Kota Samarinda dan seluruh wilayah Kalimantan saat ini tengah “dikeroyok” oleh berbagai jenis Event Cosplay setiap bulannya. Hal ini sudah menjadi hal yang lumrah mengingat Ibukota baru Indonesia Nusantara akan segera diresmikan pada tahun 2024 mendatang di Kalimantan Timur. Jenis Event Cosplay dan festival Jejepangan seperti ini sudah menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi pengunjung, maka tidak heran semenjak saat itu di berbagai wilayah pulau Kalimantan sudah mulai muncul berbagai jenis EO atau Event Organizer yang sudah mulai merencanangkan jenis Event Jepang seperti ini.

Setelah melewati banyaknya event-event Jejepangan di Kota Samarinda seperti beberapa event cosplay yang diadakan oleh SORA dan Infinity serta event besar seperti COMECORA yang pada waktu lalu menjadi event resmi Comifuro di Kota Samarinda. Seakan tidak mau kalah dengan EO lainnya, Event Organizer Hore Market yang dulunya juga sempat bekerjasama dengan Event Organizer lainnya di Event Samarinda seperti SORA (Hocus Pocus) dan Infinity (Asian Beauty), pada akhirnya Hore Market juga ikut membuat event cosplaynya sendiri dengan judul Samarinda PopCon yang diadakan di Mall SCP (Samarinda Central Plaza) hampir setiap bulannya selama musim liburan.

1 dari 5

Mirip seperti Event Medika Vaganza buatan SMK Medika Samarinda dengan pihak Mall Samarinda Square Robinson yang membuat acara khususnya di Mall Samarinda Square setiap bulan. Begitupun juga dengan Samarinda PopCon buatan dari Hore Market ini yang secara khusus membuat acara cosplaynya sendiri ini untuk menjadi salah satu event spesial di Mal SCP setiap bulannya. Bermodal pengalaman dengan kerjasama beberapa eventer yang sering mengadakan acara cosplay di Mall SCP, Hore Market pada akhirnya dapat mewujudkan sebuah acara cosplay khusus yang menjadi daya tarik baru di Mall SCP untuk bisa menarik pengunjung dari komunitas animelovers dan komunitas Cosplayer di Kota Samarinda.

1 dari 5

Event Samarinda PopCon sebenarnya sudah cukup lama diadakan semenjak awal tahun 2023 yang lalu pada tanggal 17 dan 19 Februari 2023. Setelah itu, event ini pun jadi sering diadakan pada masa-masa musim liburan seperti pada bulan April lalu pada tanggal 23-30 April 2023, bertepatan dengan berakhirnya lebaran Idul Fitri, dan tanggal 1-4 Juni 2023 pada masa-masa liburan sekolah.

Tim KAORI Nusantara di Kota Samarinda, Kalimantan Timur sempat mengunjungi event Samarinda PopCon ini pada tanggal 8 dan 9 Juli 2023, bertepatan dengan penyelenggaraannya yang ke-4. Di pegelaran event keempat kali ini, Samarinda PopCon kini mengusung tema “School Holiday” yang merujuk pada masa liburan sekolah yang sebentar lagi akan berakhir pada hari Minggu itu karena mulai hari Senin besok kegiatan pelajaran baru di sekolah telah dimulai.

Meskipun bernama Samarinda PopCon yang sepertinya mengambil judul referensi dari nama sebuah event global Comic Con, konsep dari Samarinda PopCon sendiri malah lebih mengarah ke Toys Fair yang mirip seperti Jakarta Toys Fair. Karena selain lomba Cosplay, Samarinda PopCon juga lebih banyak menitik beratkan pada pameran-pameran mainan seperti showcase diecast (Hot Wheels, Tomica) dan berbagai action figures dari berbagai anime populer lainnya.

1 dari 4

 

Lomba cosplay pun lebih masuk sebagai pelengkap acara untuk menambah kemeriahan event Samarinda PopCon ini. Di samping itu, event ini juga mengadakan lomba lainnya seperti lomba J-song dan juga penampilan dari beberapa talent show untuk membuat event ini menjadi lebih spesial dan berkelas seperti event-event cosplay pada umumnya.

1 dari 4
Kuis kecil-kecilan
Para pemenang lomba cosplay Samarinda PopCon

Penyelenggaraan Samarinda PopCon ini biasa diadakan kurang lebih selama 3 atau 5 hari bahkan ada yang sampai seminggu. Seperti kebanyakan beberapa acara buatan Hore Market di Mall SCP yang lebih banyak mengadakan acara bazar yang lebih ditunjukkan untuk kalangan umum dan anak-anak, event Samarinda PopCon ini juga menjadi salah satu dari bagian beberapa event Mall SCP yang biasa menjadi acara edisi khusus untuk mengisi waktu liburan bagi para pengunjung yang ada di Mall Samarinda Central Plaza ini.

Event selanjutnya bagi Hore Market selain menjadi main eventer di Mall SCP, Hore Market pada bulan September 2023 nantinya juga akan berencana untuk membuat sebuah event bersama Ilusi Event Planner di Mall Samarinda Square Samarinda. Event bazaar dan food festival ini akan berjudul “Uptown Fest” yang di mana dalam event tersebut juga akan menampilkan section festival ala-ala Jepang “Bukansai” pada tanggal 1 sampai 10 September 2023 mendatang.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.