Halo #Kaoreaders! Kali ini KAORI sedang ada di Pulau Sumatra, tepatnya di sebuah event cosplay di Lampung bernama “Coswalk Competition Bersama Matahari” yang diadakan oleh M231 dengan Matahari di Mall Central Plaza Lampung. Kalau berbiara soal Lampung, tentu #Kaoreaders tahu siapa cosplayer yang sedang naik daun karena ia ber-cosplay jadi sosok “Kunti Tercantik” yang bergentayangan di media sosial.

Ya, dia adalah Kathline Balerina atau biasa kita kenal sebagai kak Kath si “Kunti Idaman”. Berasal dari ujung selatan Pulau Sumatra, Kak Kath ternyata bukan seorang cosplayer baru yang tiba tiba namanya naik lho. Dia sudah memulai karir cosplaynya sejak lama, bahkan hampir sama dengan umur KAORI (bahkan boleh disebut “sepuh” hehe). Dan sama dengan para “sepuh” lainnya di bidang cosplay, awal karir pada tahun tahun itu juga sulit banget karena dinilai aneh oleh masyarakat, termasuk di Lampung.

Kath_cos sebagai Hatsune Miku (sumber: instagram.com/kath_cos)

Dan berbicara soal event jejepangan di Lampung, tahun-tahun sebelum Covid event di sini sulit sekali lho, bahkan pernah terjadi 1 tahun sama sekali tidak ada event. Walaupun begitu, Kak Kath dan beberapa cosplayer lainnya tetap menjalankan hobi mereka dengan membuat proyek cosplay dari satu anime bareng-bareng, photses, atau pun sekedang kumpul sesama komunitas atau teman teman untuk ber-wig play dan foto-foto untuk tetap menjalankan hobi.

Baca Juga: Panduan Anime Winter 2024: Delicious in Dungeon

KAORI pun berkesempatan untuk meliput event Coswalk Competition Mal Central Plaza Lampung. Di sini kami juga mewawancarai kak Kath yang cosplay jadi Hatsune Miku dan menjadi juri di acaranya. Inilah wawancara KAORI bersama kak Kath!

Kak Kath Waktu Pertama Kali Cosplay Jadi Karakter Apa? 

Cosplay aku pertama kali jadi Hatsune Miku, itu di tahun 2013. Era pas awal-awal cosplay enggak se-wah sekarang di mata masyarakat umum. Dan pada awal turun itu juga bukan event cosplay. Ada suatu pensi di salah satu sekolah di Bandar Lampung dan aku coba cosplay Hatsune Miku di situ. Yah cuma iseng Cosplay pakai karakter favorite aku, eh ternyata seru. Terus aku kepikiran mau Cosplay lagi dan enggak lama beneran di salah satu kampus deket rumahku ada Bunkasai. Di situlah aku pertama kali cosplay jadi peserta di eventnya dan banyak ketemu temen baru. Dari situ juga aku punya circle yang support aku buat cosplay, dari project-an bareng, tips saran buat cosplay, terus keterusan sampai sekarang.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kath (@kath_cos)

Dari sejak mulai cosplay itu, aku banyak dapet hal hal positif. Walau aku juga hobi jajan tapi aku lebih banyak menabung, cuma tetep habis juga buat beli kostum baru hahaha. Terus juga aku jadi banyak kenalan, dan syukurnya kenalan aku enggak cuman dari Lampung. Sekarang karena hobi cosplay ini, aku sering diundang ke kota lain. Kadang buat nge-ramein acara, jadi juri, wah pokoknya aku sangat tidak menyesal spend waktu aku buat dalemin cosplay. Mulai dari make up, peran karakter, sampe cari cari detail kostum yg mau aku cosplay.

Apa Cosplay yang Paling Berkesan?

Cosplay Kath Cos jadi Trickster – Death by Daylight. (Sumber: instagram.com/kath_cos)

Cosplay pertama aku Hatsune Miku, karena itu hal pertama yang ngenalin aku di dunia cosplay, bahkan sekarang pun aku masih suka banget pake kostum Miku. Tapi kalo untuk cosplay yang berkesan, apa ya…. Oh, Trickster dari Dead by Daylight. Itu karena, aku salut banget sama diri aku karena Trickster itu karakter favorit aku. Aku suka setiap detailnya, jadi di situlah aku berusaha semaksimal mungkin jadi Trickster. Dan beneran dong, pas aku cosplay itu di suatu event di daerah ku, enggak ada yang ngenalin, dan bahkan beberapa pengunjung cewek takut mau deket atau bersentuhan tangan, karena mereka pikir aku cowok kan hahaha. Padahal kalo cosplay aku yang biasanya, cewek biasa pun minta pat pat dan kadang peluk gitu. Wah aku bangga banget sama diriku waktu itu.

Event Apa yang Paling Berkesan? 

Sejauh ini hampir semuanya tuh berkesan. Ketemu temen sehobi, foto bareng, cerita tetang hobi masing-masing. Tapi dari semuanya, karena aku suka jalan-jalan, jadi aku juga seneng kalau dateng ke event di luar kota, kan sekalian jalan-jalan sama ketemu temen-temen ku yang di sana, hehe.

Kira-Kira Apa Saja Tips Tips Buat Cosplayer Baru?

Biar bisa kayak aku, sebenernya aku enggak tahu juga kenapa tahu-tahu bisa kayak sekarang. Bisa dibilang rezeki aja sih ya. Cuma, aku memang dari awal tuh suka banget-banget-banget sama cosplay. Jadi aku selalu coba improve skill aku, karena tahu sendiri kan aku dulu gimana. Sempet viral tuh dulu ada yang up aku pertama cosplay Hatsune Miku. Banyak hal yang aku lakuin demi hobiku ini sampe sekarang, dari waktu, materi, sampai kesehatan hahaha, karena ya enggak sesekali aku sakit kalau habis event. Kan buat temen sendiri nge-rasain kan bagimana hectic-nya mau lomba, begadang buat gerakan, menyesuaikan kostum juga, cari aksesoris, perintilan biar cosplay-nya semaksimal mungkin. Intinya ya itu, kalau memang hobi dan niat, pasti ada saja rezekinya, jangan malas buat improve hehe.

Terus juga kalau menurutku ya, kalau misalkan teman-teman mau namanya dikenal, selain sering menang lomba, harus banget ngikutin trend dan juga ngonten. Sekarang tuh kalau konten kita terus naik, ya kita juga dikenal orang, tapi kontennya hal yang positif ya teman teman. Semangat semuanya!

| Wawancara oleh Deka Arianto

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.