Bertepatan dengan Hari Anak Internasional, perusahaan ritel globalasal Jepang, UNIQLO mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis untuk lebih dari 100 anak di SOS Children’s Villages, organisasi sosial non-profit yang memberikan pengasuhan alternatif bagi anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan orang tua serta memberikan penguatan bagi keluarga rentan yang berlokasi Cibubur, Jawa Barat.

Kegiatan ini mencakup berbagai pemeriksaan kesehatan termasuk pemeriksaan gigi dan penilaian pertumbuhan kelompok usia dari balita hingga remaja seperti pengukuran tinggi dan berat badan dengan dukungan dari grup rumah sakit swasta; Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI). Kegiatan yang pertama kali dilakukan ini melibatkan 24 karyawan UNIQLO yang bergabung sebagai sukarelawan dalam acara khusus yang berlangsung pada 25 November 2023 yang lalu. Hal ini dilakukan sebagai komitmen berkelanjutan UNIQLO kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, fasilitas pemeriksaan klinis seperti pengecekan tekanan darah dan gula darah juga dihadirkan bagi para ibu dan tante asuh yang menjadi garda terdepan dan sangat berperan dalam mendidik, mengasuh serta membesarkan anak-anak di SOS Children’s Village. Anak-anak tersebut disiapkan untuk bisa menjadi pribadi yang mandiri dan tangguh agar bisa beraktivitas seperti anak-anak lain saat berada di tengah masyarakat seperti salah satu anak dari SOS Children’s Village yang telah mandiri kini menjadi salah satu karyawan disabilitas yang bekerja di toko UNIQLO Gandaria City, Jakarta.

1 dari 2

Tak hanya itu, UNIQLO juga memberikan lokakarya kriya (eco pound) menggunakan eco bag UNIQLO untuk anak-anak yang berusia awal remaja hingga remaja serta menghadirkan story telling bertema “The Power of Clothing” untuk anak-anak yang berusia lebih kecil.

Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT. Fast Retailing Indonesia (UNIQLO) menyampaikan, “Kami sangat antusias untuk hadir di sini dan bisa memberikan sesuatu kepada masyarakat khususnya anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan sangat perlu perhatian khusus. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada SOS Children’s Village yang telah membantu kami dalam kegiatan ini serta dedikasinya dalam memberikan pendidikan dan pengasuhan yang berkualitas bagi anak-anak tersebut. Dengan adanya kolaborasi seperti ini yang seiring dengan komitmen kami untuk meningkatkan kualitas hidup banyak orang, kami harap inisiatif ini bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat.”

RS Pondok Indah Group menyambut baik kerja sama dengan UNIQLO Indonesia sebagai upaya untuk berkontribusi secara bermakna terhadap kesejahteraan anak-anak Indonesia. Hal ini disampaikan oleh dr. Yanwar Hadiyanto, MARS selaku Chief Executive Officer (CEO) RS Pondok Indah Group di acara tersebut. “RS Pondok Indah Group berupaya untuk dapat terus meningkatkan kesehatan anak selaku generasi penerus bangsa. Masih dalam pekan International Children’s Day, kami merangkul semangat kekeluargaan, kepedulian, dan persatuan SOS Children’s Village Indonesia, untuk bersama memastikan kesehatan anak-anak, dimulai dari pemantauan pertumbuhan hingga pemeriksaan gigi dan mulut. Kedua pemeriksaan ini menjadi prioritas guna memastikan anak terhindar dari risiko stunting dan sebagai langkah preventif dari beragam gangguan kesehatan lainnya demi menyongsong masa depan lebih cerah.”

Menanggapi kegiatan ini, Sumanda Tondang selaku Director of Fund Development and Communication SOS Children’s Villages menyampaikan, ”Suatu kebahagiaan untuk kami di akhir pekan ini menerima kunjungan spesial dari UNIQLO. Tak hanya berkunjung, namun UNIQLO juga memberikan perhatiannya bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak kami di SOS Children’s Villages. Terima kasih atas dukungan yang diberikan dan senyum yang diukir di wajah anak-anak kami dalam rangkaian kegiatan hari ini. SOS Children’s Villages selalu membuka pintu kami bagi para pihak yang ingin memberikan dampak positif bagi anak-anak Indonesia. Semoga di kemudian hari, SOS Children’s Villages dan UNIQLO terus bisa berkolaborasi mewujudkan pemenuhan hak-hak bagi anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan orang tua.”

Sejak pertama kali hadir di Indonesia 10 tahun yang lalu, UNIQLO berkomitmen untuk menyediakan tempat yang aman bagi masyarakat dari berbagai latar belakang agar mereka dapat mengembangkan diri dan berkontribusi pada masyarakat luas. Beberapa inisiatif yang telah dilakukan UNIQLO termasuk secara aktif merekrut penyandang disabilitas untuk bekerja di toko-toko UNIQLO di seluruh Indonesia, menyumbangkan bantuan pakaian darurat ke kamp-kamp pengungsian dan daerah bencana dengan berkoordinasi dengan UNHCR (badan PBB untuk pengungsi), dan memberikan ruang bagi UKM lokal untuk diapresiasi oleh lebih banyak orang melalui program UNIQLO NEIGHBORHOOD COLLABORATION di toko-toko UNIQLO.

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.