© COVER Corp.

hololive production, perusahaan hiburan virtual yang terkenal dengan para VTubernya telah menyusun pembaharuan Panduan Karya Turunan mereka untuk memberikan panduan kepada penggemar dalam menggunakan konten resmi mereka sebagai dasar pembuatan karya turunan. Dalam panduan ini, hololive production berharap agar penggemar dapat menikmati konten resmi mereka dalam berbagai bentuk dengan rasa aman.

Panduan Karya Turunan ini memberikan definisi yang jelas tentang apa yang dianggap sebagai karya turunan. Menurut panduan ini, karya turunan adalah karya cipta yang dihasilkan oleh penggemar dengan menggunakan konten resmi hololive production sebagai dasarnya. Namun, penting untuk dicatat bahwa penggunaan konten resmi tanpa melakukan modifikasi atau penambahan unsur kreativitas tidak dianggap sebagai karya turunan menurut panduan ini.

Dalam membuat karya turunan, penggemar diminta untuk mematuhi beberapa permintaan. Pertama, penggemar diharapkan untuk memikirkan talent hololive production dan menghindari membuat karya turunan yang dapat membuat mereka merasa tidak nyaman. Hal ini menunjukkan rasa hormat terhadap talent yang menjadi bagian integral dari perusahaan.

Selain itu, panduan juga menetapkan batasan dalam penggunaan karya turunan. Aktivitas karya turunan harus tetap dalam ranah karya fans atau hobi. hololive production mengizinkan penggunaan konten turunan mereka untuk kegiatan jual-beli, seperti doujinshi dan barang-barang di acara atau pasar kreator. Namun, penggunaan konten resmi untuk kegiatan bisnis atau kepentingan badan usaha tidak diizinkan.

Panduan Karya Turunan juga menekankan pentingnya mematuhi hukum dan regulasi yang berlaku. Ini mencakup mematuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku di platform terkait. Dengan mematuhi peraturan ini, penggemar dapat menciptakan karya turunan yang sesuai dengan pedoman yang berlaku.

Panduan ini juga melarang pembuatan karya turunan tertentu. Misalnya, penggemar diminta untuk tidak membuat karya yang disalahartikan sebagai konten resmi hololive production, karya yang melanggar norma sosial dan moral, atau karya yang merusak citra talent, konten resmi, dan perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menjaga reputasi dan integritas hololive production serta melindungi hak cipta pihak ketiga.

Pembaharuan Panduan Karya Turunan
Panduan Karya Turunan hololive production telah diperbaharui hari ini; Rabu, 15 November 2023.https://t.co/WpDVNReBfX

■Isi Pembaharuan
– Menambahkan Panduan Mengenai Karya Gim Video Turunan
– Menambahkan informasi pada Panduan penggunaan…

— hololive Indonesia (@hololive_Id) November 15, 2023

Dalam pembaharuan terkini terharap Panduan Karya Turunan mereka, hololive production memberikan klausul baru atas Panduan Mengenai Karya Gim Video Turunan dan tambahan informasi pada Panduan penggunaan konten musik. Berikut adalah detailnya:

Panduan Mengenai Karya Gim Video Turunan

Pengantar

COVER Corp. (selanjutnya disebut dengan “kami”) telah menyusun panduan mengenai karya “gim video turunan” dengan harapan agar konten kami tersebar dalam bentuk yang lebih beragam (selanjutnya disebut dengan “panduan gim”), serta memperjelas hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengembangkan gim video menggunakan konten kami.

Mohon diperhatikan bahwa selain panduan gim ini, gim video turunan juga harus mematuhi panduan umum perusahaan kami.

Permintaan Kami

Sebagai tambahan “Permintaan Kami” dalam panduan umum, kami mohon untuk mematuhi hal-hal berikut ini saat membuat gim video turunan.
Hanya kreator gim yang tergabung dalam “Game Creator Support Program” yang diperbolehkan membuat gim video turunan atas nama perusahaan atau lingkaran.

    • Ketika menggunakan materi (termasuk dan tidak terbatas pada fon, gambar, ilustrasi, musik latar, musik, tekstur, kode sumber, dsb) dari situs materi atau pihak ketiga dalam mengembangkan gim video turunan, Anda harus mematuhi ketentuan penggunaan untuk penjualan dan distribusi materi-materi tersebut. Harap dipahami bahwa kami tidak akan menanggapi pertanyaan mengenai interpretasi terhadap ketentuan penggunaan, dll.
    • Pastikan tidak melanggar hak cipta, hak milik, dan hak pihak ketiga lainnya, meskipun materi yang digunakan adalah karya buatan sendiri.

Mengenai Game Creator Support Program

Agar dapat berkreasi bersama dengan penggemar dan kreator di seluruh dunia, kami menawarkan Game Creator Support Program, yaitu sebuah program yang bertujuan untuk menyediakan ekosistem dalam mendukung aktivitas berkelanjutan bagi kreator gim video turunan dan menciptakan peluang untuk menghadirkan beragam gim video kepada lebih banyak penggemar.

  • Dengan bergabung ke “Game Creator Support Program”, gim video turunan akan dipublikasikan di Steam dengan menggunakan jenama “holo Indie”. Apabila Anda tertarik dan ingin memanfaatkan program ini, silakan mendaftar pada formulir yang sudah kami sediakan.
  • Apabila ingin mendistribusikan dan menjadikan gim video turunan Anda sebagai konten berbayar, pastikan Anda telah mendaftarkan diri ke Game Creator Support Program.
  • Harap dipahami bahwa gim video turunan yang dipublikasi di bawah Game Creator Support Program dapat dimonetisasi talent perusahaan kami ketika streaming di berbagai platform.

Lain-lain

Bagian “Lain-lain” dalam panduan umum berlaku mutatis mutandis.

Kami memercayakan CCMC Corp. dalam memublikasi, menyaring, mengelola, serta melakukan tugas-tugas administratif lainnya untuk akun Steam dan situs rujukan.

Sebelum dipublikasi, gim video turunan akan disaring terlebih dahulu dan ada kemungkinan untuk ditolak. Harap dipahami bahwa kami tidak akan menanggapi pertanyaan mengenai status penyaringan, hasil penyaringan, alasan penolakan publikasi, dan hal-hal lainnya.

Meskipun sudah dipublikasikan, publikasi gim video dapat ditarik tanpa pemberitahuan jika CCMC Corp. atau kami menganggap ada isi yang tidak pantas.

Rincian lainnya akan dijelaskan dalam formulir pendaftaran atau melalui komunikasi terpisah dengan CCMC Corp.

Panduan penggunaan konten musik

Pengantar

COVER Corp. (selanjutnya disebut dengan “kami”) telah menyusun panduan untuk penggunaan konten musik (selanjutnya disebut dengan “panduan musik”) ini dengan harapan semakin banyak penggemar yang bisa menggunakan konten musik dari kami (selanjutnya disebut dengan “musik kami”) dalam rasa yang aman.

Musik yang termasuk dalam panduan ini

Lagu-lagu original talent hololive production yang bisa ditemukan di berbagai platform distribusi musik. (selanjutnya disebut dengan “musik yang dapat digunakan” Daftar lagu yang tertera di lampiran di bawah tidak termasuk dalam panduan ini.

Karya turunan musik

Kami memperbolehkan cover lagu, adaptasi, remix dari musik yang dapat digunakan (selanjutnya, akan disebut dengan “cover lagu” untuk lagu, atau “karya turunan musik” untuk adaptasi dan remix).

  • Menurut kami karya turunan adalah karya cipta yang dihasilkan dari paduan kreativitas dan ide fans yang menggunakan konten musik kami sebagai dasarnya. Menggunakan konten musik kami apa adanya, atau tanpa melakukan modifikasi dan penambahan unsur kreativitas, tidak termasuk sebagai karya turunan sehingga tidak termasuk dalam lingkup panduan musik dan panduan umum.
  • Kami memperbolehkan musik kami untuk dimainkan oleh DJ, terlepas dari peraturan yang disebut di atas. Tetapi jika anda melakukan streaming dan/atau mengunggah di YouTube, atau platform distribusi video lainnya, maka karya turunan musik Anda mungkin akan terdeteksi oleh kami lewat sistem Content ID.
  • Selebihnya, kami tidak memperbolehkan pencabutan/pemisahan suara vokal talent kami dari lagu-lagu kami untuk digunakan dalam speech generation, dan kami tidak menganggapnya sebagai karya turunan.

Penggunaan musik yang dapat digunakan

  • Kami memperbolehkan anda mengunggah karya turunan musik di YouTube, Niconico, dan juga situs penyebaran video lainnya, serta SoundCloud dan juga situs penyebaran musik lainnya (selanjutnya akan disebut sebagai “situs penyebaran”)
  • Kami tidak akan melaksanakan hak cipta, dan juga hak-hak terkait konten musik kami, sehubungan dengan penciptaan atau pengunggahan karya turunan dari musik kami selama karya tersebut mematuhi panduan musik.
  • Kami tidak ikut campur dalam penggunaan partner program atau creator program yang ada di situs-situs penyebaran, dan pendapatan monetisasi termasuk pendapatan iklan yang terkumpul dari karya turunan tersebut. Tetapi kami melarang pendaftaran karya turunan musik kami menggunakan Content ID atau sistem identifikasi otomatis lainnya, sebagai karya buatan anda.

Dimohon menulis teks credit seperti contoh di bawah ini. Perhatikan cara penulisan nama lagu dan nama penyanyi untuk lagu-lagu dari perusahaan kami:

【Contoh】

Judul Lagu: Shiny Smily Story

Nama Artist: hololive IDOL PROJECT

Kamu dapat mengunduh source file dari musik kami untuk keperluan cover lagu, atau tujuan karya turunan lainnya, melalui halaman piapro kami (URL: https://piapro.jp/hololive ). Ketika menggunakan source file tersebut, Anda tidak diperbolehkan untuk memonetisasinya. Akan tetapi, untuk situs berbagi seperti YouTube dan Tiktok, Anda tidak dilarang memonetisasi saat menggunakan lagu-lagu dari pustaka terdaftar kami.

Jika kamu memainkan musiknya sebagai DJ dan/atau mengunggah karya turunan musik kami di situs penyebaran video/musik, pastikan apakah menurut ketentuan situs penyebaran yang bersangkutan biaya-biaya penggunaan hak cipta musik telah diurus dan dibayarkan sebagaimana mestinya. Jika ada prosedur dan pembayaran yang masih harus diselesaikan mengenai penggunaan hak cipta musik, harap diselesaikan dengan seksama.

Aktivitas selain membagikan di situs berbagi, seperti merekam dan menjual karya musik turunan dalam bentuk CD, piringan hitam, atau media fisik lainnya, serta mendistribusikan melalui layanan streaming musik, tidak tercakup dalam panduan penggunaan konten musik. Kami mohon agar permintaan penggunaan tersebut dikonfirmasi secara langsung ke perwakilan penerbit.

Playlist

Karya turunan musik yang diposting di situs penyebaran dapat dimasukan ke dalam playlist kanal resmi hololive setelah didaftarkan melalui formulir berikut. Harap diperhatikan bahwa kami dapat menghapus karya turunan musik yang ditambahkan dari playlist tanpa memberi tahu penciptanya karena perubahan tema playlist atau alasan lain.

Penggunaan dalam konten resmi

Karya turunan musik yang diposting di situs penyebaran dapat digunakan dalam program dan siaran di kanal Hololive Productions kami maupun konten lain yang terkait dengan perusahaan kami setelah didaftarkan melalui formulir yang tersedia. Kami akan menghubungi penciptanya sebelum menggunakan karya turunan musik tersebut. Harap diperhatikan bahwa kami dapat menghapus entri Anda jika ditemukan pelanggaran panduan atau persyaratan aplikasi atau keadaan lain di kemudian hari.

Permintaan Kami

Sebagai tambahan “Permintaan Kami” dalam panduan umum, kami mohon untuk mematuhi hal-hal berikut ini saat menggunakan konten musik.

  • Kami mohon untuk memikirkan talent kami saat membuat karya turunan musik, dan menahan diri untuk membuat karya turunan yang dapat mereka anggap tidak nyaman.
  • Kami mohon untuk membatasi aktivitas kreasi karya turunan musik Anda dalam batas karya fans atau ranah hobi. Kami tidak mengizinkan penggunaan konten kami untuk aktivitas bisnis yang bertujuan mendapatkan keuntungan komersial, atau digunakan untuk kepentingan badan usaha.
  • Walaupun Anda adalah anggota sebuah perusahaan, Anda dipersilakan untuk membuat karya turunan musik, termasuk “cover lagu” (atau dikenal juga sebagai “cover song” atau “utatte mita”) selama Anda mematuhi panduan musik ini.
  • Kami mohon untuk mematuhi hukum dan regulasi yang berlaku, termasuk ketentuan dan peraturan menyangkut platform terkait.
  • Kami mohon untuk menahan diri untuk membuat karya turunan yang termasuk pada kategori berikut:
      • Karya yang disalahartikan dan/atau dapat disalah artikan sebagai konten resmi kami
      • Karya yang mengandung unsur penyimpangan sosial dan moral, atau melanggar apa yang bisa diterima oleh masyarakat
      • Karya yang mengandung ideologi, kepercayaan, agama dan, pesan politik tertentu
      • Karya yang dapat merusak citra talent, konten resmi, dan perusahaan kami
      • Karya yang merusak kehormatan dan martabat, serta melanggar hak cipta pihak ketiga
      • Karya lainnya yang dianggap tidak pantas oleh kami

Lain-lain

Bagian “Lain-lain” dalam panduan umum berlaku mutatis mutandis.

Lampiranーlagu yang tercantum di lampiran berikut TIDAK TERMASUK dalam lingkup panduan ini

Tokino Sora/Dreaming!(All Track)

Tokino Sora/My Loving(All Track)

Tokino Sora/ON STAGE!(All Track)

hololive IDOL PROJECT/Kirameki Rider☆

Sakura Miko&Houshou Marine&AZKi/POPPIN’ KISS(All Track)

Minato Aqua・Oozora Subaru・Usada Pekora/Hacha-Mecha Miracle

Mori Calliope/Ibasho

Minato Aqua/KAISOU RESSHA

Hoshimachi Suisei/SelfishDazzling

Hanasaki Miyabi/Kaikasengen

Kazama Iroha/IrohaStep!

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.