Black Clover merupakan salah satu seri anime yang cukup populer. Animenya sendiri sudah berakhir penayangannya pada tahun 2021 lalu. Namun kepopulerannya membuat anime ini kini kembali lagi dalam bentuk film layar lebar yang sudah bisa ditonton melalui Netflix sejak tanggal 16 Juni 2023 lalu.

Berita baiknya adalah film anime yang berjudul Black Clover: Sword of the Wizard memiliki fitur dubbing berbahasa Indonesia di Netflix. Sehingga publik yang menontonnya di Netflix juga bisa menontonnya dengan dubbing Indonesia. Sayangnya untuk seri animenya yang juga turut tayang di Netflix sendiri masih belum memiliki fitur dubbing Indonesia.

Untuk dubbing Indonesianya sendiri Iyuno-SDI Group bertanggung jawab untuk menggarap dubbingnya, di mana Jumali Jindra bertindak sebagai pengarah dialog. Berikut adalah beberapa seiyu yang ikut mendubbingnya:

Hardi sebagai Asta

Kamal Nasuti sebagai Yuno Grinberryall

Melati Pertiwi Putri sebagai Noelle Silva

Deden sebagai Conrad Leto

Lanti Saladu sebagai Princia Funnybunny

Dimas Setiaji sebagai Jester Garandaros

Mirna Haryati sebagai Nero

Tato Abi sebagai Marx Francois, Sekke Bronzazza, & Gauche Adlai

Bonar sebagai Edward Avalaché

Leni M Tarra sebagai Rill Boismortier & Mereoleona Vermillion

Ojay S Surianata sebagai Yami Sukehiro

Photo courtesy of Rujani Pahlusi

Rujani Pahlusi sebagai Kaiser Granvorka

Black Clover merupakan komik fantasi karangan Yuuki Tabata, dan diterbitkan di Jepang sejak tahun 2015. Dalam komik ini diceritakan kisah mengenai Asta dan Yuno, dua anak yang dibesarkan bersama di gGereja sejak kecil yang telah berjanji untuk saling bersaing untuk menjadi Raja Penyihir. Ketika besar, Yuno menjadi penyihir dengan kekuatan yang mengagumkan, sedangkan Asta yang tidak memiliki kemampuan sihir menjadi petarung handal. Ketika remaja, Asta mendapatkan grimoire (buku sihir) dengan semanggi lima daun yang langka. Sejak saat itu, Asta membulatkan tekatnya untuk menjadi Raja Penyihir.

Kesuksesan komiknya sendiri telah membuat Black Clover diadaptasi menjadi anime, dan sejumlah adaptasi video game. Di Indonesia sendiri penerbit Elex Media telah menerbitkan komiknya sejak tahun 2019.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.