UniPin sebagai perusahaan penyedia layanan hiburan digital terkemuka di Indonesia kembali menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung setiap gerakan dan kampanye kesetaraan gender, terutama di bidang esports. Kali ini, UniPin berkolaborasi dengan TikTok pada kampanye #WomenInGaming dengan merilis sebuah video roundtable talk pada 14 November kemarin di kanal YouTube UniPin Gaming.

Seperti yang sudah kita ketahui, esports dan gaming adalah industri didominasi oleh laki-laki. Kendati demikian, ternyata banyak perempuan yang berperan besar di industri ini, hingga menjadi sama terkenalnya dengan para laki-laki di esports.

Hadir sebagai panelis adalah perempuan-perempuan yang aktif di industri esports yaitu Adin seorang kreator sekaligus jurnalis esports, BTR Babyla seorang pemain profesional di skena ladies, Jessica Jelly seorang profesional shoutcaster, Fanny Tjandra seorang kreator konten, dan Debora Imanuella selaku Global SVP Community dari UniPin.

Kelima perempuan ini membagikan pandangan mereka selaku perempuan yang aktif di industri esports dan gaming, mulai dari perjalanan mereka berkenalan dengan game hingga pencapaian saat ini. Diskriminasi dan tantangan yang dihadapi tak membuat mereka undur diri. BTR Babyla contohnya, ia terus mendobrak batasan hingga keluar menjadi juara di berbagai turnamen yang diikutinya.

Sementara Fanny dan Adin memilih jalur lain dengan menggali ide untuk menghasilkan konten-konten berkualitas, menunjukkan bahwa mereka sebagai perempuan juga dapat bersaing di industri gaming sebagai kreator konten.

Di sisi lain, Jelly sebagai seorang shoutcaster bercerita tentang profesinya yang semula tidak diminati oleh para perempuan. Namun kini, semakin banyak perempuan yang percaya diri untuk berkarier sebagai shoutcaster seperti Jelly. Terakhir ada Debora, seorang advokat perempuan dan pemimpin di industri gaming dan esports, memaparkan pencapaiannya sebagai seorang perempuan sekaligus memberi semangat bagi para perempuan lainnya untuk dapat berprestasi setinggi-tingginya.

Diskusi yang berlangsung selama 45 menit ini berisi keluh kesah hingga solusi dan inspirasi bagi para penontonnya. Untuk mengikuti keseruan diskusi mereka lebih jauh, tonton video lengkapnya di kanal YouTube UniPin Gaming:

#WomenInGaming sendiri adalah kampanye dari TikTok untuk merayakan para perempuan yang berperan baik di depan maupun di belakang layar; menceritakan pengaruh mereka dalam pertumbuhan masif gaming dan esports di Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi UniPin yang selalu ingin memberi kesempatan pada para perempuan untuk punya tempat yang sama dengan laki-laki di industri ini.

Beberapa upaya yang telah dilakukan UniPin adalah melalui turnamen-turnamen khusus perempuan seperti UniPin Ladies Series, kampanye-kampanye dan turnamen pada perayaan Hari Kartini, inisiasi kegiatan GameHers, dan masih banyak lainnya, termasuk di dalamnya dukungan terhadap kampanye #WomenInGaming.

Debora Imanuella menjelaskan bahwa dirinya bersama UniPin mendukung penuh kegiatan-kegiatan emansipasi wanita di bidang esports.

“Kampanye #WomenInGaming dari TikTok adalah sebuah inisiatif yang sangat baik, dan UniPin ingin terus mendukung gerakan ini agar seluruh gamers perempuan tahu bahwa mereka punya tempat yang sama, dan mereka juga dapat berkarya seluas-luasnya. UniPin dan TikTok menyediakan ruang aman bagi seluruh gamers perempuan dan komunitasnya untuk saling berbagi, bertukar ide, dan berkolaborasi dalam menghasilkan sebuah karya yang berdampak,” ujarnya.

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.