©Hideaki Sorachi/Shueisha, TV Tokyo, Dentsu, BNP, Aniplex

Masih ingat dengan kabar mengenai Gintama yang “batal” tamat karena hadirnya sebuah anime spesial? Setelah lama tak ada kabarnya, akhirnya proyek anime yang berjudul 3-Nen Z-Gumi Ginpachi-Sensei (Class 3-Z’s Teacher Ginpachi) tersebut telah dipastikan untuk ditayangkan di TV Tokyo pada tahun 2025 mendatang. Di lain pihak, sebuah film layar terbaru Gintama juga baru saja tayang di Jepang pada bulan November lalu.

#ジャンプフェスタ 2024】

ジャンプスーパーステージ BLUE『銀魂』
ご覧いただきありがとうございました✨

アニメ『3年Z組銀八先生』は
テレ東ほかにて2025年放送予定となります❗

さらに原作20周年記念展の実施も決定!
#銀魂20周年 プロジェクト」今後の展開もお見逃しなく!!#gintama pic.twitter.com/ggyNn6TKT7

— アニメ銀魂 (@gintamamovie) December 17, 2023

3-Nen Z-Gumi Ginpachi-Sensei (Class 3-Z’s Teacher Ginpachi) ini merupakan sebuah “parodi” yang bersettingkan di SMA Gintama, dengan Ginpachi Sakata yang bertindak sebagai tokoh utamanya. Novel ini pertama kali terbit pada tahun 2006, dan sempat diaaptasi menjadi sejumlah anime pendek di sejumlah episode-episode anime Gintama.

Gintama adalah komik karya Hideaki Sorachi yang telah terbit di Jepang sejak tahun 2003, dan kemudian diadaptasi menjadi serial anime pada tahun 2006 oleh studio Sunrise (kini ditangani Studio BNP). Komik ini juga telah diadaptasi menjadi film live-action, di mana film live-action pertamanya telah diputar di bioskop Jepang pada bulan Juli serta di Indonesia pada bulan Agustus 2017, sementara itu film keduanya dirilis di Indonesia pada Oktober 2018. Adapun musim pertama dari serial animenya sendiri juga sempat diputar di Indonesia melalui saluran televisi Indosiar pada tahun 2011 lalu.

Serial Gintama ini berlatar di Kota Edo yang tengah dijajah oleh pasukan alien yang disebut Amanto. Tersebutlah seorang Samurai bernama Gintoki Sakata yang bekerja serabutan bersama kawan-kawannya, Kagura dan Shinpachi. Dengan cerita yang terasa agak antah-berantah dan juga “nyeleneh”, hal-hal jenaka, seru dan mendebarkan apakah yang akan dialami Gintoki dan kawan-kawannya di Kota Edo? Ikuti kisah Gintoki dan kawan-kawannya dalam Gintama, baik dalam bentuk komik, maupun serial anime, hingga film live action! Film layar lebar Gintama The Final juga turut diadaptasi menjadi novel.

Tentu saja terlepas dari proyek anime spesial ini, Gintama sendiri sudah lama berakhir dan sejauh ini tidak ada rencana untuk menghidupkan kembali seri ini, kecuali proyek anime spesial 3-Nen Z-Gumi Ginpachi-Sensei (Class 3-Z’s Teacher Ginpachi) dan juga film layar lebar 2D Baragaki Arc.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.