Foto: Aldin F

HaluApp, di bawah naungan PT Wibu Sukses Bersama, pelopor marketplace di bidang Anime, Comic, dan Gaming (ACG), sadar pentingnya apresiasi terhadap cosplayer dengan menghadirkan HaluApp Awards 2023. HaluApp Awards 2023 adalah ajang penghargaan untuk mengapresiasi para cosplayer dan kreator ACG. Rangkaian HaluApp Awards 2023 telah berjalan sejak 1 Desember 2023, ditandai dengan dimulainya pemungutan suara oleh seluruh masyarakat pada laman website HaluApp. Klasemen 20 besar sementara akan diakumulasi pada 15 Januari 2024, dan berakhir pada 31 Januari 2024.

Ditutup dengan malam penghargaan pada 2 Februari 2024, HaluApp mengajak masyarakat mengubah persepsi dan melihat potensi cosplayer lewat HaluApp Awards 2023. Dengan total hadiah lebih dari Rp 100.000.000, HaluApp siap mendukung cosplayer menjadi semakin bersinar.

Di Indonesia, subkultur Jepang bertumbuh pesat ditandai banyaknya pagelaran acara mengusung tema tersebut dan mulai bermunculannya cosplayer baru. Semakin masifnya keberadaan para cosplayer memunculkan kesenjangan dari masyarakat umum dan wibu, sebutan fans subkultur Jepang. Cosplayer seringkali diremehkan, dipandang sebelah mata, dan cenderung dianggap tidak serius di balik serangkaian unjuk giginya berdandan, mulai dari segi kostum, wig dan aksesoris, hingga make-up karakter yang dikenakan ketika merepresentasikan sebuah karakter yang mereka mainkan.

Berdiri sejak tahun 2022, HaluApp memiliki visi misi menggandeng cosplayer dan konten kreator di bidang ACG sebagai salah satu pilar subkultur Jepang di Indonesia untuk mematahkan persepsi publik bahwa cosplayer tidak hanya sebatas kostum dan riasan. HaluApp dengan semangat membangun stereotip baru, memberikan tanda apresiasi kepada cosplayer dan membuktikan bahwa cosplayer pantas untuk mendapatkan panggung utama. Di tahun 2023, PT Wibu Sukses Bersama menghadirkan HaluApp Awards 2023 ajang penghargaan sebagai tanda apresiasi kepada kreator, cosplayer dan para suporter di bidang ACG, spesial dari HaluApp. Dimulai sejak 1 Desember 2023, ajang penghargaan HaluApp Awards 2023 akan memilih 20 besar sementara pada 15 Januari dan berakhir pada 31 Januari 2024.

Dengan total hadiah lebih dari Rp 100.000.000, malam penghargaan HaluApp diselenggarakan pada 2 Februari 2024 dengan perebutan tiga kategori. Kategoripertama, Wibu’s Choice Awards 2023, kategori mengajak masyarakat memberikan suara dukungan untuk cosplayer favorit. Kategori kedua, HaluApp Cosplayer MVP Awards 2023 merupakan kategori penilaian kreator berdasar keberhasilan mengumpulkan pendapatan terbanyak di platform HaluApp. Kategori ketiga, Shining HaluStar Awards 2023 menjadi kategori spesial untuk cosplayer yang mau berkembang bersama HaluApp kedepannya dan memaksimalkan potensi.

HaluApp Awards 2023 tidak dapat berjalan tanpa adanya dukungan masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia memiliki hak suara untuk mendukung cosplayer melalui pada laman website HaluApp. Semakin banyak dukungan yang diberikan masyarakat, semakin tinggi kesempatan cosplayer untuk mendapatkan penghargaan dan hadiah dari ajang ini. Untuk menunjukkan transparansi pemilihan suara masyarakat untuk cosplayer, sistem pemungutan suara dapat diakses secara langsung pada media sosial TikTok Halu.App.

Dalam kesempatan ini HaluApp mengundang dua cosplayer yang berhasil membuat pencapaian di ajang ini, Yourcatgirl dan Vincanyoo. Yourcatgirl berhasil menjadi cosplayer pertama di HaluApp yang mendapatkan pemasukan menyentuh angka 9 digit. Sementara itu, Vincanyoo merupakan salah satu cosplayer HaluApp yang melesat masuk ke Top 5 di tengah rangkaian campaign HaluApp Awards 2023 spesial libur tahun baru berlangsung.

| Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.