Seiring makin berkembangnya era digitalisasi di berbagai sektor industri, PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) memprediksi di tahun 2024 ini akan semakin banyak perusahaan membutuhkan jasa Metrodata grup dalam melakukan transformasi digital menuju Industy 4.0.

Dikutip dari laman IBM, Industry 4.0 identik dengan manufaktur cerdas, Industri 4.0 adalah realisasi transformasi digital di lapangan yang menyediakan data untuk pengambilan keputusan secara real-time, peningkatan produktivitas, fleksibilitas dan kelincahan.*)

Sedangkan mengutip dari laman Forbes, revolusi industri generasi keempat bisa diartikan sebagai adanya ikut campur sebuah sistem cerdas dan otomasi dalam industri. Hal ini digerakkan oleh data melalui teknologi machine learning dan Artificial Intelligence (AI).**)

Teknologi yang menyertai penerapan ke arah Industry 4.0 selain AI tentunya juga adalah Internet of Things (IoT), serta penerapan cloud computing dengan cyber security multi layer yang mumpuni dengan didasari oleh kolaborasi antara IT (informasi teknologi) dan OT (Operasional Teknologi) kelas dunia.

Metrodata yang berdiri sejak tahun 1975 dan merupakan perusahaan ICT (Informasi, komunikasi dan teknologi) terbesar di Indonesia telah banyak membantu banyak perusahaan mengadopsi penerapan teknologi paling muhtakhir dari sisi perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), penerapan Solusi dan Konsultasi IT serta penyediaan tenaga kerja bidang IT yang terupdate dengan teknologi terbaru.

Sepanjang 2023 lalu, melalui berbagai partisipasi aktif dalam berbagai event teknologi strategis multi sektor, emiten Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Digital khususnya di bidang Solusi dan Konsultasi Digital serta Distribusi Digital ini makin mengokohkan posisinya sebagai pionir sekaligus pemain utama dalam industri teknologi, komunikasi dan informasi (ICT) di Indonesia.

”Pengalaman Perseroan yang kuat dan beragam dalam dunia ICT hingga saat ini memiliki ratusan mitra penyedia ICT global dunia serta lebih dari 100 brand produk ICT membuat tim Metrodata memiliki pengetahuan terdepan dalam hal penerapan transformasi digital bagi perusahaanperusahaan di Indonesia dalam menuju Industry 4.0. Hal ini tercermin dari keterlibatan aktif MTDL dalam beberapa rangkaian acara strategis multi sektor untuk pengembangan ekosistem ekonomi digital yang berkelanjutan di Indonesia di sepanjang tahun 2023 guna pengembangan bisnis distribusi serta kolaborasi dalam menunjang bisnis solusi dan konsultasi kami,” ujar Susanto Djaja, Presiden Direktur MTDL.

Bukan hanya berpartisipasi dan memberikan dukungan, Metrodata juga aktif berinisiatif dalam mengembangkan berbagai kegiatan kolaborasi bersama pemangku kepentingan, dan pelatihan tenaga kerja digital. Selain itu, Metrodata juga melakukan inisisasi dalam percepatan dan adaptasi industri berbasis teknologi. Salah satunya melalui event tahunan Metrodata Solution Day (MSD) yang menjadi barometer tren teknologi yang sedang berkembang di pasar, yang tahun ini

mengusung tema The Power of AI (Artificial Intelligence) in Digital Supremacy Era, berkolaborasi dengan merek-merek TIK ternama, dan telah terlaksana pada tanggal 23 Agustus di Shangri-La Hotels Jakarta.

Sebagai distributor ICT terbesar di Indonesia, baru-baru ini, Metrodata melalui anak perusahaan PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai distributor resmi IBM. Dengan diraihnya kepercayaan tersebut, Perseroan siap untuk mengembangkan AI (artificial intelligent) generatif untuk bisnis dengan menawarkan produk perangkat lunak dan perangkat keras IBM yang komprehensif, termasuk produk advanced server, storage, dan software yang termutakhir untuk memenuhi kebutuhan konsumen bagi sektor pasar komersial di Indonesia.

Selain jalinan kerja sama dengan IBM, tahun ini MTDL juga berhasil menjalin kolaborasi dengan Microsoft dalam menyelenggarakan acara “Microsoft for Startups” pada 16 Maret
Kemudian menyelenggarakan Community Gathering NVIDIA Geforce RTX, dan mengadakan event “Inovasi Teknologi Dan Perlindungan Data Pribadi” bersama Deloitte Konsultan Indonesia di Co-Working Space SMI APL Tower Jakarta pada 23 Mei 2023.

Adapun beberapa kegiatan bentuk dukungan dan partisipasi yang dilakukan Perseroan terkait dengan solusi dan konsultasi digital sepanjang tahun 2023 antara lain Foundry Mixer Vol. 2 pada 12 September 2023, sebuah event yang mempertemukan investor dan pengusaha terkemuka untuk eksplorasi inovasi terbaru. Dalam event ini, Metrodata mendukung penuh upaya transformasi digital pemerintah Indonesia di sektor kesehatan.

Lalu ada Fordigi Summit 2023 yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) tanggal 26-27 September 2023. Dalam kegiatan yang menjadi sarana untuk mendorong para stakeholders untuk berkolaborasi demi tercapainya percepatan transformasi digital BUMN Indonesia, Metrodata berkesempatan memberikan keynote speech yang dilaksanakan oleh Bernardy Suhendra, Head of Data & AI, PT Metrodata Electronics Tbk pada sesi Conference Hall dan Mini Stage.

Bukan hanya menjadi sponsor, pada acara National Cybersecurity Connect (NCC) 2023 pada 25-26 Oktober 2023, Metrodata bahkan mendapatkan pengakuan berupa Appreciation Award as Leading ICT Company. Kegiatan melibatkan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS) ini memberikan informasi dan wawasan terbaru seputar kejahatan dan ancaman siber ini, NCC hadir guna memberikan pembelajaran aktual seputar keamanan siber, digital, IoT, dan juga teknologi terkini.

Di samping itu, Metrodata juga berpartisipasi aktif pada berbagai kegiatan lain seperti event tahunan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), dan asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI), dalam Bulan Fintech Nasional dan Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) yang terlaksana pada 23-24 November 2023. Dalam event ini, Metrodata berharap dapat membangun sinergi dan mendukung inovasi serta perkembangan fintech di Indonesia.

Juga pada even Pasar Digital (PaDi) UMKM Business Matching & Showcase yang digelar Kementerian BUMN pada 14 Desember 2023, Metrodata berpartisipasi pada sesi Speed Dating. Pada sesi ini, Metrodata berkesempatan melakukan seller pitching yang dibawakan oleh Herryanti Herman, Direktur dan Sahrul Kifli, Business Manager dari PT Sinergi Transformasi Digital (salah satu perusahaan dari grup Metrodata).

“Adalah penting bagi Perseroan untuk terus menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan-perusahaan TIK kelas dunia agar supaya dapat menjamin bahwa produk dan layanan yang ditawarkan relevan dengan tren perubahan teknologi yang sangat cepat. Dengan makin kuatnya fondasi digital antar sektor industri dan melihat situasi makroekonomi saat ini, Perusahaan optimis menargetkan pertumbuhan pendapatan dan laba bersih sebesar 10% untuk tahun 2024” tambah Susanto menutup keterangan media di awal 2024 ini.

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.