Untuk mengatasi bertambahnya kebutuhan akan tingkat penyesuaian yang lebih tinggi dalam aplikasi tertanam, Microchip Technology (Nasdaq: MCHP) menawarkan solusi hardware khusus dengan meluncurkan rangkaian PIC16F13145 dari mikrokontroler (MCU). Dilengkapi dengan Core Independent Peripheral (CIP) baru — modul Configurable Logic Block (CLB) — MCU ini memungkinkan pembuatan fungsi logika kombinasional khusus berbasis hardware langsung di dalam MCU. Dengan pengintegrasiannya dalam MCU, CLB memungkinkan perancang untuk mengoptimalkan kecepatan dan waktu tanggapan sistem kontrol tertanam, yang menghilangkan kebutuhan komponen logika eksternal dan mengurangi biaya dan konsumsi daya Bill of Materials (BOM). Proses ini semakin disederhanakan dengan alat interface grafis yang membantu menyatukan desain logika khusus menggunakan CLB. Rangkaian PIC16F13145 dirancang untuk aplikasi yang memanfaatkan protokol khusus, pengurutan tugas, atau kontrol I/O untuk mengelola sistem kontrol real-time pada sektor industri dan otomotif.

Foto Microchip Technology – CLB Block Diagram

“Modul Configurable Logic Cell (CLC) telah terintegrasi ke MCU Microchip selama lebih dari satu dekade, dan modul CLB baru adalah langkah berikutnya dalam evolusi penawaran logika khusus kami agar rangkaian MCU ini dapat digunakan dalam aplikasi yang umumnya merupakan domain perangkat logika yang dapat diprogram dan berdiri sendiri,” ujar Greg Robinson, wakil presiden unit bisnis mikrokontroler 8-bit Microchip. “Saat ini, tidak banyak solusi chip tunggal di pasar yang dapat mengatasi tantangan desain para insinyur tertanam seperti rangkaian MCU PIC16F131. MCU baru ini dapat menangani fungsi logika khusus, meminimalkan konsumsi daya, menyederhanakan desain, dan dapat mengakomodasi perubahan persyaratan desain.”

Berhubung pengoperasian CLB tidak bergantung pada kecepatan jam CPU, operasi ini dapat meningkatkan latensi sistem dan memberikan solusi berdaya rendah. CLB dapat digunakan untuk membuat keputusan logis saat CPU dalam mode tidur sehingga akan mengurangi konsumsi daya dan ketergantungan software. MCU PIC16F13145 juga mencakup Konverter Analog-ke-Digital (Analog-to-Digital Converter – ADC) 10-bit yang cepat dengan komputasi internal, konverter Digital-ke-Analog (Digital-to-Analog Converter – DAC) 8-bit, pembanding (comparator) cepat, pengatur waktu 8 dan 16-bit, dan modul komunikasi serial (I2C dan SPI) yang memungkinkan berbagai tugas tingkat sistem dilakukan tanpa CPU. Rangkaian ini tersedia dalam berbagai paket mulai dari 8 pin sampai 20 pin.

Foto Microchip Technology – CLB Tool

Alat Pengembangan

Rangkaian MCU PIC16F13145 didukung oleh MPLAB® Code Configurator (MCC), sebuah plug-in software bebas biaya dalam MPLAB X IDE yang menyediakan interface berbasis GUI yang mudah untuk mengonfigurasi perangkat dan periferal terpasang termasuk CLB. Interface ini mengurangi waktu pengembangan karena logika khusus yang diinginkan dapat dirancang secara skematis dengan opsi bagi pengguna tingkat lanjut untuk menggunakan Hardware Description Language (HDL). Synthesizer baru tersedia dalam dua pilihan: terintegrasi ke MCC dan online di logic.microchip.com. PIC16F131 Curiosity Nano Evaluation Kit menawarkan dukungan lengkap untuk didesain dengan rangkaian PIC16F131 dan fitur ini mengkoordinasikan pengalaman pengembangan tertanam tanpa batas dan mengurangi waktu pemasaran.

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.