© Yoichi Takahashi / Shueisha • 2018 Captain Tsubatsa Production Committee

Yoichi Takahashi, komikus di balik seri Captain Tsubasa dikabarkan akan pensiun. Hal ini membuat komik Captain Tsubasa akhirnya akan berakhir pada awal bulan April mendatang. Berita ini diumumkan langsung melalui majalah Captain Tsubasa edisi ke-19 dari Shueisha, yang menyatakan bahwa edisi berikutnya akan menjadi yang terakhir dan akan mencakup bab terakhir dari seri ini, termasuk Captain Tsubasa: Rising Sun The Final dan Captain Tsubasa Memories 4: Saikyō! Meiwa FC Densetsu.

Yoichi Takahashi menjelaskan bahwa ia telah memikirkan selama beberapa tahun terakhir apakah ia akan melanjutkan atau mengakhiri menggambar komik tersebut. Ia berpikir bahwa mungkin akan memakan waktu lebih dari 40 tahun untuk menyelesaikan cerita tersebut. Oleh karena itu, daripada memaksakan tubuhnya sampai batas maksimal, ia menyimpulkan bahwa lebih baik untuk menyudahinya saja. Yoichi Takahashi kini telah berusia lebih dari 60 tahun dan ia menganggap dirinya masih cukup sehat. Namun, karena presbiopia, yaitu kehilangan bertahap atas kemampuan mata untuk fokus pada objek yang berdekatan, ia mengalami penurunan penglihatan dan pusing.

Keputusannya untuk pensiun ini sendiri cukup dipengaruhi oleh sejumlah faktor, dari mulai kondisi tubuhnya, dampak COVID-19 terhadap struktur staf, peralihan ke metode digital untuk menggambar komik, dan kematian pencipta komik bisbol Dokaben, Shinji Mizushima, pada Januari 2022. Meski begitu, Yoichi Takahashi saat ini juga tengah mempertimbangkan untuk membuat storyboard yang berisi kelanjutan cerita setelah bab terakhirkomiknya.

| Sumber

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.