© Osamu Tezuka, Tezuka Productions, Akita Shoten

Sebuah kabar menghebohkan hadir dari Tezuka Productions. Mereka akan “menghidupkan kembali” salah satu komik klasik karya mendiang Osamu Tezuka, Black Jack, dengan teknologi artificial intelligence (AI)! Komik ini rencananya akan dirilis melalui majalah komik asal Jepang, pada musim gugur 2023, sebagai bagian dari proyek “TEZUKA2023” untuk merayakan 50 tahun komik Black Jack.

Teknologi AI yang digunakan dalam membuat komik terbaru ini adalah chatbot ChatGPT-4, yang dikembangkan, bekerjasama dengan New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO). Makoto Tezuka selaku pendiri dari Tezuka Productions, sekaligus anak dari mendiang Osamu Tezuka sendiri turut turun tangan langsung dalam proyek ini, bekerjasama dengan profesor dari fakultas sains dan teknologi dari Universitas Keio. Ini bukan pertama kalinya Tezuka Productions membuat komik dengan teknologi AI. Sebelumnya mereka sempat merilis proyek “TEZUKA2020” melalui komik berjudul Paidon yang dirilis pada tahun 2020 lalu, dan menggunakan teknologi AI untuk mempelajari dan meniru gaya Osamu Tezuka.

Black Jack sendiri merupakan komik karya Osamu Tezuka yang dirilis pada 1973. Dalam komik ini berkisah mengenai petualangan seorang dokter Kuro Hazama alias Black Jack. Komik ini juga telah beberapa kali diadaptasi menjadi anime hingga film live action, termasuk sempat pula dibuat prekuelnya.

| Sumber: Mantan Web, Comic Natalie, & Anime News Network

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.