Ajang Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP) 2023 akhirnya hadir lagi. Setelah sempat terhenti selama tiga tahun karena pandemi, kompetisi cosplay yang diselenggarakan oleh CLAS:H ini kembali menghadirkan penampilan terbaik dari para tim cosplay yang telah lolos dari babak penyisihan daerah.

Babak grand final ICGP 2023 yang diadakan di event Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 Pop Asia, Jakarta pada 25 Juni 2023 menghadirkan 10 tim yang telah terpilih dari babak penyisihan yang diadakan di 8 kota di Indonesia, yaitu Malang (Daisuki! Japan x ICGP), Yogyakarta (Moeru Creative Festival 2023), Medan (Little Akiba Cosplay and Entertainment), Bandung (Nakayochi: Kultifest), Balikpapan (JFest: Secret Invasion), Makassar (Chibatsu Matsuri), Bali (Dewatacon x ICGP), dan Pekanbaru (Cosplay Collection Show).

Inilah urutan tampil 10 tim di babak grand final ICGP 2023.

  1. Kakaroto Team – Devil May Cry V – Reg. Makassar
  2. Awan Merah – Dragon Ball Super – Reg. Bandung
  3. Costuary Reborn – Ninja Gaiden – Reg. Bandung
  4. Tsukiyo Team Cosplay – Metal Gear Rising – Reg. Pekanbaru
  5. The SSR – Final Fantasy 7 – Reg. Yogyakarta
  6. Excelsior – Blood-C – Reg. Balikpapan
  7. The Six Sense – Dragon Dogma Online – Reg. Bali
  8. Team Raisin – Momonoke Hime – Reg. Malang
  9. Redlight District – Kimetsu no Yaiba – Reg. Jogja
  10. FourTMS – Fire Emblem Echoes – Reg. Medan

Penampilan para tim di babak grand final ini dinilai oleh para juri yang telah malang melintang di jagat cosplay Indonesia dan sebelumnya menjadi juara di ajang WCS Exhibition 2022 di Arab Saudi, yaitu Ryan CYD dan Yumaki, serta cosplayer asal Jepang Reika Arikawa yang juga menjadi costume maker kawakan dan juri di berbagai kompetisi cosplay dunia. Selain penampilan di atas panggung, para tim peserta sebelumnya juga harus melalui penilaian kostum pada hari Sabtu (24/6) di Hotel ARCS Jambuluwuk, Menteng.

Perform Grand Final ICGP 2023
1 dari 10
Kakaroto Team - DMC V - Makassar
Awan Merah - Dragon Ball Super - Bandung
Costuary Reborn - Ninja Gaiden - Bandung
Tsukiyo Team Cosplay - Metal Gear Rising - Pekanbaru
The SSR - Final Fantasy 7 - Yogyakarta
Excelsior - Blood-C - Balikpapan
The Six Sense - Dragon Dogma Online - Bali
Team Raisin - Momonoke Hime - Malang
Redlight District - Kimetsu no Yaiba - Jogja
FourTMS - Fire Emblem Echoes - Medan

Penampilan Kaliber Internasional

Kesepuluh tim grand finalist menampilkan aksi panggung yang terbaik demi meraih gelar juara ICGP 2023. Penampilan mereka pun juga dipuji oleh para juri. Dalam sesi wawancara, Yumaki mengatakan walau kompetisi ini sempat terhenti karena pandemi, ia terkejut dengan peningkatan pesat kualitas cosplayer tanah air, terutama para peserta ICGP 2023 dari fase penyisihan daerah yang meng-upgrade kostumnya demi tampil di babak Grand Final.

Menurut Ryan CYD, tiap peserta yang terpilih dari beragam daerah hadir dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Menurutnya dengan skill yang semakin meningkat, para tim dari beberapa daerah kini mulai berani untuk mengikuti ajang ICGP untuk tampil di Jakarta. Kedua juri pun sepakat penampilan para peserta sudah di level kompetisi internasional seperti performa tim yang lolos ke ajang World Cosplay Summit (WCS) Nagoya.

Sementara itu, Reika Arikawa mengatakan ia selalu melihat video penampilan tim-tim cosplayer Indonesia, namun ia terpukau ketika menonton langsung karena perform para tim serta interaksi mereka dengan penonton yang menurutnya begitu baik. Reika-san selalu menantikan kejutan apa yang ditampilkan oleh para tim, seperti teknik penampilan dan storyline dengan level begitu tinggi. Penampilan mereka pun menurutnya menyenangkan untuk ditonton.

Para Juara Indonesia Cosplay Grand Prix 2023

Para peserta dan juara ICGP 2023.
Best Costume: Awan Merah – Reg. Bandung – Dragon Ball Super
Best Storyline: Redlight District – Reg. Yogyakarta – Kimetsu no Yaiba
Best Storyline: Redlight District – Reg. Yogyakarta – Kimetsu no Yaiba
Best Performance: Costuary Reborn – Reg. Bandung – Ninja Gaiden
Best Concept: The SSR – Reg. Yogyakarta – Final Fantasy 7
Juara 3: Tsukiyo Team Cosplay – Reg. Pekanbaru – Metal Gear Rising
Juara 3: Tsukiyo Team Cosplay – Reg. Pekanbaru – Metal Gear Rising
Juara 2: Team Raisin – Reg. Malang – Momonoke Hime
Juara 1: Costuary Reborn – Bandung – Ninja Gaiden Z

Setelah melewati penilaian dari para juri, inilah para juara grand final ICGP 2023!

  • Juara 1: Costuary Reborn – Reg. Bandung – Ninja Gaiden Z
  • Juara 2: Team Raisin – Reg. Malang – Momonoke Hime
  • Juara 3: Tsukiyo Team Cosplay – Reg. Pekanbaru – Metal Gear Rising
  • Best Storyline: Redlight District – Reg. Yogyakarta – Kimetsu no Yaiba
  • Best Concept: The SSR – Reg. Yogyakarta – Final Fantasy 7
  • Best Performance: Costuary Reborn – Reg. Bandung – Ninja Gaiden Z
  • Best Costume: Awan Merah – Reg. Bandung – Dragon Ball Super

Sebagai juara ICGP 2023, tim Costuary Reborn akan mewakili Indonesia di ajang World Cosplay Summit (WCS) 2023 di Nagoya, Jepang dan akan bersaing dengan berbagai tim dari 40 negara lainnya!

Ambil Risiko Demi Konsep Berbeda

Kiri ke kanan: Yumaki, Ryan CYD, Mizuki Otawa dan Bale (Costuary Reborn), Reika Arikawa.

Selepas babak Grand Final, staf KAORI bersama awak media lainnya mewawancarai tim Costuary Reborn yang menjadi juara Indonesia Cosplay Grand Prix 2023. Dalam sesi wawancara ini, tim yang terdiri dari Mizuki dan Bale ini mengungkapkan memilih tampil sebagai karakter Ninja Gaiden karena ingin tampil beda. Mereka menggabungkan konsep 3D background dengan desain kostum yang dibuat seolah-olah keluar dari gambar.

Dalam pengerjaan kostum, mereka mengatakan tantangan terbesarnya adalah proses pengerjaan yang butuh waktu sangat lama. Mizuki mengatakan pengerjaan plating-nya cukup rumit karena mereka harus menentukan posisi highlight yang seimbang di tengah agar kostumnya tetap terlihat oke dari berbagai sisi ketika bergerak. Pewarnaan kain pun harus berani mengambil risiko agar kostumnya terlihat bagus. Tantangan tersulit adalah plating untuk kain yang harus dibuat hingga 5 lapis agar warna kostumnya tegas sebelum diberi highlight.

Menghadapi kompetisi WCS 2023, tim Costuary Reborn berharap mereka bisa menjadi juara di ajang tersebut dan berusaha yang terbaik karena membawa nama Indonesia.

| Liputan oleh Dean Astarada dan Tanto D

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.