Gramedia dan Kadokawa mengumumkan kerja sama pembentukan perusahaan patungan atau joint venture (JV) pada hari  Jumat (5/1). Dua perusahaan penerbitan besar, masing-masing asal Indonesia dan Jepang tersebut akan memberi nama perusahaan patungan PT Phoenix Gramedia Indonesia. Nantinya, perusahaan patungan akan dikembangkan menjadi bisnis di bidang animasi, komik, dan gim (ACG) dengan kualitas mumpuni, yang juga akan mengembangkan platform e-commerce dan buku digital.

CEO Gramedia Priyo Utomo mengungkapkan keyakinannya dalam menggandeng Kadokawa. Terlebih, Kadokawa merupakan perusahaan percetakan terbesar di negara matahari terbit yang berpengalaman puluhan tahun. Priyo juga meluruskan keraguan orang-orang hingga saat ini, apakah dunia penerbitan masih akan berjaya di era digital.

“Saya yakin, masih banyak orang yang ragu apakah dunia penerbit masih akan ada. Kolaborasi ini akan menjawab pertanyaan tersebut,” tutur Priyo di Jakarta.

CEO Kadokawa Takeshi Natsuno optimistis, kerja sama dengan Gramedia akan membuahkan hasil yang positif.

“Karena Gramedia merupakan perusahaan penerbitan yang besar dan sudah lama berdiri. Selain itu, permintaan Indonesia akan produk kami juga besar,” kata Natsuno.

Natsuno mengungkapkan, permintaan besar yang datang dari Indonesia berupa komik, animasi, hingga film. Film pun juga banyak yang berasal dari buku yang diterbitkan oleh Kadokawa.

Dengan kerja sama tersebut, akan makin membuka kemungkinan hasil karya penulis, animator, maupun pembuat film dari Indonesia akan juga dikenal di Jepang.

| Sumber

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.