Novel ringanHonzuki no Gekokujo” atau dikenal juga sebagai “Ascendance of a Bookworm” adalah karya penulis Miya Kazuki. Berlatar di dunia fantasi, cerita ini mengikuti kehidupan seorang gadis bernama Urano, yang terlahir kembali dalam tubuh seorang anak perempuan bernama Myne di dunia baru. Dengan cintanya pada buku dan keinginannya untuk membaca, Urano berusaha mengatasi tantangan di dunia barunya yang kurang memiliki literasi. Novel ini menyajikan petualangan yang menggugah, dengan sentuhan elemen isekai dan fokus pada kecintaan terhadap pengetahuan.

Secara umum, dalam novel ringan “Honzuki no Gekokujo,” sistem perekonomian mencakup aspek-aspek seperti perdagangan barang, pertanian, dan kerja sama antar karakter dalam dunia fantasi yang kompleks. Fokus utamanya adalah pada karakter utama, Myne, yang berusaha memahami dan memanfaatkan sistem ini untuk mencapai tujuannya dalam menciptakan perubahan positif di dunia sekitarnya.

1. Honzuki no Gekokujō ~Shisho ni Naru Tame ni wa Shudan wo Erandeiraremasen~

Novel ringan ini menampilkan dunia fantasi dengan elemen perekonomian yang unik. Di dalamnya, ada beberapa elemen yang menarik untuk dilakukannya analisa dan interpretasi. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Sistem Barter:

Dunia di novelnya menampilkan sistem barter yang kuat, di mana barang dan jasa ditukar langsung tanpa menggunakan mata uang. Hasilnya adalah hal ini menciptakan ketergantungan pada pertukaran barang yang mungkin memengaruhi stabilitas ekonomi.

  1. Nilai Buku dan Pengetahuan:

Karakter utama memiliki kecintaan terhadap buku dan pengetahuan. Dalam konteks ekonomi, pengetahuan dianggap sebagai aset berharga, dan kemampuan untuk memperoleh atau membagikan pengetahuan dapat memberikan keuntungan ekonomi.

  1. Sistem Kelas dan Strata Sosial:

Ada struktur sosial yang kuat, dan strata sosial memainkan peran penting dalam ekonomi. Hasilnya adalah beberapa kelompok masyarakat mungkin memiliki akses lebih baik ke sumber daya ekonomi, sementara yang lain mungkin mengalami kesulitan.

  1. Pengaruh Guild dan Kerajinan:

Guild (persatuan pengrajin) memiliki peran dalam mengatur kegiatan ekonomi terkait kerajinan dan perdagangan. Ini menciptakan hubungan antara pengrajin, pengusaha, berikut konsumen.

  1. Perubahan Teknologi dan Perdagangan:

Seiring berjalannya waktu, umumnya perubahan teknologi dan kemajuan dalam perdagangan memainkan peran penting dalam pengembangan ekonomi. Pengenalan teknologi baru dan ekspansi perdagangan dapat mengubah lanskap ekonomi.

©Miya Kazuki・TO Books/Ascendance of a Bookworm Production Committee

Dalam novel ringan “Honzuki no Gekokujo,” sistem perekonomian umumnya cenderung berfokus pada kerajinan tangan dan perdagangan. Karakter utama, Myne, memanfaatkan pengetahuannya untuk meningkatkan produksi buku dan mengubah dinamika perekonomian di dunia tersebut. Pergeseran ini menciptakan peluang baru dan memengaruhi hubungan antar-karakter dalam konteks ekonomi lokal

Latar belakang ekonomi dalam novel ini membentuk dasar cerita dengan menekankan perdagangan, kepemilikan tanah, dan industri tulis-menulis. Myne, yang memiliki pengetahuan modern tentang buku, berusaha mengubah masyarakat yang jarang memiliki buku. Sistem ekonomi dalam cerita memainkan peran penting dalam pengembangan karakter dan alur cerita seputar upaya Myne untuk mengubah dunia sekitarnya, terutama terkait dengan perpustakaan dan perdagangan buku.

Pertama, kita dapat melihat bahwa lapisan sosial sangat berpengaruh dalam sistem perekonomian dalam cerita ini. Ada kelas-kelas sosial yang jelas terbagi, dan setiap kelas memiliki akses terbatas terhadap sumber daya ekonomi. Ini menciptakan ketidaksetaraan yang menjadi tantangan bagi tokoh utama, Myne, yang harus beradaptasi dengan keterbatasan tersebut.

Kedua, perdagangan dan produksi barang juga menjadi elemen penting dalam sistem perekonomian. Myne, yang memiliki pengetahuan modern tentang pembuatan buku, mencoba memanfaatkan keahliannya untuk memperbaiki kehidupannya di dunia tersebut. Proses produksi dan perdagangan buku-buku tersebut membentuk bagian integral dari ekonomi di dalam cerita.

Mata Uang dan Sistem Moneter

Selain itu, mata uang dan sistem moneter juga turut memainkan peran penting. Myne harus memahami nilai uang dan berbagai jenis mata uang yang berlaku di dunianya. Hal ini menciptakan dinamika ekonomi yang menarik, di mana tokoh utama harus cerdas dalam mengelola sumber daya keuangannya.

Dalam novel ringan “Honzuki no Gekokujo,” penulis menyajikan sistem perekonomian sebagai elemen penting dalam memahami dunia fantasi yang kompleks. Penulis menonjolkan bagaimana karakter utama, Myne, harus beradaptasi dengan dinamika ekonomi yang berbeda di dunianya yang baru. Pemahaman tentang nilai dan perdagangan menjadi kunci bagi Myne untuk mencapai tujuannya. Dengan demikian, sistem perekonomian menjadi landasan bagi perkembangan karakter dan plot dalam cerita ini.

Honzuki no Gekokujo menawarkan pengalaman unik dalam menggali tema ekonomi melalui cerita yang penuh imajinasi. Dengan latar dunia yang terfokus pada kehidupan sehari-hari seorang wanita yang terlempar ke dunia lain, kita dapat merenung tentang bagaimana faktor ekonomi memengaruhi kehidupan seorang individu di tengah tantangan dan kesulitan. Melalui perjalanan karakter utama, pembaca dapat menemukan hubungan antara kebijakan ekonomi, struktur sosial, dan bagaimana hal tersebut membentuk kehidupan seorang protagonis yang berusaha untuk memajukan dirinya di tengah keterbatasan sumber daya. Dengan menyelami narasi ini, kita dapat meresapi betapa pentingnya pengelolaan sumber daya dan dinamika ekonomi dalam membentuk cerita pribadi maupun kolektif.

Referensi:

  • Kazuki, Miya. “Honzuki no Gekokujo” (Ascendance of a Bookworm).[Shōsetsuka ni Narō], [September 2013 – Maret 2017].
  • Acemoglu, Daron, and James A. Robinson. “Why Nations Fail: The Origins of Power, Prosperity, and Poverty.” [20 Maret 2014].
  • Polanyi, Karl. “The Great Transformation: The Political and Economic Origins of Our Time.” [1944].

| Oleh Dimas Satria dari Universitas Andalas

Artikel ini adalah pendapat pribadi dari sang penulis dan tidak berarti merefleksikan kebijakan maupun pandangan KAORI Nusantara.

KAORI Nusantara membuka kesempatan bagi pembaca untuk menulis opini tentang dunia anime dan industri kreatif Indonesia. Opini ditulis minimal 500-1000 kata dalam bahasa Indonesia/Inggris dan kirim ke [email protected]

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.