© POT (Yoshihiro Togashi) 1998 - 2011 © VAP · Nippon TV · Shueisha

Yoshihiro Togashi sang komikus Hunter X Hunter mengungkapkan bahwa ia telah merancang empat skenario untuk mengakhiri komik yang telah berjalan lama tersebut. Ia kemudian menyebutkan bahwa skenario yang keempat dapat dianggap sebagai akhir jika ia meninggal sebelum menyelesaikan komik tersebut. Togashi sendiri saat ini berusia 57 tahun, dan memiliki kesehatan yang cukup buruk sehingga komiknya seringkali mengalami hiatus.

Skenario keempat yang disebut sebagai “ending D” ini bersettingkan di masa depan, bertahun-tahun kemudian. Dikisahkan seorang gadis bernama Gin menangkap ikan besar saat memancing di kolam, seperti pada awal manga. Gin dengan bangga membawa ikan tersebut kepada ibunya dan memutuskan bahwa ia tidak akan menjadi hunter. Hal ini mengecewakan kedua orang tuanya. Gin kemudian mengungkapkan alasannya, yaitu karena kakeknya, Gon, sering meninggalkan istrinya sendirian di rumah karena petualangannya sebagai seorang hunter terkenal. Gin bertekad untuk tidak pernah meninggalkan pulau tersebut dan selalu berada di samping seseorang.

Togashi berharap bahwa ia dapat memikirkan akhir yang memuaskan sehingga tidak perlu menggunakan keempat skenario tersebut, yang diyakininya akan mendapatkan tanggapan beragam dari para fans. Ia memperkirakan bahwa sebagian besar pembaca akan bereaksi positif terhadap “ending A”, terbagi rata pada “ending B”, dan sebagian besar negatif terhadap “ending C”. Meskipun Togashi tahu bahwa “ending C” akan mendapat banyak kritik dari penggemar, ia secara pribadi lebih memilih akhir tersebut.

Komik Hunter X Hunter ini memang tengah dalam masa hiatus kembali sejak awal tahun 2023 lalu. Kala itu pihak Weekly Shonen Jump telah berbicara dengan Yoshihiro Togashi mengenai kondisi kesehatannya. Yoshihiro Togashi sendiri memang sudah lama menderita sakit punggung yang cukup parah hingga membuat dirinya harus sering menunda pengembangan HunterXHunter. Hal ini membuat perkembangan komiknya tersendat-sendat dan seringkali mengalami hiatus. Atas kondisi ini, baik Weekly Shonen Jump maupun Yoshihiro Togashi sepakat akan merubah format penerbitan komik HunterXHunter tidak lagi terbit mingguan. Akan seperti apa format penerbitan terbarunya, berikut kapan kiranya chapter selanjutnya akan dirilis baru akan diumumkan kemudian. Meskipun begitu, mereka memastikan bahwa Yoshihiro Togashi akan terus berkomitmen menulis chapter-chapter selanjutnya, dan para editor akan selalu mendukungnya hingga komik ini berakhir.

Ditulis oleh Yoshihiro Togashi, Hunter X Hunter adalah sebuah komik petualangan fantasy yang bercerita mengenai Hunter. Sebuah profesi khusus yang bergerak dalam bidang-bidang yang tidak biasa. Menceritakan petualangan Gon, seorang bocah yang mencari Ayahnya yang sebelumnya disangka sudah meninggal namun ternyata masih hidup sebagai seorang Hunter.

Pertama kali diserialisasikan pada tahun 1998, komik ini telah diangkat menjadi anime sebanyak 2 kali di mana versi pertamanya sempat ditayangkan di Indonesia melalui stasiun televisi TV7 (kini TRANS7). Adapun komiknya sendiri telah diterbitkan melalui penerbit Elex Media Komputindo.

Di Jepang sendiri, komik ini memang cukup sering mengalami hiatus akibat kondisi kesehatan Yoshihiro Togashi. Kemudian dengan cukup lamanya komik ini mengalami hiatus, beberapa penerbit di Jepang secara sepihak sempat menyatakan bahwa komik ini telah “berakhir“.

| Sumber

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.