Foto: Redaksi KAORI

POCO, brand smartphone yang selalu membawanya gebrakan di pasar smartphone tanah air tidak pernah berhenti menginspirasi anak muda untuk terus berani beraksi. Sebagai bagian dari perayaan 5 tahun kesuksesan POCO mendobrak dan mengguncang skena smartphone global, pada bulan Agustus ini POCO menggelar POCO Carnival yang menghadirkan banyak banget aktivitas yang nggak boleh terlewat oleh anak muda. Salah satu yang nggak boleh terlewatkan adalah Go LOCO for POCO, sebuah showcase yang ngasih unjuk kegokilan POCO selama 5 tahun belakangan.

Andi Renreng selaku Head of Marketing POCO Indonesia mengatakan,“Dengan semangat #POCOnyaBeraksi! Go LOCO for POCO dapat menjadi inspirasi yang menularkan keberanian kepada anak muda buat beraksi mewujudkan ide-ide gokil yang dimiliki. Dalam POCO Carnival ini, POCO juga menghadirkan berbagai kolaborasi dengan para penggiat subculture, mulai dari skena fashion/apparel, gaming, hingga otomotif, pastinya keren semua! Mana ada brand smartphone lain yang se-gokil POCO!”

Inilah beberapa kolaborasi yang POCO hadirkan ke para POCO Fans di Indonesia yang berjiwa muda di POCO Carnival:

Fashion: POCO x FYC Footwear & POCO x NIION

Produk POCO x FYC Footwear (sneakers) & POCO x NIION (bag). (Foto: Redaksi KAORI)

Kolaborasi superkeren di POCO Carnival ini melahirkan sneaker bernama POCO Young Crew. Punya desain kasual, POCO Young Crew pas banget buat diajak beraksi di atas papan skate, serta tetap fashionable buat dikenakan sehari-hari. Skateboarding sendiri merupakan sebuah subculture yang dekat dengan FYC Footwear. Lewat kolaborasi dengan POCO, sneaker-nya tampil makin keren berkat balutan kombinasi tiga material: suede, corduroy, dan canvas; juga pilihan warna yang lekat dengan semangat muda khas POCO: kuning, hitam, dan satu opsi warna lagi yaitu cokelat.

Tak kalah berani, POCO juga berkolaborasi dengan brand NIION yang hasilnya adalah kolaborasi antara POCO dengan NIION terciptalah sling bag kece POCO NALA, yang pas banget buat menemani aktivitas anak muda dinamis, serta tas mungil POCO RUNA buat menyimpan gadget seperti smartphone. Seperti kita pahami, smartphone sudah jadi perangkat – sekaligus aksesori – wajib zaman modern, sehingga kehadiran fashion item yang satu ini begitu esensial.

Esports: POCO x AURA Esports

Co-Founder and Director of AURA Esports, Daniel Santoso menceritakan kerjasama antara POCO dan AURA Esports sampai saat ini masih berjalan. (Foto: Redaksi KAORI)

Bareng tim AURA Esports, POCO menggali potensi anak muda Indonesia dengan menggelar AURA x POCO Pro Hunt 2023 buat mencari kandidat pro-player Mobile Legends Bang Bang (MLBB). Peserta memperoleh coaching clinic untuk mempersiapkan diri menghadapi turnamen Pro Hunt Program, dan para pemenang berhak berkompetisi di Pro League sebagai pro-player Mobile Legends bersama Aura Esports. Asyik banget! Nggak ketinggalan, dalam ajang ini ada event eksklusif berupa meet & greet dengan tim AURA FIRE.

Kolaborasi antara POCO dan AURA Esports juga menghasilkan produk fashionwear yang keren untuk penikmat esports. (Foto: Redaksi KAORI)

Tidak hanya kolaborasi untuk timnya, hasil dari kolaborasi keduanya juga menciptakan hasil yang bisa dinikmati oleh anak muda terutama fans esports seperti streetwear yang bisa dipakai buat bergaya apalagi jika penikmat brand POCO yang juga fans AURA Esports, produk streetwear-nya yang dikeluarkan juga tidak boleh dilewatkan.

POCO x Bang Fayad

Bang Fayad selaku coach sebuah tim di game Free Fire ternyata menyukai brand POCO sejak Pocophone F1. (Foto: Redaksi KAORI)

Melihat potensi para pemain esports Indonesia, POCO bersama Super Coach game Free Fire, Muslih Wahyudi Rachman atau biasa akrab disapa Bang Fayad menghelat POCO Extreme League 2023 dan coaching clinic di 6 kota Indonesia, yakni Solo, Semarang, Lampung, Banjarmasin, Manado, dan Ambon. MVP dari tiap kota kemudian diundang ke Jakarta buat dilatih dan mendapat treatment layaknya seorang pro-player. Termasuk memperoleh jersey tim hingga smartphone POCO sebagai gaming gear sehari-hari mereka.

Otomotif : POCO x Rainbow Moto Builder

Inilah hasil kolaborasi bukan main dari POCO dan Rainbow Moto Builder yang merestorasi Yamaha RX-KING menjadi ala Cyberpunk. (Foto: Redaksi KAORI)

POCO men-challenge salah satu builder motor di Indonesia, Rainbow Moto Builder untuk menciptakan sepeda motor yang menggambarkan salah satu hape POCO seri X yang bakal dirilis. Motor Yamaha RX-King dipilih sebagai ‘bahan’ untuk direstorasi sekaligus dikustomisasi, dengan 90% part baru dan orisinal, pastinya. Untuk knalpot, menggunakan model kolong produksi RNBW Exhaust. Hasilnya adalah sebuah sepeda motor bernama Robotrex-5, dengan gaya futuristik yang cool abis!

“POCO percaya anak muda punya segudang ide kreatif, gokil, yang mesti diwujudkan – nggak cuma tersimpan di kepala atau dalam catatan-catatan di hape belaka. Dan kolaborasi-kolaborasi ini juga sekaligus merupakan bukti kalau POCO nggak cuma sekedar menjual teknologi, tapi terus konsisten mendekatkan diri dan nge-blend menjadi satu bagian kehidupan dengan berbagai komunitas subculture di Indonesia,” tambah Bung Andi.

Sebagai trendsetting lifestyle technology brand yang nggak cuma memenuhi kebutuhan teknologi anak muda tapi juga merepresentasikan personality-nya, kegokilan POCO selama 5 tahun terakhir nampak nyata pada pencapaian penjualan POCO di Indonesia. Dimulai dari POCOPHONE F1 pada tahun 2018, sebuah hape mid-range yang punya spek kelas flagship dengan harga ekstrem. Sang debutan ini sukses berat dan habis terjual pada 10 detik pertama penjualan perdananya, dan menjadi penanda dimulainya era POCO di anak muda.

Kesuksesan POCOPHONE F1 diteruskan oleh generasi-generasi berikutnya. Sebut saja POCO M3 Series yang berhasil terjual 50 ribu unit hanya dalam waktu 5 menit setelah peluncuran. POCO X3 NFC yang terjual 15 ribu unit juga dalam waktu 5 menit, serta POCO F3 dan POCO X3 Pro yang berhasil mencatatkan 25 ribu unit penjualan dalam periode penjualan perdana. Kesuksesan tersebut diikuti POCO F4 Series dengan peningkatan penjualan hingga 314% lebih tinggi daripada seri pendahulunya. Bahkan di tahun 2023 ini, smartphone teranyar POCO F5 berhasil terjual lebih dari 10 ribu unit hanya dalam 24 jam.

Abee Hakim selaku Product PR Manager POCO Indonesia berharap POCO juga bisa masuk ke pasar wibu dan pop culture. (Foto: Redaksi KAORI)

Menurut Abee Hakim selaku Product PR Manager POCO Indonesia mengatakan untuk ke depannya tidak hanya menyasar ke pasar anak muda dan gamers saja yang menjadi pasar POCO di Indonesia, tapi juga akan menyasar ke wibu penikmat anime, pop culture hingga penggemar vtuber setelah POCO sebelumnya pernah merilis POCO M3 Pro 5G Nijisanji Edition hingga POCO Buds Pro x Genshin Impact.

Thanks buat POCO Fans di Indonesia, semoga dengan adanya POCO di tanah air selama 5 tahun menjadi sebuah warna tersendiri di pasar smartphone yang sedang ramai-ramainya.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.