Tim Nasional E-Sports Indonesia berhasil mencatat nama mereka dalam sejarah e-Sports Asia, setelah mereka berhasil menumbangkan Timnas E-Sports Jepang di laga final AFC eAsian Cup 2023 yang dihelat di Virtuocity Arena, Doha, Qatar kemarin pada tanggal 5 Februari 2024 waktu setempat.

Hal itu dipastikan oleh Rizky Faidan, Akbar Paudie, dan Elga Cahaya Putra setelah memenangkan straight game dalam format pertandingan ‘best of 3‘ dengan skor 2-0 di game bola besutan Konami, eFootball 2024.

Akbar Paudie (kiri), Rizky Faidan (tengah), dan Elga Cahaya Putra (kanan) (©Asian Football Confederation)

Game pertama berjalan cukup alot hingga masuk babak extra time dengan skor 1-1, hingga harus ditentukan dengan adu penalti.  Adu penalti pun juga berlangsung cukup sengit hingga akhirnya Timnas eFootball Indonesia memastikan poin di game pertama setelah tendangan penalti terakhir dari Jepang berhasil ditepis oleh Indonesia sehingga hasil berakhir dengan skor 3-2 untuk Indonesia.

©Asian Football Confederation

Game kedua juga berjalan sengit, sama seperti game pertama, saling jual beli serangan dan adu kuat tembok pertahanan pun menjadi momen yang menarik serta krusial dalam gelaran Final eAsian Cup kali ini. Akhirnya, timnas E-Sports Indonesia berhasil memecah kebuntuan serta mengunci gelar perdana AFC eAsian Cup 2023 di menit ke-100, setelah umpan dari tendangan bebas berhasil merobek jala gawang milik Jepang dengan skor akhir 1-0.

Momen kunci penentu kemenangan Timnas eFootball Indonesia (©Asian Football Confederation)

Momen ini tentu dinantikan oleh para netizen Indonesia, termasuk para #Kaoreaders yang akhirnya melihat sejarah tercipta oleh Timnas E-Sports Indonesia dalam ajang perdana yang diselenggarakan oleh Asian Football Confederation (AFC). Turnamen e-sports ini diadakan bebarengan dengan gelaran AFC Asian Cup yang saat ini sudah masuk ke babal semi final serta. Kemenangan mereka juga berhasil mengobati rasa sedih netizen serta #Kaoreaders setelah langkah Timnas Garuda harus terhenti di fase 16 besar oleh Australia dengan skor telak 4-0. Apresiasi setinggi-tingginya untuk Timnas E-Sports Indonesia!

Penobatan Timnas E-Sports Indonesia menjadi kampiun perdana AFC eAsian Cup 2023 (©Asian Football Confederation)

📸 𝐈𝐂𝐎𝐍𝐈𝐂.

That moment when 🇮🇩 Indonesia knew they were Asian champions!#eAsianCup | #AsianCup2023 | #HayyaAsia pic.twitter.com/xPYJZvhmla

— #AsianCup2023 (@afcasiancup) February 5, 2024

 

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.