Salah satu platform streaming anime yaitu Bstation mengadakan sebuah event besar di awal tahun 2024 yang diberi nama Bstation Anime Carnival 2023. Bstation Anime Carnival merupakan event perayaan sekaligus mengajak pengguna baru dan lama Bstation untuk menikmati keseruan dalam satu event sekaligus juga memberikan penghargaan kepada para content creator yang ada di kanal Bstation sepanjang tahun 2023 lewat Kontes Kreator 2023. Acara yang digelar di Mal Artha Gading, Jakarta selama dua hari yaitu tanggal 13-14 Januari 2024 dengan ekspektasi bisa mencapai 3.500 pengunjung dalam satu harinya itu sukses dengan menghadirkan konten yang menarik para wibu di seluruh Indonesia termasuk Jabodetabek.

Ada beberapa konten sekaligus kegiatan yang diadakan di Bstation Anime Carnival 2023 seperti:

Stamp Rally Challenge & Booth Activities

Antusias pengunjung yang mengumpulkan stamp untuk undian grand prize. (Foto: Redaksi KAORI)

Pada saat memasuki gerbang Bstation Anime Carnival 2023 pengunjung akan mendapatkan selembar kartu Stamp Rally Challenge untuk melakukan misi yang ada di masing-masing booth yang berpartisipasi di sepanjang area Bstation Anime Carnival. Ada 4 kotak kosong yang harus dicap oleh Stamp dari masing-masing booth dan setelah terisi keempatnya, pengunjung bisa memberikan kepada petugas untuk berkesempatan mendapatkan hadiah menarik dari Bstation seperti tas, bantal mini dan grand prize Nintendo Switch untuk satu orang yang beruntung (satu pemenang per hari), ada juga kode redeem, mini pouch dan voucher diskon makan sebagai bentuk apresiasi telah mengumpulkan stamp selama event berlangsung.

Booth UniPin x Battle Of Guardians. (Foto: Redaksi KAORI)
Booth MLBB x MGL dengan pengunjung terbanyak selama dua hari. (Foto: Redaksi KAORI)
Booth Black Clover Mobile dari Garena sekaligus mengenalkan gamenya yang baru dirilis di Indonesia beberapa bulan yang lalu. (Foto: Redaksi KAORI)

Ada juga kegiatan menarik di beberapa booth yang terpampang di sekitar area Bstation Anime Carnival 2023 seperti Garena Black Clover Mobile, Lapakgaming, UniPin x Battle Of Guardians dan Mobile Legends: Bang Bang x MGL.

Ada Kompetisi Cosplay, Coswalk dan Anisong!

Para pemenang dan juri cosplay di Bstation Anime Carnival 2023. (Foto: Redaksi KAORI)

Bukan event wibu kalau tidak ada acara cosplay, di Bstation Anime Carnival juga menghadirkan kompetisi Coswalk Competition di hari pertama dan Cosplay Competition di hari kedua. Antusias para peserta cosplay yang mengikuti salah satu atau mengikuti semua perlombaan cosplay sangatlah besar sampai ada juga peserta cilik juga mengikuti kompetisi tersebut dengan didampingi oleh orang tuanya.

Ada peserta cilik yang gak kalah performnya dari yang lain. (Foto: Redaksi KAORI)
Performance Sengoku Basara yang dilakukan oleh peserta Cosplay Competition mampu membuat penontonnya merasakan nostalgia akan game PS2 yang sering ada di rental. (Foto: Redaksi KAORI)
Salah satu penampilan Cosplay Competition yang menampilkan Chainsaw Man. (Foto: Redaksi KAORI)

Juri untuk Coswalk Competition pada hari pertama dilakukan oleh cosplayer yang juga content creator di Bstation dan juga sudah ada namanya di dunia cosplay seperti Kibaru Sama, Clarissa Punipun dan Animeow. Sedangkan untuk juri Cosplay Competition pada hari kedua ditangani oleh Rikku Tachibana, Juhara dan Refeen.

Selain kompetisi cosplay, ada juga kompetisi Anisong pada hari pertama yang akan dinilai oleh para juri yang sudah berpengalaman di dunia anisong Indonesia seperti Aseng Pasaribu, Mari dan Kimmy yang merupakan ex Hira Dazzle.

Anime Watch Party & Talkshow Bersama Seiyu

Anime Watch Party yang menayangkan anime terbaru di Bstation. (Foto: Redaksi KAORI)

Di sepanjang event Bstation Anime Carnival 2023 juga menayangkan sebuah anime dengan tajuk Anime Watch Party dengan menayangkan anime yang sudah tayang di Bstation di musim 2024. Pada hari pertama ada anime Sokushi Cheat ga Saikyou sugite, Isekai no Yatsura ga Marude Aite ni Naranai n desu ga (My Instant Death Ability is So Overpowered, No One in This Other World Stands a Chance Against Me!) dan di hari kedua ada Sasaki to Pii-chan (Sasaki and Peeps). Anime yang ditayangkan juga sudah hadir di layanan streaming Bstation lewat Muse Indonesia.

Para seiyu yang memberikan pengalaman serta ilmu kepada pengunjung Bstation Anime Carnival 2023. (Foto: Redaksi KAORI)

Ada juga talkshow bersama para seiyu dari ATM Studio Indonesia yang diisikan oleh Annisa Anggraeni yang mengisi sebagai Gon di Hunter x Hunter, Haniya yang mengisi sebagai Frieren di Frieren Beyond Journey’s End dan Alif W. Prasetya yang pernah mengisi suara sebagai Sunraku di Shangri-La Frontier. Para seiyu yang diundang di Bstation Anime Carnival 2023 ini membagikan pengalaman dan beberapa ilmu kepada para pengunjung yang ingin terjun ke dunia dubbing.

Penampilan Anisong, Idol, Korekara Karaoke Hingga Vibetronic

Performance dari Vibetronic yang membuat pecah seluruh panggung dengan setlist yang unik. (Foto: Redaksi KAORI)

Bstation Anime Carnival 2023 juga menampilkan performance anisong (solo & band) hingga idol dari guest star ternama seperti La Belle, Shirai Metal, GM Lync, Akemi, Yugen, Hira Dazzle, Luky Cwan, Andthrix dan Here Us.

Di hari pertama menjelang malam, beberapa pengunjung diajak untuk bernyanyi bareng lewat Karaoke Night dari Korekara Karaoke yang membawakan lagu-lagu era-era wibu 2010an seperti Hime-Hime dari anime Yowamushi Pedal hingga Shukusei Loli Kami Requiem dari Shigure Ui sehingga membuat seisi panggung semakin meriah karena ada beberapa pengunjung membuat grup circle untuk melakukan sebuah chant.

Setelah pengumuman pemenang Stamp Rally Challenge di hari kedua sekaligus menutup acara Bstation Anime Carnival 2023, acara berakhir meriah dengan penampilan DJ Night dari Vibetronic yang dibawakan oleh NamYa, DJ Komodo dan MC Atra sehingga acara closing berakhir dengan dance dan jumping di sekitar area Bstation Anime Carnival 2023.

Thank you buat Bstation untuk event terbesar di awal tahun lewat Bstation Anime Carnival. See you at next event.

| Liputan dan Foto oleh Aldin Firgiawan

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.