© STUDIO GHIBLI Inc.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, sutradara kawakan asal Jepang, sekaligus “otak” di balik Studio Ghibli, Hayao Miyazaki akan kembali dengan film terbarunya. Diangkat dari novel klasik berjudul Kimi-tachi wa Do Ikiru ka (How Do You Live?), Miyazaki sempat menyebutkan bahwa dirinya membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 tahun untuk merampungkan film tersebut. Setelah menunggu lama, film Terbaru Hayao Miyazaki ini telah resmi dirilis di Jepang pada 14 Juli 2023.

Film ini muncul begitu saja nyaris tanpa promosi apapun. Kini terungkaplah bahwa penyanyi Kenshi Yonezu menyanyikan lagu tema untuk film ini, dengan lagu yang berjudul “Chikyūgi” (Globe). Selain itu film ini tidaklah benar-benar diangkat dari novel Kimi-tachi wa Do Ikiru ka (How Do You Live?), melainkan sebuah cerita original tentang seorang anak yang kehilangan ibunya di masa Perang Dunia 2.

Sebelumnya kolega Hayao Miyazaki di Studio Ghibli, Toshio Suzuki menyebutkan bahwa Miyazaki mengerjakan proyek film Ho Do You Live? tanpa deadline yang jelas, alias tidak ada kejelasan kapan film tersebut akan rampung dan siap dirilis. Dituturkan melalui essay yang dipublikasikannya di majalah Bungei Shunju, Suzuki juga menyebutkan bahwa Miyazaki adalah sosok yang tidak tertarik dengan uang, dan tak akan bisa pensiun, karena dirinya tidak suka menghabiskan hidup dengan tidak melakukan apa-apa, dan lebih merasa nyaman dengan terus bekerja. Karenanya Suzuki percaya bahwa Hayao Miyazaki akan terus membuat film selagi masih hidup.

Kimi-tachi wa Do Ikiru ka atau dalam bahasa Inggrisnya berarti How Do You Live? adalah sebuah novel klasik karya Genzaburo Yoshino yang dirilis pada tahun 1937 lalu, di mana dalam novel tersebut dikisahkan mengenai pria bernama Koperu dan pamannya, di mana melalui kekuatan spiritual yang dimiliki Koperu, keduanya berdiskusi mengenai bagaimana hidup sebagai manusia.

Proyek ini sendiri merupakan proyek film terbaru Hayao Miyazaki, setelah sebelumnya dirinya membuat film pendek berjudul Kemushi no Boro (Boro the Catepillar), yang dibuat dalam format 3DCG, dan diputar secara terbatas di Museum Ghibli.

| Sumber

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.