Montase manga Henshin / Emergence / Metamorphosis yang juga dikenal dengan "kode nuklir" 177013.

Satu lagi kabar duka bagi pecinta komik pemersatu bangsa di internet kali ini. Komik Metamorphosis (変身, Henshin) karya mangaka Shindo L (ShindoL) yang juga akrab dikenal dengan angka cantik (atau “kode nuklir”) 177013 terpantau telah menghilang dari situs pemersatu dunia.

Dilansir dari Reddit, sebanyak 12 ribu halaman dari situs pemersatu dunia telah dihapus. Penghapusan ini diduga karena permintaan takedown DMCA (Digital Millenium Copyright Act) dari pemilik hak cipta manga-manga tersebut.

Selain 177013, manga lain yang menjadi korban di antaranya karangan Kyockcho, Butcha-U, Meme50, Kisaragi Gunma, Mizuryu Kei, Michiking, Shindol, Bosshi, Ishikei, dan artis-artis kawakan lainnya. Motivasi takedown manga-manga tersebut masih dipertanyakan, mengingat kecil kemungkinan manga tersebut akan dilisensi dan diterjemahkan secara resmi dalam bahasa Inggris. Artikel tersebut menduga bahwa dua perusahaan penerbit Fakku dan Irodori Comics berada di balik aksi ini.

Komik 177013 kali pertama dirilis dalam bentuk serialisasi di majalah komik Comic X-Eros pada 26 Juli 2013 sampai 31 Mei 2016. Versi bajakan berbahasa Inggris ini kali pertama dimuat naik di situs pemersatu dunia ini pada 18 Oktober 2016, sebelum akhirnya dirilis dalam versi resmi oleh penerbit Fakku pada 27 Oktober 2016. Versi hard copy berbahasa Inggris telah dirilis pada Desember 2022.

Kutipan layar Reddit tentang penghapusan manga 177013.
Manga 177013 sebagaimana terlihat dalam situs pemersatu dunia sebelumnya.
Manga 177013 di situs pemersatu dunia setelah terkena takedown.

Metamorphosis, dikenal juga dengan nama Emergence, menceritakan perjalanan remaja perempuan bernama Saki yang mengalami kecanduan narkoba, pelecehan seksual, dan perdagangan manusia. Manga ini menggambarkan secara realistis dan gelap konsekuensi dari keputusan-keputusan buruk yang diambil oleh sang karakter utama, memberikan gambaran yang mengerikan tentang kehancuran dan keputusasaan yang bisa dialami oleh individu yang terjerumus dalam lingkaran kejahatan tersebut.

Baca Juga: Penerbit m&c! Beberkan Bocoran Mengenai Komik-Komik yang Akan Dirilis Pada Bulan Februari 2024

Manga ini dianggap memiliki plot “seperti Kafka”, namun juga dikritik karena tidak memberikan substansi cerita yang jelas, selain menggambarkan seorang remaja perempuan yang “salah pergaulan”.

Saking terkenalnya, komik ini telah cukup lumrah dijadikan sebagai referensi atau candaan dalam pergaulan saat ini.

Baca juga berita dan artikel BeritaOtaku yang lain di Google News, Terima kasih.