Setelah sukses di event perdana sebelumnya di Mal Lembuswana, Event Organizer yang baru saja terbentuk di tahun 2023 ini yakni Fortaine kini sudah mulai meluaskan acara mereka. Setelah berhasil dalam membuat event Perwibuan seperti Tsunami -Tsuki no Matsuri di Mal Lembuswana dan Event Hurricane di Mal Samarinda Square beberapa waktu lalu, kini Fortaine pun mencoba untuk bereksprimen di event selanjutnya dengan membuat sebuah acara Event Perwibuan yang nantinya juga akan digabung dengan acara K-Pop dan juga E-Sport.

Poster Asian Collab 1 dari Fortaine, kolaborasi event K-Pop and Cosplay di Mal Samarinda Square

Event baru tersebut bernama Asian Collab yang diadakan di Mal Samarinda Square (Robinson) pada tanggal 10 November sampai 12 November 2023. Sesuai dengan nama eventnya Asian Collab, tentu saja di event kali ini kita tidak cuman dihibur dengan menampilkan acara cosplay/coswalk saja, tapi juga dengan penampilan K-Pop Dance Cover yang ikut berkolaborasi dengan komunitas cosplayer di Kota Samarinda.

1 dari 5

Berbeda dengan beberapa event yang diadakan di Mal Samarinda Square seperti contohnya Medika Vaganza yang sering mengadakan acaranya secara outdoor, event Asian Collab ini justru diadakan secara Indoor di dalam Malnya sendiri. Di event Fortaine sebelumnya, Hurricane sebenarnya juga pernah mengadakan acara mereka secara indoor. Bedanya kali ini di Asian Collab diadakan tepat di lantai utama dekat pintu masuk, sedangkan di event sebelumnya diadakan tepat di lantai 3 yang berdekatan dengan bioskop XXI.

Asian Collab juga mengadakan lomba sampingan seperti lomba Free Fire di tanggal 10 November 2023

Sama seperti di event Hurricane sebelumnya, Fortaine juga mengadakan lomba sampingan yakni berupa acara E-Sport yang kini juga menjadi salah satu lomba andalan mereka. Kalau di event sebelumnya ada lomba Mobile Legends, di event Asian Collab kali ini Fortaine membuka perlombaan E-Sport untuk game Free Fire Tournament. Lomba atau turnamen ini diadakan pada tanggal 10 November 2023 sebelum acara utama Asian Collab dimulai pada 11 dan 12 November. Turnamen Free Fire ini mempunyai hadiah prize pool sebesar Rp. 1.500.000 dengan biaya pendaftaran Rp. 70.000 dengan slot team hingga 36 tim berkompetisi.

1 dari 6

Acara utama dari event Asian Collab ini tentu saja adalah acara lomba K-Pop dance cover dan acara lomba cosplay yang diadakan pada Sabtu 11 November dan Minggu 12 November 2023. Lomba Dance Cover diadakan lebih dulu di tanggal 11 November yang masing-masing peserta harus tampil secara individu ataupun kelompok untuk menampilkan aksi mereka berdansa ala ala Boyband ataupun Girlband grup Korea Selatan.

1 dari 4

Uniknya, di event ini meskipun mengadakan acara ala Korea Selatan tapi ada juga beberapa Cosplayer yang datang bahkan ada juga yang ikut lomba dengan masih memakai kostum dan aksesoris mereka di atas panggung. Dan semakin banyak komunitas cosplayer berdatangan pada tanggal 12 November yang merupakan acara lomba cosplay diadakan. Sama seperti di event cosplay pada umumnya, event ini diikuti oleh setiap peserta cosplayer mulai dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa yang sudah pengalaman dengan hobi cosplay ini.

1 dari 4

Event semakin tambah menarik dengan adanya special dance performers yang juga dilakukan oleh cosplayer itu sendiri. Rata-rata mereka melakukan aksi dance tersebut dengan memakai lagu-lagu K-Pop.

1 dari 4
Penampilan special perform dari grup dance cover Haruna

Event Asian Collab juga tambah meriah dengan hadirnya sebuah grup idol lokal bernama Haruna Dance Cover Group (@_Harunai_) yang juga mengisi acara performance di atas panggung utama. Mereka tampil dengan mendance covers lagu tema dari grup idola terkenal dari JKT48 seperti lagu “Aikatta (Dengan Mu)” dan lagu JKT48 populer lainnya.

Event ini sebenarnya juga memiliki booth merchandise, cuman sayangnya booth-booth itu justru jauh dari panggung utama. Dan booth merchandise itu justru berada bersamaan dengan bazaar street food yang ada di outdoor Mal tersebut. Beberapa booth yang ikut ambil dalam event tersebut ialah booth Luna Shop Merchadise (@luna.shoppu) dan Booth Merchandise dari Komunitas Love Live Samarinda (@lovelive_samarinda).

Meskipun tidak memiliki tempat spot foto, akan tetapi untuk di Mal Samarinda Square ini, lantai dua dari Mal tersebut (bersebelahan dengan Ramayana dan Informa) dekat area bekas jualan gadget aksesoris HP kadang sering digunakan untuk menjadi tempat spot untuk ajang foto-foto para Cosplayer. Di lantai ini juga sering digunakan sebagai tempat berkumpulnya setiap komunitas Cosplayer, salah satu contohnya ialah komunitas TokuFans Kaltim (@tokufanskaltim) yang selalu tidak pernah absen di setiap event Perwibuan di Kalimantan Timur. Meskipun kehadiran anggota komunitas Tokufans di dalam event Asian Collab ini cukup kecil.

1 dari 3
Sukses dengan event Asian Collab pertama, Fortaine pun sampai kembali mengadakan event Asian Collab 2 di tgl 9 dan 10 Desember 2023

Event Asian Collab telah menjadi salah satu event besar yang paling sukses yang pernah dibuat oleh Fortaine selama ini sejak pertama kali muncul dengan event perdananya di Tsuki no Matsuri (TSUNAMI) beberapa waktu lalu. Karena begitu besar antusiasme K-Popers dan Wibuners akan acara ini, Fortaine pun sampai kembali membuat acara event ini untuk kedua kalinya dalam Asian Collab 2 yang diadakan 9-10 Desember 2023 dan masih diadakan di tempat yang sama di Mal Samarinda Square yang beralamat di Jalan Letjend S.Parman ini. Tapi untuk event Asian Collab 2 kali ini lebih diadakan secara outdoor dekat pasar streetfood dibanding event Asian Collab sebelumnya.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.