SpongeBob SquarePants merupakan salah satu serial yang cukup populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kisah dari sponge kuning periang rekaan Nickleodeon ini telah cukup lama tayang di Indonesia, awalnya di saluran televisi Lativi (kini TV One), hingga akhirnya pindah di Global TV (sekarang GTV), dan masih tayang hingga saat ini.

Dalam sejarah penayangan SpongeBob di Indonesia, setidaknya sudah ada sejumlah seiyu yang pernah mendubbing sang sponge kuning pembuat Krabby Patty yang lezat tersebut ke dalam bahasa Indonesia. Mari mengenal mereka semua:

Nanang Niskalla

Nanang Niskalla merupakan orang Indonesia pertama yang pernah mendubbing SpongeBob ke dalam bahasa Indonesia. Seiyu Subaru Okiya di anime Detektif Conan mungkin tidak terlalu terkenal di banding pasaa seiyu SpongeBob lainnya, karena karirnya mendubbing SpongeBob di episode-episode awal di zaman Lativi saja, bahkan mungkin tidak sampai 7 episode. Karenanya tidak banyak yang tahu kalau ia pernah mendubbing sang sponge kuning, bahkan merupakan yang pertama.

Santosa Amin

Setelah Nanang Niskalla hengkang dalam waktu yang cukup singkat, perannya digantikan oleh Santosa Amin. Seiyu Suneo di anime Doraemon bisa dibilang merupakan salah satu yang terlama mendubbing sang sponge kuning. Karena ia mendubbing hampir seluruh episode SpongeBob selama tayang di Lativi. Setelah serial ini pindah tayang ke Global TV, ia digantikan oleh Ade Bibier Kurniawan. Namun ia sempat kembali menggantikan Ade Bibier Kurniawan sejak season kelima, dan terus bermain hingga season ketujuh. Bisa dibilang ialah satu-satunya seiyu yang mendubbing si sponge kuning di 2 TV sekaligus.

Ade Bibier Kurniawan

Ade Bibier Kurniawan merupakan seiyu SpongeBob yang paling terkenal di Indonesia. Ia mendubbing sang sponge kuning sejak serialnya pindah tayang dari Lativi ke Global TV, dan terus mendubbing si sponge kuning hingga season kelima. Popularitasnya dalam mendubbing sang sponge kuning bahkan membuatnya beberapa kali kembali mendubbing lagi sang sponge kuning dalam sejumlah seri-seri khusus yang tayang di plaform streaming online, bahkan mendubbing sang sponge kuning dalam gim The Cosmic Shake.

Rudi Sukistiyono

Mendiang Rudi Sukistiyono menggantikan Santosa Amin mendubbing SpongeBob sejak season ketujuh. Ia terus memerankan sang sponge kuning hingga pertengahan season 9. Banyak kalangan menyebut bahwa SpongeBob versi suaranya adalah yang paling mirip dengan suara versi aslinya oleh Tom Kenny. Rudi Sukistiyono tutup usia pada 24 Desember 2023.

Ahmad Zulkifli Lubis

Mendiang Ahmad Zulkifli Lubis atau Iphie Lubis menjadi orang Indonesia kelima, sekaligus terkini yang menjadi seiyu SpongeBob. Ia menggantikan Rudi Sukistiyono sejak season 9 hingga 12. Sayangnya ia tutup usia pada 17 Februari 2022, dan belum jelas siapa yang akan menggantikannya. Selama hidupnya, ia juga pernah mendubbing The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water.

Muhammad Arash Balthazar

Mungkin banyak yang belum mengenal nama Muhammad Arash Balthazar. Ia adalah seiyu cilik yang sudah memulai karirnya di tahun 2020 sejak masih muda, dan sudah banyak mendubbing berbagai film, umumnya mendubbing peran anak-anak. Pada film Sponge on the Run yang tayang di Nickleodeon, ya mendubbing SpongeBob saat masih anak-anak. Hal ini mengingat terkadang Netflix memiliki kebijakan kalau karakter anak kecil harus didubbing anak kecil sungguhan. Karenanya Arash, panggilan akrabnya, banyak mendubbing peran-peran anak kecil di Netflix.

Berikut adalah para seiyu yang mendubbing SpongeBob ke dalam bahasa Indonesia. Sepeninggal Ahmad Zulkifli Lubis sayangnya masih belum jelas siapa penggantinya yang kini memerankan SpongeBob, meski ada yang menyebutkan bahwa Ade Bibier Kurniawan kini kembali memerankan sang sponge kuning periang tersebut.

Di antara seiyu-seiyu di atas, siapakah seiyu SpongeBob terfavorit #Kaoreaders? Salurkan pendapatmu di komentar ya!

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.