© ISMAIL SUKRIBO/KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Ahmad Faisal Ismail alias Ismail Sukribo (47), komikus di balik komik strip Sukribo di koran Kompas Minggu, dikabarkan telah tutup usia pada Minggu (26/11/2023) dini hari di Yogyakarta. Ismail dikenal sebagai komikus yang mampu menyampaikan kritik sosial dan politik secara cerdas dalam gaya yang jenaka.

Sukribo merupakan komik strip yang mengisi halaman kartun di harian Kompas setiap Minggu sejak September 2003 hingga Desember 2022. Sukribo sendiri merupakan komik strip sebanyak 4 panel yang berisi mengenai kritik maupun satir akan situasi terkini, yang kisahnya dituturkan oleh sosok karakter berambut kribo bernama Sukribo.

© ISMAIL SUKRIBO/KOMPAS

Kepergian Ismail dirasakan menjadi kehilangan bagi dunia komik Tanah Air, khususnya di Yogyakarta, tempatnya tumbuh dan berkarya. Ismail Sukribo sudah dimakamkan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, pada Minggu siang. Jenazah almarhum dibawa dari rumah duka di Desa Tridadi, Kabupaten Sleman, DIY, menuju pemakaman di Desa Ketitang, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (26/11/2023).

Oleh rekan-rekannya sesama seniman, almarhum dikenal sebagai sosok yang memiliki sikap kritis dan tahu banyak hal soal isu-isu sosial politik. Gaya menggambarnya juga dianggap memiliki kekhasan berupa kombinasi gestur garis tebal dan tipis dengan disertai unsur dekoratif juga. Almarhum juga juga tak segan melakukan riset lapangan terlebih dulu, di mana ia kerap kali bepergian ke berbagai pelosok Indonesia untuk melihat fakta-fakta dan berdiskusi langsung dengan masyarakat.

KAORI Nusantara mengucapkan turut berbelasungkawa atas kepergian Ahmad Faisal Ismail alias Ismail Sukribo. Semoga segala amalnya dapat diterima di sisinya, diampuni dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan. Dan semoga segala karyanya akan selalu dikenang tak lekang oleh waktu.

| Sumber

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.