Comic Frontier (Comifuro), ajang pameran kreatif yang diadakan dalam dua kali setahun kembali hadir pada tanggal 16-17 Desember 2023. Pada gelaran kali ini, Comifuro 17 bertempat di Hall 7-10 ICE BSD, Pagedangan, Tangerang. Selama dua hari, acara ini menjadi wadah tempat bertemunya para pegiat karya kreatif dan komunitas pop kultur.

Dihadiri Lebih dari 1.000 Circle Kreator Doujinshi!

Kepadatan area Comic Market Comifuro 16 day 2 (Foto: Razif K)

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2012, Comifuro menyediakan wadah ekspresi untuk para kreator Doujinshi. Dalam event ke-17 ini, ada lebih dari 1.000 (seribu) kreator Doujinshi baik perorangan maupun grup.

Apa itu Doujinshi?

Doujinshi sendiri adalah istilah bahasa Jepang yang mengacu kepada “karya yang diterbitkan sendiri (secara independen)”. Umumnya para Doujinshi Artist membuat karya secara kolektif dalam grup yang disebut sebagai Circle. Adanya kesamaan minat terhadap suatu jenis karya menjadi motivasi pendorong berkumpulnya para Circle yang berpartisipasi di acara ini.

Cari Khilafan Makin Gampang dengan Web Catalog

Karya yang dibuat oleh para Circle ini juga cukup beragam. Mulai dari komik, ilustrasi, novel, musik, virtual content, hingga game dan animasi semua bisa ditemukan di acara ini. Sebagian besar Circle yang tergabung terlibat dalam pembuatan karya derivatif dari suatu fandom tertentu. Namun tidak sedikit juga yang membuat karya dari IP (Intellectual Property) orisinil mereka masing-masing. Daftar para Circle Doujinshi dan jenis karya yang dibuat dirangkum dalam Web Catalog yang bisa diakses melalui tautan catalog.comifuro.net. 

Pembelian Tiket Secara Online

Untuk masuk ke Comifuro 17, pengunjung harus memiliki tiket terlebih dahulu yang bisa dibeli secara online. Harga tiket masuk dijual sebesar Rp65.000 (belum termasuk biaya platform dan biaya transaksi). Tiket bisa dibeli melalui platform Ticket 2 U dengan mengakses tautan berikut: http://t2u.asia/e/33451 

Pengunjung disarankan melakukan pembelian tiket sebelum hadir ke venue. Pada saat acara berlangsung tidak ada pembelian tiket secara langsung. Seluruh pembelian tiket dilakukan secara online melalui Ticket 2 U hingga acara berakhir dan selama persediaan masih ada. Setelah melakukan pembelian, harap simpan QR Code dengan mengunduh secara offline untuk mempermudah proses penukaran tiket di hari acara.

Makin Luas, Kini Diadakan di Hall 7 hingga Hall 10 ICE BSD!

Pada event Comifuro 17 ini area yang digunakan berjumlah 4 (empat) hall mulai dari Hall 7 hingga Hall 10. Pengunjung akan diarahkan masuk melalui pintu Pre-Function Hall 10 menuju ke dalam venue. Setelah masuk ke dalam venue, pengunjung bisa bebas berkunjung Hall 10 hingga Hall 7 tanpa ada pembatas di masing-masing hall.

Area Corporate Booth dan Komunitas

Foto: Tanto D

Hall 10 akan menjadi area untuk Corporate Booth dan tempat komunitas pop kultur berkumpul. Ada berbagai perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif terlibat untuk hadir di acara ini. Mulai dari studio kreatif, toko hobi, hingga publisher dan developer video game dari dalam negeri berpartisipasi dalam Corporate Booth.

Foto: Razif K.

Selain mengunjungi pameran kreatif dari para Corporate Booth, pengunjung juga bisa bertemu dengan para komunitas di Hall 10. Beragam komunitas ikut berpartisipasi di acara ini mulai dari komunitas komik, game, hingga komunitas pengamat transportasi.

Area Circle Market

Foto: Razif K.

Setelah melewati Hall 10, pengunjung bisa memasuki area utama yaitu Circle Market di Hall 8-9. Di sinilah tempat lebih dari 1.000 Circle Doujinshi hadir untuk menampilkan karya kreatif mereka. Kegiatan transaksi di area ini berlangsung pada jam 09:30 hingga 18:00 WIB. Demi menjaga keamanan dan kenyamanan, pengunjung tidak diperbolehkan berkumpul hingga menutupi jalan di area ini. Peraturan ini berlaku juga untuk Cosplayer yang dilarang melakukan sesi pemotretan Cosplay di area ini.

Area Main Stage

Foto: Keinda D.A.

Comifuro 17 juga menyediakan Main Stage yang menampilkan berbagai acara. Pengunjung akan dihibur dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah diskusi panel yang menjadi wadah diskursus terbuka bagi para pegiat pop kultur dengan berbagai topik menarik. Para kreator di bidang musik, komik, game, hingga animasi juga akan tampil menjadi bintang tamu di panggung ini.

Area Khusus Cosplay

Untuk mewadahi kegiatan cosplay, Comifuro 17 menyediakan area khusus Cosplay. Area ini berada di berbagai tempat mulai dari Loading Dock Hall 7-9, Pre-function area, dan area taman ICE BSD. Area ini disediakan sebagai ruang ekspresi bagi para Cosplayer yang lebih leluasa. Diharapkan dengan area khusus ini kegiatan Cosplayer tidak terganggu oleh kegiatan lain yang ada di dalam hall.

Fasilitas Ruang Ganti

Comifuro 17 mendukung kegiatan cosplayer dengan menyiapkan fasilitas tambahan. Fasilitas seperti Ruang Ganti bisa digunakan oleh semua pengunjung termasuk Cosplayer. Ada 2 (dua) Ruang Ganti yang tersedia yaitu di Loading Dock Hall 9 dan di dekat Main Stage. Ruang Ganti bisa digunakan dengan biaya tambahan sebesar Rp10.000.

Fasilitas penitipan barang

Kesibukan staf di depan booth penitipan barang (Foto: Keinda D.A.)

Penitipan Barang tersedia di berbagai lokasi yaitu di Loading Dock Hall 9, dekat Main Stage dan loket Hall 8. Pengunjung dikenakan biaya Rp10.000 untuk penitipan barang berukuran tas ransel. Sedangkan untuk barang berukuran besar seperti koper dikenakan biaya sebesar Rp20.000.

Tambahan Fasilitas Penunjang Lainnya

Selain menambahkan fasilitas untuk kegiatan cosplay, Comifuro 17 juga menyediakan fasilitas tambahan untuk pengunjung umum. Beberapa fasilitas tambahan yang disiapkan adalah toilet tambahan, mushola, serta Shuttle Bus.

Toilet Tambahan

Selain beberapa toilet yang tersedia di dalam Hall, Comifuro 17 juga menambahkan toilet tambahan. Fasilitas toilet tambahan ini ada di berbagai lokasi seperti di Loading Dock Area dan juga dekat pintu masuk Hall 8.

Mushola

Bagi para pengunjung yang membutuhkan Mushola, Comic Frontier 17 menyediakan 2 Mushola umum yang bisa digunakan. Kedua mushola ini berada di Loading Dock Hall 9 serta di dekat pintu masuk Hall 8.

Meja Informasi

Foto: Kevin W

Selain itu, di Comifuro 17 juga disediakan Meja Informasi yang tersebar di beberapa titik venue. Bagi partisipan yang membutuhkan bantuan panitia bisa mengunjungi Meja Informasi di berbagai titik. Meja Informasi ini juga bisa menjadi tempat pelaporan Lost and Found selama acara berlangsung.

Shuttle Bus

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, Comic Frontier 17 menyediakan Shuttle Bus. Rute Shuttle Bus ini beroperasi dari Skybridge Terminal Intermoda, Cisauk menuju ICE BSD. Fasilitas ini bisa digunakan secara gratis oleh seluruh partisipan. Jadwal perjalanan Shuttle Bus akan diatur mengikuti jadwal kedatangan KRL di stasiun Cisauk.

Siapkan Perbekalan yang Cukup

Salah satu booth makanan di Comifuro 15 yang siap meredakan perut keroncongan ketika di TKP (Foto: Tanto D)

Selama acara Comifuro 17 berlangsung, seluruh partisipan dihimbau untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Kebutuhan perbekalan pribadi seperti obat-obatan, serta bekal makan dan minuman boleh dibawa masuk ke area acara. Untuk menghadapi kondisi cuaca ekstrim, partisipan juga dihimbau membawa payung atau jas hujan. 

Bagi pengunjung yang membutuhkan bantuan medis, tersedia ruang medis dan ambulans. Ruang medis berada di area Loading Dock 9 dan area loket Hall 9. Sedangkan ambulans disediakan di area Loading Dock dan di dekat pintu masuk Hall 9.

Sekilas Tentang Comic Frontier 

Comic Frontier merupakan perhelatan pasar kreatif yang telah diselenggarakan sejak 2012. Ketika pertama kali diselenggarakan Comic Frontier hanya menampung 35 lingkar kreatif untuk bergabung. Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comic Frontier telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator dalam satu acara. 

Perhelatan ini diselenggarakan dengan harapan agar Comic Frontier bisa menjadi sebuah acara yang memberikan ruang baru kebebasan berekspresi dalam industri kreatif tanpa adanya batasan stigma dari masyarakat. Comic Frontier juga diharapkan mampu menjadi penggerak industri kreatif Indonesia dengan menghimpun berbagai kalangan mulai dari kreator independen, komunitas, hingga kreator profesional.

E-mail: [email protected]
Website: comifuro.net
Facebook: facebook.com/comifuro
Twitter: twitter.com/comifuro
Instagram: instagram.com/comifuro
Discord: Comic Frontier Square –  https://discord.com/servers/comic-frontier-square-414798501625724949 

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.