Film Shin Kamen Rider akhirnya tayang di Indonesia mulai tanggal 30 Juni 2023 dengan judul Shin Masked Rider. Mengambil inspirasi dari 50 tahun lebih sejarah serial Kamen Rider, film yang disutradarai oleh Hideaki Anno ini penuh dengan referensi ke serial TV Kamen Rider (1971), bahkan karakter-karakter lain ciptaan Shotaro Ishinomori seperti Robot Detective K dan Inazuman.

Bagaimana film ini berhasil menangkap esensi dari Kamen Rider itu sendiri? Simak ulasan film ini oleh KAORI:

Ulasan Film Shin Kamen Rider: Esensi Dari Kamen Rider

Namun, satu aspek dari Shin Kamen Rider yang cukup mengejutkan adalah bagaimana film ini juga banyak mengambil elemen dari manga asli Kamen Rider ciptaan Shotaro Ishinomori, yang mulai terbit tahun 1971 di Weekly Shonen Magazine. Walau pada awalnya mengadaptasi beberapa episode awal serial TV Kamen Rider, manga ini dikenal memiliki perbedaan cukup besar pada alur cerita dan karakter yang muncul di dalamnya dibandingan dengan serial TVnya. Apa saja perbedaan-perbedaan tesebut, dan aspek apa saja yang ada pada film Shin Kamen Rider yang terinspirasi oleh manga ini?

SPOILER UNTUK FILM SHIN KAMEN RIDER!

Kekuatan Angin & Prana

©Shotaro Ishinomori / ISHIMORI PRODUCTION

Baik pada serial TV maupun di manga, Kamen Rider 1 disebut mengambil kekuatannya dari tenaga angin lewat sabuk perubahannya. Namun, aspek ini lebih diungkit pada manga Kamen Rider, dan ia disebut sebagai sosok pahlawan yang dikirim oleh alam untuk membasmi kejahatan.

Pada Shin Kamen Rider, sumber energi Rider diberi penjelasan sebagai “Prana”, energi mistis yang ada di sekitar manusia, termasuk di udara. Kekuatan Kamen Rider dijelaskan sebagai hasil dari energi Prana di dalam udara yang ia serap ketika berubah.

Luka Wajah & Helm Rider

©Shotaro Ishinomori / ISHIMORI PRODUCTION

Shin Kamen Rider juga menampilkan luka bekas operasi organisasi gelap Shocker pada muka Takeshi Hongo, dan bagaimana ia harus mengenakan helm Rider secara manual untuk berubah. Hal ini berasal dari manga Kamen Rider, di mana tidak seperti di serial TV, baik Hongo maupun Ichimonji memiliki bekas luka dan berubah dengan mengenakan helm Rider mereka.

Tachibana & Taki

©Shotaro Ishinomori / ISHIMORI PRODUCTION

Pada Shin Kamen Rider, Takeshi Hongo dan Ruriko Midorikawa dibantu oleh sosok agen pemerintahan dan agen badan intelejen bernama Tachibana dan Taki. Di serial TV, Tobei Tachibana adalah sosok mentor klub pembalap yang membimbing Hongo, sementara Kazuya Taki adalah agen FBI yang datang untuk membantu Hayato Ichimonji untuk melawan Shocker.

Hal ini berbeda di manga, di mana Tachibana adalah butler yang melayani keluarga Hongo sejak lama (seperti sosok Alfred untuk karakter Batman), dan Taki adalah agen FBI bernama Jirou Taki.

 Melawan Hachi Augment

©Shotaro Ishinomori / ISHIMORI PRODUCTION

Pada adegan melawan Hachi Augment, Kamen Rider terjun dari pesawat untuk menghancurkan server pada markas Hachi Aug. Adegan ini tampak terinspirasi oleh adegan pertarungan antar Kamen Rider dan Komori Otoko pada manganya, di mana Kamen Rider terjun dari ketinggian setelah mengejar Komori Otoko. Hachi-Onna yang menginspirasi Hachi Aug sendiri muncul di salah satu bab cerita manga, tetapi tidak pernah melawan Kamen Rider.

Berikutnya: Bagaimana perbedaan para Shocker Rider di film dengan Shocker Rider di manga?

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.