Sumber Foto: Youtube KMCI CHANNEL

Rudi Sukistiyono bin Djoki Soekiswadji, atau Ruddy Bonham, salah satu seiyu kawakan dilaporkan telah tutup usia. Ia menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Minggu tanggal 24 Desember 2023. Almarhum sebelumnya sempat dilarikan ke rumah sakit setelah sempat tidak sadarkan diri pada hari Jumat, 22 Desember 2023.

Rudi Sukistiyono lahir pada lahir 10 Juni 1976. Ia memulai debutnya sebagai seorang seiyu sejak tahun 2000, dan banyak menjalani karir awalnya sebagai seiyu bersama Indosiar, di mana ia mendubbing banyak film-film yang tayang di Indosiar pada masanya, seperti anime, tokusatsu, hingga drama Korea.

Beberapa peran almarhum Rudi Sukistiyono yang monumental adalah sebgai Ichigo Kurosaki dalam anime Bleach hingga Takumi Fujiwara dalam anime Initial D. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, almarhum memang menjalani karir-karir awalnya bersama Indosiar, sehingga banyak ia banyak mendubbing anime-anime hingga tokusatsu dan drama Korea yang tayang di Indosiar pada era 2000an.

Hingga akhir hidupnya, ia juga masih aktif mendubbing untuk studio Erfas, karenanya suaranya banyak muncul dalam seri-seri tokusatsu yang tayang di RTV, seperti Shadow Moon di Masked Rider Black, hingga Aruto Hiden di Kamen Rider Zero-One. Almarhum juga merupakan orang Indonesia keempat yang mendubbing Spongebob, di mana ia mendubbing Spongebob pada musim ketujuh dan kesembilan dari SpongeBob SquarePants.

KAORI Nusantara turut berbelasungkawa atas kepergian Rudi Sukistiyono bin Djoki Soekiswadji, atau Ruddy Bonham. Semoga segala amalnya dapat diterima di sisinya, diampuni dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan.

| Courtesy of KMCI

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.