan proses CNC untuk menciptakan struktur yang kokoh tanpa perlu bagian penyokong tambahan. Penutup kaca sangat tipis juga digunakan pada touchpad, sehingga menghasilkan pengurangan ketebalan sebesar 25% lagi di bagian keyboard deck.

Kombinasi teknik produksi yang canggih serta bahan berkualitas tinggi tersebut menghasilkan sebuah laptop ultraportabel yang yang belum pernah ada sebelumnya. Zenbook S 13 OLED (UX5304) telah berhasil menghadirkan konsep laptop tipis dan ringan ke tingkat selanjutnya dan tanpa kompromi. laptop ini menawarkan ketahanan baterai hingga 14 jam streaming video serta menawarkan pendinginan dan kinerja yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Ditenagai Prosesor Intel EVO Yang Paling Canggih

ZENBOOK S 13 OLED diperkuat dengan chipset Intel Core i7 Evo generasi terbaru (gen 13) dan dibekali fitur Dolby Atmos Plus Audio dari Harman Kardon. (Foto: Redaksi KAORI)

Meski mengusung desain yang tipis, ringkas, dan ringan, Zenbook S 13 OLED (UX5304) tetap ditenagai oleh prosesor paling canggih yaitu 13th Gen Intel® Core™ i7-1355U. Prosesor yang menggunakan konfigurasi 10 core dan 12 thread tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata, karena dapat dipacu hingga frekuensi 5GHz.

Intel® Core™ i7-1355U juga merupakan prosesor modern yang sudah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi. Cip grafis bernama Intel® Iris Xe tersebut memiliki performa yang cukup powerful untuk menunjang kebutuhan komputasi grafis sehari-hari, bahkan masih dapat digunakan untuk bermain game casual. Tidak hanya itu, prosesor Intel® Core™ i7-1355U juga dibekali dengan fitur-fitur modern seperti Intel® Quick Sync yang memungkinkan proses encoding dan decoding video semakin cepat. Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga merupakan laptop yang telah tervalidasi Intel EVO. Artinya, laptop ini telah dijamin mampu menghadirkan pengalaman penggunaan terbaik mulai dari bekerja, belajar, menikmati sajian hiburan, hingga berkarya dan menciptakan konten kreatif.

Sisi layar Zenbook S 13 OLED ini sudah dibekali dengan layar OLED terobosan Asus sendiri. (foto: Aldin F)

Untuk memaksimalkan performa prosesor tersebut, ASUS membekali Zenbook S 13 OLED (UX5304) dengan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB serta media penyimpanan data menggunakan PCIe 4.0 SSD. Kombinasi keduanya membuat Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat berjalan sangat gesit serta nyaman untuk multitasking.

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) sudah sudah tersedia di ASUS Online Store dan BliBli yang dibandrol dengan harga Rp 23.999.000.

Jika #Kaoreaders sedang mencari laptop berspesifikasi high end dan ramah lingkungan, ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) bisa jadi pilihan bagus dengan bobot hanya 1kg. Jika tertarik, silakan komen di kolom komentar ya!

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.