ASUS meluncurkan kartu grafis GeForce RTX4080  SUPER Noctua OC Edition. Kartu grafis ini didesain untuk para gamer dan kreator yang sedang mencari kinerja canggih sekaligus beroperasi pada tingkat kebisingan yang senyap. Dibuat menggunakan desain kelas atas dari model ASUS GeForce RTX 3070, RTX 3080, dan RTX 4080 Noctua Edition, kartu grafis premium ini menghadirkan operasi yang hampir senyap karena menggunakan kipas Noctua, yaitu sebuah vapor chamber yang dirancang khusus oleh ASUS disertai heatsink besar.

Dingin dan senyap

ASUS GeForce RTX 4080 SUPER Noctua Edition memadukan sepasang kipas NF-A12x25 Noctua yang canggih untuk mengalirkan udara menuju heatsink yang sangat besar. Kipas ini dikembangkan atas kerjasama antara tim R&D termal ASUS dengan engineer Noctua. Desain tersebut melibatkan penyesuaian kerapatan fin dan penataan heat pipe heatsink agar kedua komponen tersebut optimal untuk mendukung karakteristik aliran udara dari kipas NF- A12x25. ASUS meningkatkan volume total kartu untuk menempati kapasitas 4,3 slot agar mendapatkan tingkat kebisingan yang rendah, acoustic signature yang halus, dan kinerja pendinginan yang tinggi dengan tetap menyediakan ruang bagi sepasang kipas 120 mm. Kartu ini juga dibekali dengan switch Dual BIOS yang dilengkapi dengan mode Quiet yang telah aktif secara default untuk meminimalkan akustik langsung seketika digunakan.

NF-A12x25 adalah pilihan yang tepat untuk versi ini karena memiliki beragam inovasi dalam bingkai sebesar 120 mm. Selain itu, impeller pada kipas ini terbuat dari Sterrox® liquid-crystal polymer dari Noctua serta memiliki koefisien ekspansi termal yang sangat rendah, sehingga bilah kipas hanya berjarak 0,5 mm dari rangka luar. Toleransi yang sangat rapat ini membuat kipas NF-A12x25 bekerja lebih efisien terhadap tekanan balik dengan cara mengurangi kebocoran aliran udara, sehingga sangat sesuai untuk susunan fin GPU yang padat. Sementara itu, motor hub dan axis yang diperkuat dengan logam dihadirkan untuk menopang celah yang sangat presisi antara impeller dan frame.

Secara keseluruhan, solusi pendinginan ASUS GeForce RTX 4080 SUPER Noctua Edition sangat efisien dan sangat senyap sehingga hanya menghasilkan 27dB pada load maksimum. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil maksimal dari NVIDIA GeForce RTX 4080 SUPER, para gamer dapat mengandalkan keahlian teknik ASUS dan Noctua selama puluhan tahun.

Gaya memukau

ASUS mengetahu bahwa kalangan enthusiast Noctua sangat peduli dengan desain rakitan seperti halnya kinerja yang tinggi dan tingkat kebisingan yang rendah. Oleh karena itu, ASUS GeForce RTX 4080 SUPER Noctua Edition dibekali dengan shroud berwarna coklat khusus di kedua kipas NF-A12x25 untuk melengkapi skema warna yang khas, sekaligus menghadirkan sistem pemasangan yang aman — tanpa memerlukan alat apapun. Logo ASUS dan Noctua di bagian depan dan samping shroud serta grafis yang apik di bagian backplate alloy yang panjang membuat kartu grafis ini dapat dikombinasikan dengan komponen Noctua lainnya dalam suatu sistem.

Dapatkan hasil maksimal dari kartu grafis SUPER dengan GPU Tweak III

Pengguna yang ingin mendapatkan performa terbaik dari kartu grafis terbaru diharuskan memeriksa versi terbaru dari software ASUS GPU Tweak III. Fitur terbaru dari aplikasi ini membuat proses penyesuaian GeForce RTX 40 SUPER series menjadi lebih mudah. Beragam mode preset yang dihadirkan oleh ASUS memudahkan pengguna dalam meningkatkan daya kartu atau mengurangi kebisingan hanya dengan sekali klik. Lebih dari itu, pengguna bahkan dapat mengatur profil berdasarkan game-per-game.

Salah satu fitur baru yang paling menarik, yaitu Mobile Monitor. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk terhubung ke GPU Tweak melalui ponsel atau perangkat jarak jauh lainnya, sehingga mereka dapat memantau kartu grafis tanpa harus menampilkan overlay pada gameplay. Pengguna hanya perlu menyiapkan ponsel atau tablet di samping PC, kemudian hubungkan perangkat tersebut ke antarmuka GPU Tweak Mobile Monitor, lalu awasi statistik sistem secara real time.

Selain itu, fitur Voltage-Frequency (VF) Tuner dibuat lebih user-friendly dari sebelumnya untuk menyuguhkan kontrol yang presisi terhadap kurva kecepatan clock GPU. ASUS juga telah meningkatkan on-screen display dengan menambahkan fungsi impor dan ekspor serta mengintegrasikan antarmuka GPU-Z sehingga pengguna dapat memperoleh informasi kartu grafis secara detail tanpa harus menginstal aplikasi GPU-Z secara terpisah. GPU Tweak III terbaru akan segera dirilis dan pengguna dapat mengunduh aplikasinya di sini.

Aktifkan dan mainkan

Agar GeForce RTX 4080 Noctua SUPER Edition tetap berjalan dengan baik, pengguna dapat memasangkan kartu grafis baru ini dengan power supply ASUS premium. ROG Thor 1000W Platinum II merupakan power supply yang sempurna untuk menjalankan rakitan yang sangat sangat kuat dan senyap karena memiliki komponen berkualitas tinggi dan operasi yang efisien. Power supply ini memiliki layar OLED di bagian samping untuk memantau tarikan daya secara real-time serta dukungan Aura Sync untuk menambah keindahan RGB. Untuk opsi power supply lain sekaligus kalkulator yang membantu pengguna menemukan watt yang tepat untuk sistemnya, kunjungi portal Power Supply ASUS.

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.