Foto: Muhammad Dhafin Khomsah | Untuk KAORI Nusantara

Kecelakaan kereta api (KA) yang terjadi pada Jumat (5/1) ini mengejutkan banyak pihak pada awal 2024. kejadian yang melibatkan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya ini menjadi awalan buruk bagi KAI dan Daerah Operasi (DAOP) 2 Bandung.

KAI dan KNKT Menginvestigasi Kecelakaan KA di Bandung

Menurut EVP of Corporate Secretary dari KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji, KAI berupaya untuk memperbaiki jalur KA yang terdampak. KAI juga berusaha untuk mengevakuasi penumpang dan kereta yang mengalami kecelakaan tersebut.

Agus juga mengatakan KAI akan merekayasa pola operasi berupa jalur memutar dan menggunakan angkutan lain. Ia juga mengatakan bahwa KAI akan bekerja sama dengan KNKT untuk menginvestigasi dan menyelidiki penyebab dari kecelakaan ini.

Dan yang terakhir, Agus juga mengucapkan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan akibat kecelakaan KA yang terjadi di Bandung.

KAI Melakukan Pengalihan Jalur KA dan Pembatalan Perjalanan KA yang melintasi Jalur Selatan

Menurut Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih, jalur lintas selatan masih belum bisa dilalui akibat kecelakaan tersebut. Oleh karena itu, dilakukan pola operasi memutar melewati Stasiun Kroya-Purwokerto-Prupuk-Cirebon-Cikampek.

Kereta-kereta yang terdampak adalah antara lain KA Lodaya, KA Argo Wilis, KA Baturraden Ekspres, KA Pasundan, dan KA Kutojaya Selatan.

Apabila penumpang ingin dan akan membatalkan tiket perjalanannya, biayanya akan dikembalikan 100% dari tiket KA tersebut. Selain itu, KAI juga akan memberikan service recovery apabila penumpang mengalami keterlambatan.

Jumlah Penumpang dan Teridentifikasinya Korban Meninggal Dunia

Kejadian pagi tadi mengakibatkan 4 orang meninggal dunia, hal ini sendiri dilaporkan bertambah dari yang sebelumnya 3 orang yang dinyatakan meninggal dunia. Keempat korban tersebut merupakan petugas KAI yang terdiri atas Masinis dan Asisten Masinis dari KA 350 Lokal Bandung Raya dan 1 Pramugara dari KA 65A Turangga dan 1 Security. Pada saat kejadian, terdapat 287 penumpang dari KA Turangga dan 191 penumpang KA Lokal Bandung Raya.

Penumpang yang selamat telah dievakuasi ke stasiun terdekat untuk melanjutkan perjalanan ke tujuannya baik melalui angkutan kereta atau angkutan lain yang telah disediakan KAI.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.