Kabar gembira bagi para penggemar anime Boruto. Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, GTV telah memiliki sejumlah episode terbaru dari anime tersebut, yang akan segera ditayangkan mulai hari Senin, tanggal 8 Januari 2024. Anime Boruto sendiri tayang setiap hari pada pukul 16.30 WIB. Proses dubbingnya sendiri tengah berjalan sejak tanggal 27 Desember 2023.

Sebelum menonton animenya, mari intip proses dubbing anime ini, di mana Hardi sebagai seiyu dari Mitsuki, Amado, dan Sai, tengah mendubbing anime ini. Ia juga sedikit berbagi cerita mengenai beberapa trivia menarik di balik proses dubbingnya, seperti mengapa saat ini dalam dubbing Indonesia, nama-nama jurus tetap dibiarkan dengan bahasa aslinya. Mari intip video proses dubbing dari Hardi berikut ini:

Menurut Hardi, susunan seiyu di animenya tidak akan berubah dibanding sebelumnya, kecuali untuk Denki. Hal ini dikarenakan seiyu sebelumnya, yakni Ahmad Zulkifli Lubis telah wafat tahun 2022 lalu. Mendiang Ahmad Zulkifli Lubis sendiri pada suatu waktu sebenarnya sempat hengkang dari Boruto, sehingga peran Denki diambil oleh Hardi, sebelum akhirnya kembali lagi dan terus memerankan Denki hingga akhir hayatnya. Namun kali ini Hardi memastikan tidak akan menjadi Denki.

Untuk rencana tayangnya, menurut Hardi ada rencana bahwa GTV akan menayangkan episode terbaru Boruto ini mulai 7 Januari 2023. Tidak tanggung, tanggung sekali penayangannya, GTV akan menayangkan 4 episode sekaligus. Namun sampai saat ini masih belum ada informasi yang resmi dari pihak GTV sendiri.

Adapun jajaran seiyu Boruto adalah sebagai berikut:

Marin sebagai Boruto Uzumaki & Kurenai Sarutobi

Jane Leisilla Zahara sebagai Hinata Uzumaki, Sakura Uchiha, & Sumire Kakei

Hana Bahagiana sebagai Naruto Uzumaki & Metal Lee

Ladi Carmelita Novita sebagai Chocho Akimichi & Himawari Uzumaki

Lala Sitompul sebagai Sarada Uchiha

Mohammad Romli sebagai Sasuke Uchiha & Onoki

Bima Sakti sebagai Orochimaru, Kurama, & Inojin Yamanaka

Salman Borneo sebagai Shikamaru & Shikadai Nara

Jeffry Sani sebagai Iwabee Yuino

Harry Suseno sebagai Konohamaru, Kuu, & Killer B

Hardi sebagai Mitsuki, Sai, Rock Lee, & Gaara

Boruto sadalah anak dari Naruto Uzumaki sang ninja legendaris karya Masashi Kishimoto. Kisah petualangannya dituturkan dalam sebuah komik berjudul Boruto yang merupakan sekuel dari komik Naruto, dan digambar oleh Mikio Ikemoto, yang sebelumnya bertanggung jawab sebagai asisten Masashi Kishimoto di komik Naruto terdahulu dengan naskah ditulis oleh Ukyo Kodachi yang sebelumnya menulis novel tentang Gaara dan sempat terlibat dalam pembuatan Boruto the Movie lalu. Adapun Masashi Kishimoto sendiri bertindak sebagai supervisi atas proyek komik ini, sebelum akhrinya “turun gunung” dan menggarap langsung cerita Boruto. Komik inipun telah berjalan di Jepang sejak tahun 2016 lalu, dan telah diterbitkan di Indonesia penerbit Elex Media Komputindo. Animenya juga diputar di Indonesia melalui stasiun televisi GTV (dahulu bernama Global TV).

Naruto adalah komik karya Masashi Kishimoto, yang pertamakali diterbitkan di Jepang melalui Weekly Shonen Jump pada tahun 1999. Ditulis berdasarkan cerita pilot berjudul sama yang ditulis oleh Kishimoto pada tahun 1997 melalui majalah Akamaru Jump, komik ini bercerita mengenai petualangan Naruto Uzumaki seorang Ninja yang bercita-cita menjadi pemimpin di negaranya dan meraih sambutan yang luas dan kesuksesan bahkan di luar Jepang. Kesuksesan serialnya telah diangkat ke dalam serial Anime sejak tahun 2002. Komik ini sendiri sudah tamat tahun 2016 lalu.

Di Jepang sendiri anime Boruto saat ini sedang hiatus.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.