Tangkapan layar video Selen Tatsuki dari cover "last cup of coffee" yang diduga menjadi sebab utama pemecatannya.

Pada Senin (2/5), Anycolor Inc. (selanjutnya disebut ANYCOLOR) melalui kanal media sosialnya mengumumkan berita bahwa mereka telah memecat salah satu liver mereka dari NIJISANJI EN, Selen Tatsuki.

Selen Tatsuki (セレン 龍月) adalah seorang virtual youtuber (VTuber) yang terafiliasi dengan NIJISANJI EN. Ia masuk pada gelombang kedua dan menjadi anggota grup “OBSYDIA” bersama-sama dengan Rosemi Lovelock and Petra Gurin.

Dalam kenyataan media yang dirilis melalui akun media sosial X (sebelumnya Twitter), disebutkan bahwa Selen Tatsuki telah berkali-kali melakukan pelanggaran, di antaranya ketidakpatuhan terhadap hak kekayaan intelektual milih pihak ketiga, yang berpotensi menyebabkan terjadinya pelanggaran hak cipta.

【Notice: Termination of Selen Tatsuki’s Contract with ANYCOLOR】
We hereby announce that we have had to make the difficult decision to terminate our contract with the NIJISANJI EN Liver ‘Selen Tatsuki’ effective immediately, due to repeated breaches of contract and misleading… pic.twitter.com/arIds68TZu

— NIJISANJI EN Official (@NIJISANJI_World) February 5, 2024

Tidak hanya itu, Selen dituding juga menggunakan karya dan aset yang dimiliki atau terafiliasi dengan ANYCOLOR, tidak mengindahkan kehendak pihak-pihak tersebut, dan bahkan tidak berkomunikasi dengan baik dengan para kreator, sehingga menyebabkan keterlambatan pembayaran proyek yang ditugaskan kepada para kreator tersebut.

Selain itu, ANYCOLOR mengklaim bahwa ada laporan-laporan mengenai perilaku tidak patut yang dilakukan Selen Tatsuki selama bekerja sebagai liver (sebutan untuk talenta NIJISANJI – Red) dalam NIJISANJI EN.

Lebih lanjut, Selen disebutkan telah diberikan teguran berkali-kali saat melanggar. Tetapi, ia disebut mengabaikan peringatan dari manajemen dan diduga menyebarkan misinformasi melalui kanal media sosialnya, menghembuskan isu bahwa pelanggaran tersebut disebabkan karena kesalahan manajemen ANYCOLOR.

Dalam dokumen tersebut, aktivitas yang menjadi titik puncak pemecatan Selen terjadi ketika Selen memuat naik video musik ke kanal Youtube-nya tanpa izin dari manajemen. Ia disebut baru memberitahu manajemen bahwa ia akan memuat naik video tersebut pada 24 Desember, dan pada 25 Desember manajemen meminta agar ia menunggu terlebih dahulu sembari dilakukan pengurusan perizinan. Tetapi ia disebut tidak mengindahkan arahan tersebut, dan bahkan meminta para penonton untuk mengunggah ulang (“membajak”) video tersebut.

Video yang dipermasalahkan adalah cover lagu “last cup of coffee”, yang dinyanyikan oleh youtuber LilyPichu.

Dengan ini, aktivitas Selen Tatsuki dinyatakan terhenti per tanggal 5 Februari 2024. Seluruh akun media sosialnya akan dijadikan privat dan keanggotaan Youtube-nya akan dihentikan. Sementara grup OBYSIDIA tetap akan berlanjut dengan dua anggota yang tersisa.

Sebelumnya, Pomu Rainpuff memutuskan untuk “lulus” dari NIJISANJI EN.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.