Masih ingat dengan Acara Spektakuler Benteng Takeshi? Acara Game Show asal Jepang yang legendaris dan spektakuler ini sebagaimana telah diberitakan sebelumnya kini hadir kembali versi terbarunya. Dengan judul Fukkatsu! Fuun! Takeshi-jo, atau “Return of Takeshi’s Castle,” cersi terbarunya ini sudah bisa ditonton 2023 mendatang melalui Amazon Prime Video, termasuk di Indonesia.

Bagi yang berlangganan Amazon Prime Video, tersedia pula fitur dubbing berbahasa Indonesia bagi yang menontonnya di Amazon Prime Indonesia. Yang menarik, dubbing Indonesia dari Benteng Takeshi versi baru ini digarap oleh salah seorang konten kreator online kenamaan, Fluxcup, dan melibatkan sejumlah seleb terkenal untuk mendubbingnya. Namun di balik nama-nama tersebut, terdapat seorang seiyu kawakan yang mendampingi Fluxcup dalam menggarap dubbing Indonesia dari Benteng Takeshi Versi baru ini, yakni Harjayah Hermano.

Harjayah Hermano atau Hermano Suryadi yang mendampingi Fluxcup sebagai asisten sutradara dubbing Benteng Takeshi versi baru ini bukanlah seiyu sembarangan. Seiyu jebolan Sanggar Prathivi ini memang seiyu yang sudah malang melintang di industri pengisian suara dan dubbing sejak era keemasan sandiwara radio. Ia tercatat sering langganan mendubbing sejumlah film-film Studio Ghibli yang tayang di Netflix, atau bahkan film-film Netflix versi dubbing bahasa Indonesia lainnya. Seiyu yang menyuarakan RM. Soerjo dalam Battle of Surabaya, dan juga turut menjadi seiyu dalam Detektif Conan yang tayang di NET ini juga benyak mendubbing sejumlah seri-seri anime yang tauang di Netflix seperti Pluto, Record of Ragnarok, Romantic Killer, hingga BASTARD!! -Heavy Metal Dark Fantasy. Kemudian ia juga mendubbing Monkey D. Garp dalam live action One Piece hingga sosok Palpatine dalam film-film Star Wars.

Acara Spektakuler Benteng Takeshi, atau Takeshi’s Castle adalah sebuah acara game show asal Jepang yang ditayangkan di Jepang dari tahun 1986 hingga 1990. Dalam acara ini, peserta yang berasal dari masyarakat akan berpartisipasi dalam mangka menaklukkan benteng yang dikuasai oleh Yang Mulia Kaisar Beat Takeshi. Adapun dalam rangka menaklukkan benteng tersebut, para peserta akan dihadapkan dalam berbagai rintangan. Di Indonesia sendiri acara ini sempat ditayangkan beberapa tahun yang lalu, dan beberapa saat yang lalu, stasiun televisi MNC TV juga sempat membuat Takeshi’s Castle versi Indonesia.

Dalam acara versi terbaru ini, pihak produser menjanjikan berbagai tantangan yang lebih heboh dan tidak kalah serunya dengan versi acara klasiknya dahulu.

Oh ya, tak lupa Harjayah Hermano juga tak jarang turut menyumbangkan suaranya dalam sejumlah game seperti Apex Legends Mobile. Mari mengenal beberapa peran-peran yang pernah dimainkan oleh Harjayah Herman:

One Piece Live Action sebagai Monkey D. Garp

Detektif Conan: The Culprit Hanzawa sebagai Keniji, Manajer Episode 7 & Satoru

Record of Ragnarok sebagai Adamas & Sumbha

Romantic Killer sebagai Ayah Anzu

BASTARD!! -Heavy Metal, Dark Fantasy- sebagai Efreet & Raja Meta-llicana

Laputa: Castle in the Sky sebagai Charles, Jendral Mouro, Motro, & Operator Kereta

Princess Mononoke sebagai Moro & Gonza

Star Wars: The Rise of Skywalker sebagai Palpatine

Takarajima sebagai Long John Silver

The Cat Returs sebagai Raja Kucing

Lupin III- Bank of Liberty sebagai Rasputon

Ikuti juga terus anime Detektif Conan di NET karena suaranya terkadang muncul dalam episode-episode yang ada.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.