Pada hari Minggu tanggal 12 November 2023, telah diselenggarakan sebuah event jejepangan di Universitas Kadiri atau UNISKA Kediri oleh salah satu komunitas Jejepangan terbesar di Kediri yang bernama Ckai. Ckai sendiri merupakan sebuah acara kompetisi hobi Cosplay dalam bentuk Coswalk atau peragaan kreasi kostum dan makeup dari sebuah karakter/tokoh film/animasi/game/anime yang diharapkan akan terus ada setiap tahun.

Di acara kali ini Ckai mengangkat tema “CAVALRY (Ksatria Berkuda)” yang bukan hanya mengusung pada kompetisi Cosplay saja, namun juga kompetisi tarik suara dan pengenalan komunitas hobi dari area Kediri dan sekitarnya. Melalui ajang ini diharapkan para peserta dan audience bukan hanya dapat menyalurkan hobi dan idenya menjadi sebuah prestasi, namun juga dapat menghasilkan nilai jual dari produk yang dibuat. Dan juga dirangkap dengan Ckai Little Anniversary.

Acara dibuka pada pagi yang sangat cerah pada pukul 09.00 oleh dua MC kondang Abel & Triqqy, yang kemudian dilanjutkan dengan lomba J-song yang berlangsung hingga waktu menunjukkan pukul 12.00. setelah lomba J-song selesai dengan lancar, acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan ISHOMA yang berdurasi 30 menit.

Setelah ISHOMA berakhir, panggung CAVALRY diisi oleh berbagai macam Band Wibu lokal yang membuat antusias penonton jadi tambah meriah. Beberapa diantara Band tersebut terdiri dari H-Five, Rosevelt, JRC, SEZAKU, dan Amphitrite. Penampilan dari band-band tersebut mampu membuat seluruh GOR ikut berjoget di bawah alunan musik-musik anime yang sangat khas seperti soundtrack anime Naruto yang berjudul Silhouette dan berbagai macam lagu dari anime lainnya.

Acara dilanjutkan dengan parade Coswalk, ada puluhan peserta yang berpartisipasi dalam parade Coswalk di event CAVALRY kali ini. CAVALRY juga mendatangkan 2 juri Cosplay jempolan. Mereka mengundang Anggoro peraih Best Cosplay Solo TGS 2023 & Ucik Nyoq yang merupakan designer Cosplay ternama di Kediri.

Tepat setelah parade Coswalk berlangsung, Hujan deras tiba-tiba turun mengguyur kota Kediri pada pukul 16.00 WIB. Namun hujan tersebut tidak menjadi penghalang kemeriahan event CAVALRY. Justru semakin sore acara menjadi semakin meriah dengan penampilan dari Band Little Black Cherie, Kawaii Super, dan salah satu dance cover JKT48 asal Kediri yaitu EG48.

Meskipun sempat diguyur hujan, acara CAVALRY tetap meriah dan berjalan dengan lancar hingga akhir. Penulis mewakili Tim KAORI Nusantara untuk mengucapkan selamat ulang tahun Ckai CAVALRY yang ke 2, semoga semakin berjaya dalam mengembangkan keterampilan bercosplay untuk generasi mendatang di karesidenan Kediri.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.