Pada tanggal 11 September 2022 silam, event KOMIKAL diadakan sebagai pasar Doujinshi pertama di Kalimantan, yang pada saat itu berangkat dengan nama KOMIK KALIMANTAN. Setelah kini memeluk penuh singkatan KOMIKAL sebagai nama resmi mereka, event tersebut akan kembali hadir sebagai KOMIKAL 2 untuk memfasilitasi para kreator muda Kalimantan Selatan pada tanggal 10 September 2023. Kali ini pun KOMIKAL masih menjadi sebuah acara bertajuk Doujinshi Convention.

Bersamaan dengan event pasar kreator yang pada tahun ini diadakan oleh kota-kota besar Indonesia lainnya, KOMIKAL pun masih bergerak sebagai tempat bagi kreator dan para penggemar pop kultur muda, terutama dalam genre ‘Jejepangan’, untuk bercipta karya serta menampilkan kreatifitas mereka ke ranah publik secara langsung. Dikerjakan oleh Komite Pelaksanaan KOMIKAL, acara ini diadakan untuk mendorong perkembangan industri kreatif dalam bidang Komik dan Kartun di Kalimantan. Dengan mengambil konvensi Komik dan Kartun seperti Comic Market di Jepang dan Comic Frontier di Jakarta, event ini akan bergerak dalam kegiatan fasilitasi untuk kreator Komik dan Kartun di pulau Kalimantan.

KOMIKAL 2 akan diadakan pada tanggal 10 September 2023 di Gedung Bina Satria, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Acara ini akan memfasilitasi kreator-kreator independen yang berada di Kalimantan untuk mempromosikan serta menjual karya independent masing-masing langsung ke penggemar Komik dan Kartun yang ada di Kalimantan. Sebagai event lanjutan dari KOMIKAL 1 sebelumnya, event ini juga dirancang sebagai acara yang akan dilakukan secara tahunan agar bisa terus mendorong perkembangan kreator Komik dan Kartun Kalimantan seterusnya. KOMIKAL 2 kali ini akan diikuti oleh sebanyak 31 circle yang mengkaryakan berbagai fandom pop kultur saat ini.

Tidak hanya berfokus pada fasilitasi kreator untuk promosi dan berjualan, KOMIKAL juga akan menghibur pengunjung dengan berbagai macam mata acara yang bertemakan industri kreatif dan budaya Anime Jepang. Mata acara yang sudah menjadi salah satu daya tarik di event ini akan kembali untuk KOMIKAL 2, seperti Utattemita (Open Stage Karaoke Bersama) dan juga Cosplay Walk yang terbuka untuk umum sebagai hiburan panggung nanti. Ada pula games yang dapat diikuti oleh pengunjung KOMIKAL 2 nanti seperti Quiz Anime dan juga perlombaan Banjarbaru SaiMoe untuk memilih karakter anime terbaik di Kalimantan pada tahun tersebut dengan cara pertandingan Tarik Tambang. 

Keinginan untuk Bekerja Sama Menuju Budaya Pasar Kreator Lokal yang Kredibel

Sama seperti sebelumnya, KOMIKAL 2 sendiri saat ini tetap bergerak dengan dukungan Comic Frontier dalam persiapan dan juga terkait berbagai macam regulasi yang berlaku di dalamnya, bersama-sama dengan COMECORA dan juga Council of Creators yang juga diadakan di pulau Kalimantan. Pihak penyelenggara sendiri mengatakan bahwa mereka sangat terbuka untuk menjalani kerja sama dengan pihak-pihak lain yang tertarik untuk turut berkontribusi dalam perhelatan event ini, mengingat komunitas anak muda yang menggemari budaya Komik dan Kartun terutama dalam tajuk kreator dan juga ‘Jejepangan’ sangat luas dan memiliki potensi untuk memajukan kredibilitas pasar lokal dalam pandangan global.

Para penggemar budaya Komik dan Kartun, terutama Anime, dapat mengunjungi acara apabila telah membeli tiket Pre-Sale KOMIKAL 2 atau membeli tiket On-the-Spot (OTS) pada saat hari acara. Event ini mengizinkan tiket OTS gratis bagi pengunjung yang mengenakan kelengkapan cosplay dari karakter yang sudah ditentukan oleh penyelenggara, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Untuk detil terkait daftar circle creator yang akan terjun, harga dan pembelian tiket, ketentuan yang berlaku, serta isi mata acara bisa dilihat langsung di website www.komikal.net.

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.